5 Kuliner Lezat yang Wajib Dicoba saat Kunjungi Semarang

Penasaran apa aja? Yuk intip di bawah ini.

oleh Nuraida diperbarui 04 Feb 2022, 09:04 WIB
Diterbitkan 04 Feb 2022, 05:56 WIB
Lumpia Semarang
ilustrasi/copyright pixabay/ganesh2013

Liputan6.com, Semarang - Selain mengunjungi lokasi-lokasinya sembari mengumpulkan koleksi foto ciamik, salah satu agenda wajib saat berlibur adalah menjajal kuliner tempat yang dikunjungi. Karena setiap daerah memiliki kuliner khasnya masing-masing.

Salah satunya Kota Semarang, Jawa Tengah. Saat kamu mengunjungi wilayah ini ada beberapa kuliner wajib yang tak boleh ketinggalan.

Di Semarang, terdapat beberapa kuliner legendaris yang sangat sayang dilewatkan. Rasanya yang khas, dijamin bikin kamu kangen balik lagi ke sini.

Berikut beberapa kuliner legendaris yang wajib dicoba saat kamu mengunjungi Semarang:

1. Es Puter Cong Lik

Semarang terkenal dengan cuacanya yang panas. Es dingin bisa menjadi pilihan pertama saat siang hari.

Tenang, ada yang namanya Es Puter Cong Lik. Konon, awal mula nama es puter Cong Lik merupakan singkatan dari Kacung Cilik atau pembantu kecil.

Biasanya es puter ini juga disebut dengan es dung dung, yang juga dibuat dengan bahan santan sebagai pengganti susu.

2. Lumpia Semarang

Saat mengunjungi Semarang, salah satu kuliner wajibnya adalah lumpia. Kudapan ini memang menjadi salah satu favorit dan sangat mudah ditemukan di berbagai lokasi di Semarang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ada Makanan Berat Juga Lho

Kuliner Semarang
Es Puter Cong Lik di Semarang. (foto: Instagram @mahasiswakulineran)

3. Pisang Plenet

Selanjutnya, rekomendasi makanan lezat sekaligus unik yang bisa kamu cicipi di Semarang namanya Pisang Plenet! Dalam Bahasa Jawa, plenet memiliki arti pipih. Sebab, pisang yang dijual memang sengaja dibuat menjadi berbentuk pilih.

Pisang yang sudah dibakar kemudian ditekan menggunakan talenan hingga rata. Pisang diberi olesan margarin dan ditaburi topping seperti meses atau selai buah aneka rasa. Namun jika ingin rasa yang otentik, kamu bisa memilih topping berupa gula atau kacang tanah.

4. Tahu Gimbal

Lezatnya perpaduan antara kacang dengan ketupat dipadukan dengan gimbal yang berarti udang dalam bahasa Semarang. Bagi kamu yang suka pedas juga bisa minta cabai yang banyak lho!

 


Yang Satu Ini Rasanya Bikin Penasaran

Santap Sore denganTahu Gimbal Khas Semarang
Tahu Gimbal

5. Leker Paimo

Nggak cuma makanan berat, ada juga camilan yang wajib kamu cicipi ketika berkunjung ke Semarang yaitu Leker Paimo. Makanan yang satu ini mungkin terdengar seperti leker biasa yang kering dan manis. Namun jangan salah, pilihan leker di sini cukup beragam. Salah satunya leker basah dengan pilihan sosis atau tuna.

Jadi, kapan siap berkunjung ke Semarang untuk mencoba beragam kulinernya? Jangan lupa protokol kesehatannya ya!

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya