Insiden Kuda Pengawal Raja Charles III Gigit Lengan Turis, Berujung Pingsan

Saat si turis berpose untuk foto, kuda Pengawal Raja Charles III tiba-tiba menggigit lengannya begitu keras hingga menarik wanita tersebut ke arahnya.

oleh Asnida Riani diperbarui 23 Jul 2024, 15:00 WIB
Diterbitkan 23 Jul 2024, 15:00 WIB
Pemandangan Langka bagi Turis, Penjaga Gerbang Istana Buckingham Inggris Menangis Saat Bertugas
Seorang Pengawal Raja yang sedang duduk di atas kuda tiba-tiba menangis saat berjaga di depan Istana Buckingham Inggris. (dok. Youtube Buska In The Park)

Liputan6.com, Jakarta - Seekor kuda Pengawal Raja Charles III direkam menggigit lengan seorang turis. Video yang dimaksud diambil di luar Household Cavalry Museum di pusat kota London, Inggris, Minggu, 21 Juli 2024.

Melansir The Sun, Selasa (23/7/2024), ini terjadi ketika wanita tersebut berusaha mendapatkan foto wisata klasik bersama Pengawal Raja. Klip viral di lintas media sosial menunjukkan si turis mengenakan topi baseball hitam dan kaus Pink Floyd saat berdiri di samping pengawal yang duduk di atas kuda.

Saat wisatawan itu berpose untuk fotonya, kuda tersebut tiba-tiba menggigit lengannya begitu keras hingga menarik wanita ini ke arahnya. Pelancong itu berteriak kesakitan dan menjauh dari hewan tersebut sebelum memeriksa lukanya. Saat seorang pria menggunakan cotton bud untuk mengobati gigitannya, ia tampak pingsan.

Perempuan itu kemudian terlihat duduk bersandar pada pagar saat ia mencoba pulih dari serangan tersebut. Pengawal Raja sempat terdengar berkata, "Bisakah Anda pergi dan memanggil petugas polisi?"

Sebenarnya sudah ada peringatan pada wisatawan bahwa kuda-kuda itu "mungkin akan menggigit" dan secara eksplisit memerintahkan mereka tidak menyentuh hewan tersebut. Pengawal Raja, yang sebelumnya dikenal sebagai Pengawal Ratu, telah lama jadi pusat perhatian dan daya tarik wisatawan di seluruh dunia.

Mereka terdiri dari tentara The Grenadier Guards, The Coldstream Guards, The Scots Guards, The Irish Guards, dan The Welsh Guards. Pasukan ini umumnya dikenal karena mengenakan busana merah cerah dan topi bulu beruang, seragam yang jadi salah satu simbol London yang paling dikenal.

Namun, rombongan tersebut bukan sekadar seremonial, karena mereka semua adalah prajurit sungguhan. Pengawal Raja umumnya tidak diperbolehkan berinteraksi dengan publik, tapi boleh memperingatkan jika mereka terlalu dekat atau mengacungkan bayonet bila orang di sekitar jadi agresif.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Upacara Pergantian Penjaga yang Ikonis

Prosesi Pergantian Penjaga Istana Buckingham
Orang-orang menyaksikan prosesi pergantian penjaga di Istana Buckingham, London, Senin (23/8/2021). Pergantian pasukan jaga yang dilengkapi dengan alat musik lengkap ala marching band tersebut berlangsung untuk pertama kalinya sejak dimulainya pandemi corona Covid-19. (AP Photo/Alberto Pezzali)

Penjagaan harus terus dilakukan, apapun cuacanya, kendati hujan menyebabkan topi bulu beruang mereka jadi lebih tebal dan cuaca panas mengakibatkan risiko serangan panas. Kerumunan besar lazim berkumpul untuk menyaksikan upacara Pergantian Penjaga di London.

Publik dapat melihat Pergantian Penjaga pada Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu antara bulan Agustus dan Mei. Tahun lalu, sebuah video menunjukkan seorang wanita lain yang kuncir kudanya digigit Kuda Blues and Royals. Klip serupa juga terekam saat seekor kuda menggigit jaket seorang perempuan.

Sementara awal bulan ini, pemandangan langka terjadi di depan gerbang Istana Buckingham. Seorang penjaga gerbang yang biasanya memasang wajah tegas dan tanpa emosi tiba-tiba menangis saat didekati dua orang dewasa.

Mengutip news.com.au, 8 Juli 2024, adegan itu terekam dalam video yang diunggah di akun Youtube Buska in The Park. Klip dimulai dengan memperlihatkan seorang penjaga istana duduk tegap di atas kudanya saat hujan turun di luar Istana Buckingham.


Penjaga Istana Menangis

Tampak samping Istana Buckingham di London, Inggris.
Tampak samping Istana Buckingham di London, Inggris. Dok: Tommy Kurnia/Liputan6.com

Meski begitu, para turis tetap ramai mengelilinginya ditingkahi suara sirene meraung-raung di jalan terdekat. Pemandangan ramai itu tidak menggoyahkannya. Ia tetap fokus berjaga meski banyak turis mendekat untuk berfoto dengannya di samping kudanya. Bahkan, ada yang mengelus hidung binatang itu.

Tiba-tiba penjaga yang sebelumnya tenang itu tersenyum dan terlihat berkaca-kaca saat dua orang dewasa mendekat. Turis lain yang memperhatikan berseru, "Itu ayahnya!"

Kedua orangtuanya mendekati penjaga gerbang yang ternyata seorang perempuan. Mereka membelai kudanya sambil mengobrol. Penjaga yang berlinang air mata kemudian terlihat tersenyum saat orangtuanya menoleh ke arahnya, dan ibunya membelai kaki putrinya.

Penjaga itu mengangguk ketika ditanyai pertanyaan oleh ibunya, sebelum menangis, menundukkan kepala ke depan, dan menggunakan sarung tangan putih untuk menyeka matanya. Momen singkat nan mengharukan itu diakhiri dengan mereka berpose untuk difoto oleh seorang turis.

Tahun lalu, seorang penjaga gerbang istana terekam bergerak beberapa langkah. Momen ini diunggah salah satunya oleh akun Instagram @mothershipsg pada 19 Juli 2023.

 


Momen Langka Penjaga Istana Buckingham

Antusias Penggemar Fanatik Keluarga Kerajaan
Penjagaan ketat anggota militer di dekat Istana Buckingham di pusat kota London, Selasa, 2 Mei 2023, (AP Photo/Vadim Ghirda)

Penjaga itu disebut melihat seorang bocah laki-laki bersama seorang pria ingin berfoto bersamanya. Momen langka ini terjadi kemungkinan besar karena si penjaga bersimpati pada anak laki-laki itu yang berkebutuhan khusus.

Saat ingin berfoto, ia disebut begitu gugup dan berhati-hati dengan pengawal kerajaan karena penampilannya yang begitu tegas. Remaja yang diketahui mengidap down syndrome ini juga berusaha menghormati pekerjaan sang pengawal.

Sang bocah dan ayahnya sempat terpana melihat kejadian yang sama sekali tidak disangka itu. Padahal sebelumnya, pria yang bersamanya sudah meminta bocah laki-laki itu tidak terlalu dekat dengan penjaga kerajaan itu saat ingin berfoto.

Setelah sempat terkejut, keduanya langsung berpose untuk berfoto. Mereka tentunya mendapatkan hasil foto yang lebih baik karena cukup dekat dengan si penjaga. Usai berfoto, si penjaga kembali bergeser beberapa langkah ke posisi semula. Tindakan yang dilakukan penjaga itu mendapat banyak respons positif dari sejumlah warganet.

Infografis 8 Urutan Pewaris Takhta Kerajaan Inggris Setelah Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis 8 Urutan Pewaris Takhta Kerajaan Inggris Setelah Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya