Prosedur Operasi Plastik Anti Aging yang Dijalani Titi DJ di Korea

Titi DJ mengatakan setidaknya melakukan lima operasi plasti anti aging di Korea Selatan.

oleh Henry diperbarui 01 Feb 2023, 04:04 WIB
Diterbitkan 01 Feb 2023, 04:02 WIB
Titi DJ
Titi DJ.  [Instagram/ti2dj]

Liputan6.com, Jakarta - Titi DJ baru-baru ini terbang ke Korea Selatan untuk menjalani operasi anti aging. Melalui akun media sosial pribadi, Titi DJ membagikan cerita melangsungkan operasi anti aging. Seperti diketahui, Negeri Ginseng, Korea Selatan terkenal dengan perawatan dan klinik kecantikan terbaik.

Diva pop Indonesia ini diketahui seorang diri berangkat ke rumah sakit di Gangnam, Seoul, untuk menjalani operasi plastik anti aging. Sebelum tindakan operasi, Titi DJ menjalani serangkaian tes kesehatan.

"Dari hotel langsung ke ID Hospital untuk melakukan serangkaian test kesehatan, untuk memastikan bahwa aku sehat dan siap untuk di operasi besoknya. Bismillahirrahmanirrahim," tulisnya di akun Instagram @ti2dj.  Setelah dinyatakan sehat, penyanyi berusia 56 tahun akhirnya mendapat pengarahan dari dokter yang akan menangani operasi anti aging.

"Tanggal 6 Januari, tibalah hari operasi anti aging ku di ID Hospital, Gangnam, Seoul, South Korea. Sudah cek kesehatan dan hasilnya bagus semua, Alhamdulillah, ketemu dokter lagi untuk final check dan dijelasin lagi apa aja yang akan dilakukan dokter dan teamnya," tambah Titi.

Titi pun mengatakan setidaknya melakukan lima operasi di wajahnya, yaitu face lift, forehead lift, neck lift, lower blepharoplasty, dan fat graft. Dilansir dari berbagai sumber, Selasa, 31 Januari 2023, berikut penjelasan lebih detail soal kelima prosedur tersebut

1. Face lift

Face lift merupakan perawatan yang dapat membantu mengencangkan area wajah yang elastisitasnya mulai menurun dan mengatasi penuaan di wajah.  Perawatan ini mampu mengencangkan kulit dengan menggunakan prosedur operasi. Dokter bedah akan menarik dan leher untuk mengencangkan area pipi dan dahi. Namun semakin berkembangnya teknologi, sudah banyak klinik kecantikan yang menyediakan perawatan face lift tanpa perlu operasi.

Melansir Drumansky.com, ahli bedah plastik telah melakukan face lift non surgical atau tanpa operasi selama bertahun-tahun. Ketika prosedur non-bedah menjadi semakin aman dan efektif, semakin banyak pria dan wanita yang memperhatikan.

Meski begitu, face-lift tidak akan bisa mengatasi garis halus, keriput, atau kerutan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Selain itu, face lift juga memiliki risiko tersendiri, seperti hematoma, munculnya bekas luka akibat operasi, cedera saraf, hingga penipisan rambut.

 


2. Forehead lift

Hasil operasi Titi DJ setelah dua minggu
Hasil operasi Titi DJ setelah dua minggu, @ti2dj.

Senada dengan face lift, forehead lift juga dilakukan untuk mengencangkan wajah terutama di bagian dahi. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kerut dan keriput di bagian dahi dan juga di antara mata.

Dalam operasi anti aging Titi DJ, dia juga melakukan lower blepharosplasty yaitu operasi untuk menghilangkan kantung mata.  Selain penuaan, kulit yang sangat kendur di sekitar mata dapat mengurangi penglihatan samping (penglihatan tepi), terutama bagian atas dan luar bidang penglihatan.

3. Neck lift

Neck Lift adalah sebuah operasi plastik yang bertujuan untuk mengencangkan kulit kendur di leher. Operasi ini sering dikenal dengan istilah pengencangan leher.

Operasi neck lift dilakukan dengan menggunakan anestesi umum. Dengan begitu, rasa sakit yang terjadi pada pasien tidak akan terlalu sakit dan parah. Dalam tindakannya, neck lift dilakukan dengan membuang jaringan berlebih yang ada di sekitar leher. Jaringan berlebih yang dimaksud berupa kulit, lemak, dan otot.

Hasil dari Neck Lift dapat terlihat ketika masa pemulihan benar-benar sudah selesai. Agar proses pemulihan bisa berjalan dengan cepat, pasien disarankan untuk mengikuti setiap anjuran dari dokter.

 


4. Lower blepharoplasty

Titi DJ
[Instagram/ti2dj]

Menurut Healthline, Lower Blepharoplasty dikenal juga dengan Eyelid Surgery. Jenis operasi ini bertujuan untuk memperbaiki tampilan mata. Caranya adalah dengan mengencangkan jaringan (otot dan kulit), serta menghilangkan lemak berlebih pada area kelopak mata bawah.

Prosedur bedah kosmetik ini sangat cocok bagi orang yang memiliki kelopak mata kendur. Biasanya, hal ini terjadi akibat faktor usia. Dengan melakukan Lower Blepharoplasty, tampilan kelopak mata yang kendur akan menjadi lebih kencang, dan tampilan mata akan terlihat lebih muda.

5. Fat graft

Fat graft atau fat transfer adalah proses transfer lemak dari bagian tubuh ke bagian tubuh lainnya yang memerlukan tambahan lemak. Serupa dengan filler, tapi filler itu berisi lemak tubuh kita sendiri.

"Lemak aku yg diambil adalah dari lemak paha bagian dalam, lalu di isi di bagian wajahku : di kening, di pelipis dan di area smiling line, untuk menambah volume supaya kerutan2nya terisi dan kulit wajah jadi halus dan minim kerutan," tulis Titi DJ dalam unggahannya di Instagram. Meski begitu, pengencangan wajah tidak akan memperbaiki kerusakan akibat paparan sinar matahari, seperti garis halus dan kerutan.

 


Ingin Tampil Lebih Muda

Terungkap Rahasia Titi DJ yang Bikin Tampilan Awet Muda di Usia 56 Tahun, Pakai Rambut Palsu
Dikenal sebagai salah satu artis yang awet muda, Titi DJ baru-baru ini bongkar satu rahasia tentang rambutnya. @ti2dj.

Dalam unggahan terbarunya, Titi bercerita tentang alasan menjalankan operasi anti aging tersebut. Ia secara terang-terangan mengungkapkan ingin tampak lebih muda meski tanpa bantuan makeup tebal.

"Aku to the point aja ya. Jawabannya adalah karena aku ingin kulit muka dan lehetku kencang kembali, dengan begitu aku terlihat muda dan segar tanpa bantuan makeup tebal. Aku melakukan ini untuk diriku sendiri, untuk kesenangan dan kepuasan diriku sendiri," ujarnya dalam keterangan unggahan pada 30 Januari 2023.

Pelantun 'Sang Dewi' ini mengungkapkan dirinya sudah ingin melakukan operasi tersebut sejak memasuki usia 50 tahun. Hal ini lantaran keriput di wajah sudah mulai bermunculan.  Ia merasa beruntung bekerja di dunia hiburan yang mengharuskannya merias diri hingga keriput-keriput itu tak tampak. Namun, ketika sedang tidak bekerja dan tampil bareface, keriput itu akan terlihat.

"Karena walaupun aku sudah melakukan perawatan muka, tetap saja keriput itu muncul. Dari situlah aku memutuskan untuk melakukan anti aging surgery tersebut," ungkap ibu empat anak ini. "Operasi tersebut tidak mengubah muka. Muka aku tetap muka Titi DJ, tidak menjadi muka orang lain. It’s still my face, but younger version of me," sambungnya.

Titi juga mengungkapkan dirinya sangat puas dengan hasil operasi tersebut. Meskipun setelah tiga minggu wajahnya masih sedikit bengkak, ia benar-benar tampak lebih muda dari sebelumnnya.

 

Infografis Fenomena Operasi Plastik
Infografis Fenomena Operasi Plastik (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya