Ternyata, Ini Alasan Sebenarnya Pengantin Melempar Bunga

Ditemukan, alasan sebenarnya pengantin melempar bunga kepada para tamu.

oleh Ivana Sitanggang diperbarui 03 Mei 2016, 20:30 WIB
Diterbitkan 03 Mei 2016, 20:30 WIB
Buket Bunga
Ternyata, ini alasan pengantin melempar bunga.

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini, banyak terkuak beberapa alasan tentang budaya pernikahan, seperti mengapa bridesmaid dress berwarna sama, dan apa arti kerudung pengantin. Begitu juga tentang alasan ritual melempar buket bunga, seperti dilansir dari Goodhousekeeping.com, Selasa (3/5/2016).

Seperti yang Anda tahu, tamu acara yang masih sendiri atau belum menikah, akan berebut untuk mendapatkan wedding bouquet pengantin yang dilempar. Dengan mendapatkan buket bunga tersebut, dipercaya akan mengikuti jejak pengantin untuk naik ke pelaminan. Tapi ternyata di dalam sejarah, pelemparan buket tersebut merupakan sebuah pengalihan perhatian.

Dahulu, kebudayaan dari Inggris memiliki kepercayaan, ketika tamu undangan hadir, mereka berharap dapat memegang bagian dari pengantin yang memberikan keberuntungan. Artinya, tamu dapat menarik gaun pengantin, atau mengambil buket bunga, untuk mendapatkan keberuntungan.

Maka dari itu, kebiasaan melempar buket bunga dibuat, untuk mengalihkan perhatian orang-orang yang ingin memegang dan menarik gaun pengantin. Bayangkan jika tradisi tersebut tidak dibuat, gaun seharga jutaan akan sangat disayangkan jika harus ditarik-tarik oleh banyak orang.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya