Butuh Dana untuk Pensi? Tenang, Cara Ini Buka Peluang Dapat Sponsor Lebih Besar

Mengadakan pensi butuh dana besar. Berapa dana yang dibutuhkan dan untuk apa saja? Cari tahu, yuk!

oleh Cahyu pada 26 Feb 2019, 17:35 WIB
Diperbarui 22 Jul 2020, 10:03 WIB
Liputan 6 default 3
Ilustraasi foto Liputan 6

Liputan6.com, Jakarta Pentas seni alias Pensi  jadi salah satu acara yang paling ditunggu-tunggu di sekolah. Acara yang biasanya diadakan satu tahun sekali ini menjadi ajang para siswa untuk bersenang-senang dan rehat sejenak dari pelajaran.

Tentunya para siswa pun menginginkan pagelaran pensi diadakan semaksimal mungkin, dengan panggung  megah, dekorasi mewah, dan tentunya mengundang artis-artis kece.

Namun, untuk membuat pensi yang megah, tentu diperlukan modal tak sedikit. Bahkan, tak jarang memerlukan dana hingga ratusan juta rupiah. Pihak panitia pun kerap dibuat frustasi dalam mencari sponsor sebagai sumber pendanaan.

Sebelum kamu bergerak mencari sponsor, coba rinci dulu yuk kira-kira dana apa saja yang dibutuhkan dan berapa besarannya.

Venue

Besaran biaya untuk venue tergantung pada lokasi kamu mengadakan pensi. Jika kamu mengadakannya di lapangan atau aula sekolah, maka kamu tidak perlu mengeluarkan uang. Namun, kalau kamu mau mengadakannya di ballroom sebuah gedung, kamu perlu mengeluarkan uang sekitar Rp 10 - 20 juta. Semakin bagus tempat yang kamu pilih, kian besar pula dana yang dibutuhkan.

Peralatan

Acara Pensi membutuhkan banyak peralatan pendukung, seperti panggung, sound system, kamera, lampu, dan mic. Kamu juga membutuhkan dana untuk membeli atau menyewa peralatan tersebut. Umumnya, kamu membutuhkan dana sekitar Rp 40 - 50 juta. Namun, itu tergantung lagi dari banyaknya peralatan yang kamu butuhkan.

Konsumsi

Pada hari H kamu juga butuh menyiapkan konsumsi. Tentu kamu tak mau kan kalau kamu, panitia yang lain, serta para bintang tamu kelaparan? Paling tidak kamu perlu menyiapkan makanan berat dan snack. Jangan lupa siapkan juga minuman air putih. Untuk keperluan ini, kamu memerlukan dana sekitar Rp 10 juta.

Bintang tamu

Nah, salah satu dana yang paling besar dibutuhkan untuk bintang tamu. Terlebih lagi, kalau kamu ingin mengundang bintang tamu yang sudah terkenal. Bisa-bisa kamu membutuhkan dana Rp 100 juta untuk satu penyanyi saja. Untuk mengakalinya kamu bisa mengundang satu bintang tamu yang super terkenal dan sisanya yang biasa-biasa saja. Jaga-jaga, kamu membutuhkan dana lebih kurang Rp 200 juta untuk bintang tamu.

Jika semua keperluan tersebut ditotal, berarti kamu memerlukan dana Rp 280 juta. Tak perlu khawatir, kamu pasti bisa mendapatkannya kok asal kamu menemukan sponsor yang tepat. Apabila kamu masih mengalami kesulitan mendapatkan sponsor, coba deh kerja sama dengan Hiventory.

Hiventory adalah tempat bertemunya para kreator event dan sponsor. Tim Hiventory akan membantumu mengemas event agar bisa mendapat dana dan eksposur dari sponsor besar.

Untuk informasi lebih lanjut dan mendaftarkan Pensi kamu, silakan kunjungi https://www.hiventory.com/

 

 

(Adv)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya