Kontroversi Insiden Kalguksu Minji, Ubah Pandangan Penggemar Tentang Citra NewJeans?

Minji NewJeans sedang disorot lantaran video lama saat siaran langsung tentang pernyataannya tak tahu tentang kalguksu beredar. Video itu kemudian menjadi viral, tersebar melalui berbagai jejaring media sosial.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 17 Jan 2024, 15:07 WIB
Diterbitkan 17 Jan 2024, 15:05 WIB
Minji NewJeans. (Instagram/ newjeans_official)
Minji NewJeans. (Instagram/ newjeans_official)

Liputan6.com, Jakarta - Minji NewJeans sedang disorot lantaran video lama saat siaran langsung tentang pernyataannya tak tahu tentang kalguksu beredar. Video itu kemudian menjadi viral, tersebar melalui berbagai jejaring media sosial.

Di video itu Minji mengungkapkan, "Apa menurutmu aku tidak tahu arti kalguksu? Saya tahu ada berapa jenis kalguksu, apa kandungannya, dan dari bahan apa." Video ini kembali memicu diskusi, hingga "insiden NewJeans Minji kalguksu" kembali menjadi sorotan.

Mengutip dari laman Kbizoom, Rabu (17/1/2024), Minji menjawab kritik atas sikapnya yang diterima di beberapa komunitas setelah siaran langsung berkomunikasi dengan Bunnies (nama salah satu fandom) pada 2 Januari 2023. Dia pun meminta maaf, "Saya benar-benar minta maaf kepada Bunnies yang terkejut dan terluka dengan sikap tidak baik yang saya tunjukkan selama siaran langsung, di mana saya berkomunikasi secara alami dan nyaman dengan Bunnies."

Minji melanjutkan, bahwa ia mengetahui reaksi apa yang muncul ketika ia berguman ke diri sendiri dengan bertanya "Apa itu kalguksu?" sambil memikirkan jenis dan rasa kalguksu. "Saya tidak menyadari bahwa kesalahpahaman bisa muncul dari gumaman saya, dan saya ingin menjelaskan dengan jelas, tapi saya pikir itu mungkin akan berlalu seiring berjalannya waktu."

Namun ternyata seiring waktu, semakin banyak komentar berlawanan dengan penjelasan Minji. "Bahkan hubungan saya dengan anggota NewJeans disebutkan, menyebabkan kesalahpahaman yang aneh," kata personel NewJeans berusia 19 tahun itu. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Minji NewJeans Memalsukan Citranya?

Minji
Minji/Twitter@NewJeans Fansite.

Minji menambahkan, akibat kejadian itu selama liburan kemarin ia banyak introspeksi diri. “Aku banyak berpikir, berbicara dengan orang-orang di sekitarku, dan mempertimbangkan kembali tanggung jawab atas perkataanku. Aku belajar banyak. Saya akan lebih berhati-hati dan lebih memperhatikan agar tidak mengulangi kesalahan yang sama," katanya. 

Kehebohan itu membuat warganet punya pandangan lain tentang citra diri Minji sebagai orang Korea. Ia tidak tahu kalguksu yang merupakan hidangan tradisional Korea berupa mi dan sering disantap di musim panas yang mudah ditemukan hampir di semua tempat di Korea.

Banyak yang menuduh Minji “memalsukan citranya” sebagai seorang gadis yang belajar di luar negeri dengan “berpura-pura” tidak tahu masakan Korea. Menurut mereka, tidak mungkin Minji, yang besar di Gangwon-do, Korea, tidak mengetahui tentang hidangan tersebut.

Itulah yang membuat mereka melontarkan kritik terhadap idola wanita tersebut. Komentar kasar ini berlanjut, sebelum Minji menyampaikannya melalui streaming langsung pada 2 Januari 2024.


Kritik Terhadap Minji Berlanjut

Minji NewJeans
Minji NewJeans

Pada saat itu, Minji bertanya kepada para pemberi komentar negatif apakah mereka benar-benar berpikir dia tidak tahu tentang kalguksu, dan bahkan meminta mereka untuk “berpikir dua kali”. Ia kemudian bertanya kepada warganet apakah mereka mengetahui ada berapa jenis kalguksu dan bahan apa yang digunakan dalam masakan tersebut.

Sementara Hanni mencoba meringankan suasana, tanggapan Minji masih membuat marah banyak orang, yang kini mengeluhkan nada kasar Minji. Bahkan ada yang mengejek kemampuan bahasa Inggris Minji, karena idola wanita tersebut mengatakan sebagian tanggapannya dalam bahasa Inggris.

Selain itu, berbagai topik negatif mulai bermunculan di forum Korea, di mana warganet menyatakan bahwa mereka memiliki “pemikiran berbeda tentang citra NewJeans setelah bantahan Minji”. Menurut orang-orang ini, NewJeans bukanlah orang yang rendah hati karena sukses di usia muda. 

Namun, banyak orang yang masih membela Minji, menyebut seluruh “insiden kalguksu” itu konyol dan menekankan bahwa Minji hanya membantah dengan tajam setelah diserang selama setahun penuh.


ADOR Minta Warganet Menahan Diri

Minji
Minji NewJeans Resmi Jadi Duta Baru Chanel, Disambut Hangat Penggemar. (Instagram:@newjeans_official/https://www.instagram.com/p/Con6NMJyfMu/Geiska Vatikan Isdy).

Sementara itu, melalui permintaan maaf Minji terungkap bahwa dia tidak pernah makan kalguksu karena pilih-pilih makanan. Namun, dia tahu tentang hidangan tersebut, dan pertanyaan “apa itu kalguksu” hanyalah kesalahan lidah bawah sadarnya saat dia memikirkan rasa dan teksturnya.

ADOR sebagai pihak manajemen meminta warganet menahan komentar kebencian uai Minji NewJeans minta maaf. "Kami meminta maaf dan menghargai para penggemar yang telah memberikan banyak perhatian kepada anggota NewJeans baru-baru ini, dan sekali lagi membuat pemberitahuan tentang komentar jahat dan penyebaran fitnah."

Pihak ADOR menambahkan, "Kami sudah mengumumkannya pada 29 Desember tahun lalu melalui ‘Panduan Tanggapan Hukum terhadap Pelanggaran Hak Artis’. Melalui pemantauan terus-menerus, kami terus-menerus menanggapi tindakan seperti komentar jahat, fitnah jahat, penghinaan, dan pencemaran nama baik dengan menyebarkan informasi palsu terkait anggota NewJeans."

Namun, pihak manajemen berharap agar semua pihak menahan diri dari spekulasi sembarangan dan fitnah jahat, bukan karena pemberitahuan tindakan hukum tersebut, namun karena rasa hormat. Di akhir pernyataannya, ADOR mengatakan akan terus memperjuangkan hak dan kepentingan anggota NewJeans.

 

INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya