Tips Menjadi Travel Foto Blogger ala Barry Kusuma

Barry Kusuma termasuk salah satu pionir travel foto blogger. Berikut tips dari Barry Kusuma untuk menjadi travel foto blogger.

oleh Dzulfikar Alala diperbarui 09 Sep 2016, 14:30 WIB
Diterbitkan 09 Sep 2016, 14:30 WIB
Barry Kusuma
Barry Kusuma

Liputan6.com, Jakarta Tidak banyak yang menekuni profesi Travel Foto Blogger. Padahal profesi karir yang satu ini masih cukup terbuka luas peluangnya di Indonesia. Salah satu Travel Foto Blogger sukses yang bisa jalan-jalan gratis sekaligus mendapatkan pendapatan menggiurkan adalah Barry Kusuma.

Barry Kusuma mengungkapkan ada sedikit perbedaan antara Travel Blogger dan Travel Foto Blogger dari komposisi konten di blog. Travel Blogger 70 persen kontennya didominasi dengan tulisan. Sedangkan Travel Foto Blogger memiliki porsi 50 persen tulisan dan 50 persen foto-foto traveling seperti dikutip dari Metro, Kamis (8/9/2016).

Barry menuturkan Travel Foto Blogger memang kebanyakan berlatar belakang fotografer. Namun tidak menutup kemungkinan juga ada dari latar belakang profesi yang berbeda selain fotografer.

foto: Barry Kusuma

Konten Travel foto Blogger biasanya banyak memberikan tips-tips dalam memotret saat traveling. Selain membagikan konten foto traveling juga ada cerita perjalanan ke destinasi wisata tertentu. Inilah yang belum banyak dilirik oleh orang. Buktinya banyak foto indah dan bagus di media sosial tapi minim cerita.

foto: Barry Kusuma

Barry Kusuma memulai menjadi Travel Foto Blogger awalnya memanfaatkan momen liburan panjang dan libur Lebaran. Destinasinya dimulai dari yang paling dekat. Setelah 15 tahun traveling akhirnya Barry bisa mengunjungi 34 provinsi, namun tidak semua destinasi bisa dikunjungi.

foto: Barry Kusuma

Dengan memulai jalan-jalan dari ongkos sendiri, akhirnya kini Barry Kusuma bisa traveling 90 persen karena undangan dari beberapa brand hingga dibayar untuk membuat sebuah travel story. Bahkan endorse yang berkaitan dengan dunia travel kini sudah menghampiri Barry Kusuma.

Salah satu alat yang digunakan Barry Kusuma selain kamera DSLR juga kini menggunakan kamera mirrorless dan drone. Dengan menggunakan drone terkadang Barry Kusuma harus kembali mengulang traveling-nya karena membutuhkan sudut pandang foto dan video yang berbeda di tempat yang sama.

Barry memberikan tips untuk menjadi Travel Foto Blogger bisa dimulai dengan membuat blog dan sosial media terlebih dahulu. Selebihnya konsisten menulis dan membagikan karya-karyanya melalui sosial media secara konsisten. Untuk bisa menghasilkan uang dari Travel Foto Blogger, Barry mengungkapkan butuh waktu 8 tahun. Kuncinya ada pada konsistensi seperti yang telah dilakukan oleh Barry Kusuma.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya