Seru-seruan di Dog Does Disco 2023, Bisa Adopsi Anjing Terlantar dari Penangkaran Lengkap dengan Edukasi Memelihara

Dog Does Disco ‘FestivArt’ 2023 hadirkan stan tempat penangkaran anjing, pada stan tersebut para pengunjung dapat mengadopsi anjing yang terlantar untuk memiliki kehidupan yang lebih layak.

oleh Winda Syifa Sahira diperbarui 01 Okt 2023, 17:30 WIB
Diterbitkan 01 Okt 2023, 17:30 WIB
Acara Dog Does Disco, Central Park
Acara Dog Does Disco, Central Park, Jakarta Barat (Dok.Liputan6.com/Winda Syifa Sahira)

Liputan6.com, Jakarta - Dog Does Disco 'FestivArt' selalu hadir setiap tahunnya, tahun ini merupakan acara ke-14 komunitas pecinta anjing tersebut dilaksanakan. Acara tersebut turut menghadirkan stan penangkaran anjing terlantar dan para pengunjung yang datang bisa langsung mengadopsi anjing-anjing tersebut. Inisiatif tersebut dilakukan untuk menyelamatkan para anjing yang terlantar.

Pada saat masa pandemi Covid-19 lalu, banyak orang yang tertarik untuk mengadopsi hewan peliharaan karena aktivitas luar ruangan terhenti, dan memiliki banyak waktu luang. Namun, setelah pandemi usai dan kehidupan sudah mulai kembali normal, banyak para pemilik hewan peliharaan yang mulai sibuk dengan aktivitasnya, sehingga tidak lagi memiliki banyak waktu untuk mengurus hewan peliharaan tersebut.

"Memang waktu pandemi banyak banget yang punya anjing, beli anjing, karena banyak waktu dirumah, setelah kembali normal lagi banyak sekali anjing-anjing yang terlantar," jelas Amanda Soekasah, publik figur pecinta anjing dan pemandu acara Dog Does Festival, di Media Gathering Dog Does Festival, Central Park, Jakarta barat, Minggu (1/10/2023).

"Selain kita having fun sama family, tapi kita juga semakin peduli dan lebih mengutamakan untuk mengadopsi anjing dibandingkan membeli," jelasnya lagi.

Dalam kesempatan ini, Maria yang juga merupakan pemilik dari tempat penangkaran anjing Maria Strayhome tersebut mengatakan bahwa dengan bekerja sama dengan acara tersebut ia dapat mengedukasi pengunjung terkait tempat penangkaran anjing. 


Banyak Anjing yang Terlantar

Tenan di Acara Dog Does Disco, Central Park
Tenan di Acara Dog Does Disco, Central Park, Jakarta Barat (Dok.Liputan6.com/ Winda Syifa Sahira)

Maria menjelaskan bahwa banyak yang salah kaprah dan beranggapan bahwa tempat penangkaran adalah tempat untuk membuang anjing yang sudah tidak diinginkan. Ia lalu menjelaskan, "Tempat penangkaran anjing bukanlah tempat pembuangan anjing, tapi lebih seperti (tempat untuk) membantu orang-orang yang tidak bisa merawat lagi dan mencari solusinya."

Ia juga mengatakan bahwa tempat penangkaran hadir untuk mengajarkan para pemilik anjing untuk lebih bertanggung jawab dan tidak menelantarkannya. "Mengedukasi, jangan buang anjing, jangan menyakiti anjing," jelasnya lagi.

Maria juga mengatakan bahwa harapannya orang-orang dapat bisa lebih peduli kepada hewan peliharaanya. Ia menyebutkan kebanyakan orang hanya menyukai anjing pada saat masih kecil dan lucu. Namun, setelah anjing tumbuh besar, tua, atau ketika anjing sakit, rasa kepedulian itu berkurang, dan banyak anjing yang berakhir dibuang atau diberikan ke tempat penangkaran.

Dikatakan Maria bahwa dengan bekerja sama dengan acara Dog Does Festival ia dapat menjual merchandise yang akan membantu tempat penangkaran tersebut. Selain itu, pada acara ini ia dapat membawa anjing-anjing terlantar untuk diadopsi dan diurus dengan lebih layak.


Tata Cara Adopsi Anjing di Dog Does Disco

Tenan di Acara Dog Does Disco, Central Park
Tenan di Acara Dog Does Disco, Central Park, Jakarta Barat (Dok. Liputan6.com/Winda Syifa Sahira)

Maria menjelaskan bagi pengunjung yang berkeinginan untuk mengadopsi dapat langsung datang ke stan Maria Strayhome. Pada proses adopsi, para pengunjung diwajibkan untuk menunjukkan video rumah, hal itu dilakukan untuk menyesuaikan besar anjing yang cocok untuk tinggal di rumah tersebut.

"Kalau rumahnya kecil, mau adopsi anjing yang besar, saya tidak akan izinkan," ungkapnya.

Maria juga menjelaskan jika berkeinginan untuk mengadopsi, rumah diharuskan untuk memiliki pagar agar anjing tidak kabur, memiliki penghasilan yang cukup dikarenakan memelihara anjing membutuhkan banyak biaya, memiliki tetangga yang tidak usil, dan mendapatkan persetujuan dari seluruh anggota keluarga.

Selain itu, bagi para pengunjung yang berkeinginan untuk mengadopsi anjing, namun tidak memiliki ruang yang cukup di rumah, atau keadaan yang tidak memungkinkan untuk memelihara anjing dapat mengikuti program Orang Tua Asuh. Pada program tersebut, pengunjung dapat menyumbangkan uang sebesar Rp 350 ribu per bulannya, uang tersebut akan digunakan untuk mengurus anjing di tempat penangkaran.


Hadirkan Workshop Pemeliharaan Anjing

Panggung di Acara Dog Does Disco, Central Park
Panggung di Acara Dog Does Disco, Central Park, Jakarta Barat (Dok. Liputan6.com/Winda Syifa Sahira)

Acara Dog Does Disco 'FestivArt' 2023 juga menghadirkan Dog's Workshop di mana rangkaian acara tersebut hadir untuk mengedukasi para pecinta anjing dan komunitas anjing. Dimulai dari acara Dog Does Cook, yaitu kegiatan edukasi mengenai pembuatan serta informasi makanan bernutrisi dan layak untuk dikonsumsi anjing, serta pengaruhnya bagi tumbuh kembang anjing yang dipelihara.

Pada Dog's Workshop juga dihadirkan Animal Clinic by Drh. Rajanti yang dapat menjadi ilmu tambahan dalam berkomunikasi dengan peliharaan. Akan ada pula sharing session dari narasumber yang sudah berpengalaman seperti Shelter Pejaten, Maria Strayhome, Rainbow Sanctuary, Rumah Singgah TPP, dan berbagai tempat penangkaran lainnya.

Acara tersebut diselenggarakan dari 29 September 2023 hingga 1 Oktober 2023, yang berlokasi di Central Park Mall, Jakarta Barat. Tiket masuk acara tersebut dikenakan biaya sebesar Rp 50 ribu, atau dengan berbelanja sejumlah Rp 100 ribu di seluruh gerai Central Park yang dapat ditukarkan menjadi tiket masuk acara tersebut.

Infografis rabies
Bahaya Rabies, Waspada dengan Gigitan Anjing.(Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya