Kerajaan Inggris Gelar Peringatan Kematian Pangeran Philip, Sosok Pangeran Andrew dan Harry Jadi Sorotan

Pangeran Andrew terlihat setia menemani Ratu Elizabeth II dalam peringatan kematian Pangeran Philip.

oleh Putu Elmira diperbarui 30 Mar 2022, 10:06 WIB
Diterbitkan 30 Mar 2022, 09:30 WIB
Ratu Elizabeth II dan Pangeran Andrew
Ratu Elizabeth II dan Pangeran Andrew menghadiri Service of Thanksgiving atau peringatan kematian Pangeran Philip di Westminster Abbey di pusat kota London pada 29 Maret 2022. (RICHARD POHLE / POOL / AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Kerajaan Inggris menggelar peringatan kematian Pangeran Philip di Westminster Abbey, London, pada Selasa, 29 Maret 2022 waktu setempat. Upacara ini dihadiri oleh keluarga kerajaan, termasuk Pangeran Andrew yang setia menemani dan ada di sisi Ratu Elizabeth II.

Dilansir dari People, Rabu (30/3/2022), Ratu Elizabeth II tiba dengan tangannya di lengan Pangeran Andrew. Ratu berangkat dengan mobil dari Windsor ditemani putra keduanya yang sempat tersandung skandal tersebut.

Momen ini enam minggu setelah Pangeran Andrew menyelesaikan gugatan pelecehan seksual dengan penuduh Virginia Giuffre. "Itu menunjukkan dia dengan sepenuh hati mencintai dan mempercayai putranya," kata komentator kerajaan Robert Jobson.

Jobson menambahkan, "Seperti yang dia lakukan ketika dia membuat pernyataan tentang Camilla sebagai Permaisuri Ratu, banyak orang sekarang akan menerima kata-kata dan penilaian Ratu."

Jobson yang juga penulis Prince Philip's Century ini menyampaikan ada keresahan di antara anggota senior keluarga, "tapi dia bersikeras." "Masuk akal jika dia (Andrew) menemaninya karena dia tidak memiliki pasangan. Sebuah penyelesaian telah dibayarkan tetapi dia tidak bersalah apa-apa di mata hukum," kata Jobson.

Komentator kerajaan ini juga menyebut bahwa Ratu percaya pada Andrew. "Bahkan jika dia menghilang dari kehidupan publik, dia mampu memberi penghormatan kepada ayahnya, yang bagaimanapun juga, sangat bangga atas pengabdiannya di Angkatan Laut Kerajaan, saat dia bertempur dalam konflik Kepulauan Falkland," tambahnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kehadiran Ratu

Ratu Elizabeth II
Ratu Elizabeth II dan anggota keluarga kerajaan Inggris menghadiri peringatan kematian Pangeran Philip di Westminster Abbey di pusat kota London pada 29 Maret 2022. (DOMINIC LIPINSKI / POOL / AFP)

Beberapa hari menjelang peringatan kematian, tidak diketahui apakah Ratu Elizabeth II akan menghadiri upacara tersebut. Banyaknya spekulasi yang beredar lantas terpatahkan dengan kedatangan Ratu berusia 99 tahun tersebut dalam upacara itu.

Kemunculan Ratu Elizabeth II pada Selasa, 29 Maret 2022 menjadi kali pertama ia berada di acara publik di luar kediaman kerajaan sejak pertengahan Oktober, ketika dia mengunjungi Cardiff, Wales. Pengaturan khusus dilakukan dalam menyambut kedatangan Ratu pada Selasa.

Bukannya masuk melalui pintu utama Westminster Abbey, namun ia datang melalui pintu samping dengan satu tangan di atas tangan Andrew dan satu tangan di atas tongkat berjalan. Terlepas dari masalah mobilitas baru-baru ini, Ratu berdiri untuk berdoa dan menyanyikan lagu kebangsaan selama kebaktian.


Barisan Terdepan

Ratu Elizabeth II
Ratu Elizabeth II menghadiri peringatan kematian Pangeran Philip di Westminster Abbey di pusat kota London pada 29 Maret 2022. (DOMINIC LIPINSKI / POOL / AFP)

Sementara, Ratu Elizabeth harus membatalkan beberapa pertemuan karena tertular COVID-19 pada Februari di tengah masalah kesehatan lainnya. Ia juga baru-baru ini mengeluhkan masalah mobilitas dan telah menggunakan tongkat untuk berjalan.

Saat himne pertama "To Be a Pilgrim" dinyanyikan, Ratu muncul dengan tangannya di lengan Andrew, berjalan lambat, tapi mantap ke tempat duduknya. Ketika mereka sampai di barisan depan, dia meninggalkan Andrew dan duduk di sebelah Pangeran Charles dan Camilla, Duchess of Cornwall.

Andrew duduk di seberang lorong di barisan depan di samping adiknya Pangeran Edward dan Sophie, Countess of Wessex. Layanan tersebut menandai acara publik pertama Pangeran Andrew sejak ia menyelesaikan kasus pengadilannya dengan Giuffre.


Pangeran Harry Absen

Pangeran Harry
Pangeran Harry hadir di peringatan Anzac Day di Westminster Abbey, London, Inggris, 25 April 2019. (VICTORIA JONES / POOL / AFP)

Putrinya, Putri Beatrice dan Putri Eugenie, serta suami mereka, Eduardo Mapelli Mozzi dan Jack Brooksbank, juga hadir dalam peringatan tersebut. Pangeran George dan Putri Charlotte juga membuat penampilan kejutan di upacara peringatan kakek buyut mereka. Keduanya tiba di Westminster Abbey bersama orangtua mereka, Pangeran William dan Kate Middleton.

Selain Pangeran Andrew, Pangeran Harry juga jadi sorotan dalam upacara tersebut. Pangeran Harry sebelumnya telah mengumumkan bahwa dia tidak akan kembali ke Inggris untuk menghadiri peringatan kematian kakeknya.


Infografis Prosesi Pemakaman Pangeran Philip

Infografis Prosesi Pemakaman Pangeran Philip. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Prosesi Pemakaman Pangeran Philip. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya