5 Fun Fact Hip Hop Cardio, Olahraga Kekinian Buat Penyuka Dance

Selain zumba dan K-Pop cardio dengan iringan musik yang khas, hip hop cardio yang menggabungkan unsur-unsur tarian hip hop juga tak kalah menarik untuk dijajal, lho.

oleh stella maris pada 17 Nov 2023, 18:35 WIB
Diperbarui 22 Nov 2023, 09:50 WIB
Zumba.
Ilustrasi sekelompok wanita sedang melakukan zumba. (Foto: Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta Banyak sekali jenis olahraga kardio yang menyehatkan sekaligus menyenangkan untuk menjadi bagian gaya hidup. Selain zumba dan K-Pop cardio dengan iringan musik yang khas, hip hop cardio yang menggabungkan unsur-unsur tarian hip hop juga tak kalah menarik untuk dijajal, lho.

Seiring meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berolahraga, hip hop cardio menarik banyak peminat karena bisa menyatukan kesenangan berdansa dengan manfaat kesehatan fisik. 

Dalam sesi hip hop cardio, peserta akan diajak untuk mengikuti gerakan tarian yang dipadukan dengan musik hip hop yang energik, sehingga menciptakan pengalaman yang mendebarkan. Latihan ini dapat membantu meningkatkan kekuatan, ketahanan, serta membakar kalori dengan cara yang sangat menyenangkan.

1. Berawal dari Hip Hop Dance

Murid-murid berlatih hip hop secara virtual guna mencegah penyebaran virus Covid-19
Instruktur mengajar murid street dance genre hip hop secara virtual di O2dance School, BSD Nusa Loka, Tangerang Selatan, Sabtu (20/6/2020). Sebanyak 150 murid dari level basic hingga advance berlatih di rumah guna mencegah penyebaran virus Covid-19. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Tidak diketahui kapan tepatnya istilah hip-hop cardio muncul, namun yang pasti jaug sebelum itu diawali dengan tren tarian hip hop atau hip hop Dance. Diketahui, hip hop dance pertama kali muncul pada awal tahun 1970-an, yang berakar dari breakdance, popping (tarian jalanan yang diadaptasi dari gerakan budaya Boogaloo) dan locking (gaya tari funk). Seiring perkembangan musik hip-hop maka lahirkan berbagai gaya tarian jalanan yang disebut sebagai hip hop saat ini.

Tarian hip hop yang sangat menyenangkan dan ekspresif, dengan musik berenergi tinggi dan gerakan yang melatih otot-otot tubuh membuat tarian ini langsung digemari anak-anak muda. Kapan tepatnya istilah hip hop cardio muncul tidak diketahui, namun yang pasti olahraga kardio dengan iringan musik hip hop terasa menyenangkan dan menyehatkan.

2. Cocok Banget Buat yang Suka Dance

Nggak Hanya Bikin Tubuh Bugar, Ternyata Menari Juga Bisa Tingkatkan Fungsi Otak Lho!
Grup dance. Credit: pexels/RonLach

Hip hop cardio memungkinkan seseorang untuk mengekspresikan diri mereka melalui gerakan tarian. Ini bukan hanya tentang gerakan olahraga, melainkan merasakan ritme musik dan menggabungkannya dengan gerakan tarian maupun freestyle. Hip hop cardio menjadi salah satu rekomendasi olahraga buat kamu yang memiliki hobi dance. 

Hip hop cardio yang sering kali disesuaikan dengan musik hip hop terkini, bisa menciptakan pengalaman berdansa yang lebih menyenangkan dan memotivasi diri. Beberapa lagu yang menarik diputar saat olahraga Hip-Hop Cardio ini adalah "Lose Control" by Missy Elliot (feat. Ciara, Fatman Scoop), "B.O.B." by Outkast, dan "Go!" by Killer Mike.

3. Asah Fleksibilitas dan Kelincahan

[FIMELA] Komunitas Dance Idol Bogor
Ilustrasi Zumba Dance

Anak muda itu identik dengan gayanya yang sat-set, tidak kaku dan luwes. Nah, buat kamu yang ingin mengasah fleksibilitas dan kelincahan,, cocok banget buat cobain hip-hop cardio ini. Setiap gerakannya menuntut kita bergerak dan bereaksi terhadap musik, seperti melangkahkan kaki ke depan dan belakang, sambil mengayunkan tangan maupun menggerakkan bagian tubuh lainnya.

4. Latihan Kardiovaskular Efektif dan Minim Risiko

Jenis Olahraga Kardio dan
Senam Zumba / Sumber: Unsplash

Hip hop cardio bisa dibilang salah satu latihan kardiovaskular yang efektif. Dapat membantu meningkatkan denyut jantung, stamina, dan daya tahan fisik, sehingga menjaga kesehatan jantung.

Di samping itu, hip hop cardio sering dianggap memiliki risiko cedera lebih rendah dibandingkan dengan beberapa jenis olahraga lainnya. Karena gerakan tariannya lebih alami dan tidak membebani sendi, sehingga dapat mengurangi potensi cedera.

5. Bisa untuk Semua Kelompok Usia

Ilustrasi Cardio Workout (Latihan Kardio). (AFP)
Ilustrasi Cardio Workout (Latihan Kardio). (AFP)

Seperti olahraga yoga, zumba dan sejenisnya, hip-hop cardio juga cocok untuk berbagai kelompok usia. Baik anak-anak, remaja, dewasa, maupun orang tua dapat menikmati manfaat hip hop cardio tanpa memandang usia. Pilihan olahraga yang inklusif dan ramah keluarga. Meski demikian, tetap perlu memperhatikan kemampuan diri dan kesehatan, jangan terlalu memforsir tenaga dan pastikan memulainya dengan peregangan otot atau pemanasan.

Buat kamu yang ingin mencoba langsung hip-hop cardio bisa mulai melakukan pencarian di platform online dengan dipandu para trainer. Sebaliknya, untuk yang ingin menjajal secara offline atau bareng-bareng bersama penggemar olahraga, bisa datang ke acara PRUActive Family yang berlangsung di Golden Lily Ballroom - Four Points Hotel by Sheraton, Makassar pada 19 November 2023. Makin spesial lagi karena dalam acara ini kamu bisa nonton langsung penampilan spesial dari Nyoman Paul, Finalis Indonesian Idol 2023!

 

(*)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya