Media Asing Soroti Jemaah Haji Indonesia Berbusana Hebring dan Pamer Emas Saat Pulang dari Tanah Suci

Media asal Malaysia itu menyebut bahwa berbusana nyentrik merupakan tradisi masyarakat Bugis selepas pulang beribadah haji di Tanah Suci.

oleh Asnida Riani diperbarui 29 Jun 2024, 04:00 WIB
Diterbitkan 29 Jun 2024, 04:00 WIB
Jemaah Haji Indonesia
Media asing soroti jemaah haji Indonesia berbusana hebring dan pamer emas saat pulang dari Tanah Suci. (dok. tangkapan layar TikTok @ahmadfatwatjatier/https://www.tiktok.com/@ahmadfatwatjatier/video/7383888073462942982)

Liputan6.com, Jakarta - Penampilan nyentrik jemaah haji Indonesia tidak sebatas jadi sorotan warganet Indonesia, namun juga media asing. Publikasi Malaysia, Says, memuat artikel terkait itu, dan diterbitkan pada Rabu, 26 Juni 2024.

Outlet tersebut mengutip video viral yang dibagikan akun TikTok @ahmadfatwatjatier, Selasa, 25 Juni 2024. Pihaknya menulis, "Terlihat jemaah haji, khususnya para perempuan, mengenakan pakaian bagus. Ada yang bilang fesyenmereka seperti pergi ke pesta makan malam karena penuh payet dan ruffles."

Lebih lanjut, Says menyebut bahwa penampilan itu merupakan "tradisi masyarakat Bugis" yang baru saja pulang dari Tanah Suci. "Mungkin itu cara mereka merayakannya (selesai menjalani rangkaian ibadah haji dan sampai kembali di Tanah Air)," tandasnya.

Klip tersebut sudah mencatat hampir lima juta penayangan saat artikel ini ditulis dan komentarnya mencapai 14 ribu. Tidak sedikit yang bertanya, apakah mereka membawa baju itu dari Indonesia atau membelinya di Arab Saudi. "Ganti baju di pesawat gitu jadinya sebelum turun? Effort amat," kata seorang pengguna.

"Buset pulang haji atau fashion show 😭," sahut yang lain. Ada juga yang merespons, "Udah tau lah ya kita ini rombongan haji mana." "Prinsip orang bugis memakai pakaian seperti ini selepas haji adalah wujud rasa syukur atas rezeki yang dimilikinya. Makanya mereka harus beli baju warna-warni kayak hati mereka yang penuh warna✌," beber warganet.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jemaah Haji Pamer Perhiasan

Jemaah Haji Indonesia
Heboh rombongan jemaah Indonesia pulang haji berpakaian bak Putri Disney. (dok. tangkapan layar TikTok @andyyuniverse/https://www.tiktok.com/@andyyuniverse/video/7254768508729314566)

Selain memakai ragam busana dalam warna mencolok, kendati ada juga yang bergamis netral, salah satu jemaah tampak mengangkat tangan untuk memperlihatkan rangkaian perhiasan emas yang ia pakai. "Udah dari dulu. Cuma dulu gak ada socmed aja," sahut seorang pengguna.

Bukan sekali ini saja, karena tahun lalu, rekaman memperlihatkan jemaah Indonesia pulang haji berpakaian bak Putri Disney sempat ramai di media sosial. Klip ini dibagikan akun TikTok @andyyuniverse, 11 Juli 2023.

Ia menulis, "Penjemputan Jamaah haji berasa di DisneyLand bertabur Para Princess💕💕." Video berdurasi satu menit dan 13 detik ini diawali dengan memperlihatkan si pengunggah video berteriak bersama banyak orang lain, menyambut kepulangan jemaah haji yang disebut berasal dari Bugis.

"Selamat datang," tulisnya di video yang dimaksud. Yang datang pertama, menurut rekaman itu adalah Elsa, merujuk pada jemaah haji yang mengenakan gamis dan hijab serba putih nan megah. Disusul "Putri Belle" yang mengenakan busana serba emas, lengkap dengan hijab beraksen tulle.


Jemaah Haji Berbusana bak Putri Disney

Jemaah Haji Indonesia
Heboh rombongan jemaah Indonesia pulang haji berpakaian bak Putri Disney. (dok. tangkapan layar TikTok @andyyuniverse/https://www.tiktok.com/@andyyuniverse/video/7254768508729314566)

Ada juga "Rapunzel" yang memakai busana serba mauve nan berkilau hampir di seluruh bagiannya. "Sekarang Princess Yasmine dan Aladdin sudah tiba," sambungnya. Ia pun menyebutkan beberapa karakter Putri Disney lain yang seolah menginspirasi busana para jemaah haji Indonesia.

Di antaranya ada Anna, Moana, Putri Salju, Mulan, Putri Merida, bahkan Ariel. Video yang sudah mencatat hampir empat juta penayangan saat artikel awal ditulis pun mengundang berbagai komentar.

"Bugis pride," tulis salah satu TikToker, sementara yang lain berkomentar, "Di Bugis begitu dari dulu, ke tanah suci minta ampunan, pulang-pulang udah style menor cetar membahana apalagi kalo beli mi emas beeeh silau. Saya juga orang bugis bingung sama bu Hajjahnya stiap tahun begitu semua."

Sebelum itu, Suarnati Daeng Kanang (46) sudah lebih dulu viral. Pasalnya, ia memamerkan sejumlah emas di tubuhnya setelah mendarat di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar di Kabupaten Maros pada 5 Juli 2023 untuk kloter pertama kepulangan jemaah haji Indonesia.

Jemaah haji perempuan ini diketahui pengusaha makanan yang aksinya direkam dan videonya viral di media sosial. Ia akhirnya berurusan dengan Bea Cukai untuk diperiksa berkaitan barang mewah bawaannya, lapor kanal Bisnis Liputan6.com per 11 Juli 2023.


Jemaah Haji Sibuk Bersolek

Viral Jemaah Haji Berdandan Nyentrik saat Pulang ke Tanah Air, Penuh Perhiasan
Viral jemaah haji sibuk dandan di pesawat saat akan mendarat. (Sumber: TikTok/ravidhams)

Pada 2022, kabar serupa juga jadi sorotan. Di sebuah video yang dibagikan akun TikTok @ravidhams, terlihat para jemaah haji wanita sibuk berdandan. Di rekaman tersebut, tampak emak-emak asyik bersolek, serta mengenakan baju warna-warni, lengkap dengan perhiasan emas sebagai aksesori, mulai dari gelang, kalung, hingga anting.

"Jemaah haji Bugis Makassar enggak ada lawan bestie wkwkwk," tulis si pemilik akun TikTok yang diduga sebagai awak kabin tersebut. Video ini pun mengundang ragam reaksi dari penghuni jagat maya. Salah satunya berkomentar, "Buset toko emas pindah ke pesawat."

"Percayalah klw di kampung mereka terlihat anggunly dan slayyy," yang lain menyambung. Ada juga warganet yang mengatakan bahwa itu merupakan hal yang biasa di Sulawesi Selatan. Ia menulis, "Bugis emas segunung juga dipake kalo ada. Bismillah nularrrrr."

Terdapat pula pengguna yang berkomentar, "Hahaha. Mau heran tapi saya orang Bugis dan keluargaku banyak begitu, terutama nenek puangku. Untung ibuku tidak begitu pas pulang haji dulu." Sementara yang lain menulis, "Mau heran, tapi mamaku dari 2004 rombongan nya juga begini."

Infografis Rangkaian Puncak Ibadah Haji 2023 dan Pergerakan Jemaah Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Rangkaian Puncak Ibadah Haji 2023 dan Pergerakan Jemaah Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya