Kate Middleton Sempat Enggan Pakai Gelar Kerajaan yang Sama dengan Putri Diana

Kate Middleton, istri Pangeran William, mempertimbangkan untuk tidak menggunakan gelar Putri Wales yang sangat erat kaitannya dengan mendiang Putri Diana. Namun, Kate akhirnya menerima gelar tersebut sebagai bentuk penghormatan kepada suaminya dan Raja Charles.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 04 Agu 2024, 14:30 WIB
Diterbitkan 04 Agu 2024, 14:30 WIB
Kate Middleton di Royal Ascot
Kate Middleton bersama sang suami Pangeran William tiba dengan kereta pada hari keempat pertemuan pacuan kuda Royal Ascot. (John Walton/PA via AP)

Liputan6.com, Jakarta - Kate Middleton, istri Pangeran William, ternyata mempertimbangkan untuk tidak menggunakan gelar Putri Wales yang sangat erat kaitannya dengan mendiang ibu mertuanya, Putri Diana. Ini diketahui dari kutipan buku terbaru Robert Jobson, berjudul "Catherine, The Princess of Wales: A Biography of the Future Queen".

Mengutip laman People, Sabtu, 3 Agustus 2024, Jobson meulis bahwa Putri Kate akan mempertimbangkan menolak gelar kerajaan yang identik dengan mendiang ibu mertuanya ketika saatnya tiba suatu hari nanti. Jobson menyebut bahwa istri Pangeran William mempertimbangkan beratnya dibanding-bandingkan dengan Diana yang meninggal karena kecelakaan pada 1997 di usia 36 tahun.

"Dan dia benar," kata Jobson, menurut kutipan yang diterbitkan di Daily Mail pada 26 Juli 2024. Penulis menambahkan bahwa subjek tersebut bahkan dibahas di antara keluarga kerajaan.

Kate merasa semua pembicaraan itu menegangkan. Bahkan, sampai pada titik di mana ia merasa mungkin akan mengikuti Camilla yang memilih menjadi Duchess of Cornwall untuk menolak gelar itu, ketika saatnya tiba untuk dikenal sebagai Yang Mulia Princess of Wales, tulis Jobson.

Namun, ketika Raja Charles III naik takhta pada September 2022, Putri Kate menerima kenaikan jabatannya dengan lapang dada. Ini tak lain merupakan bentuk penghormatan kepada suaminya dan Raja.

"Sudah cukup lama berlalu untuk membuat gelar itu lebih mudah diterima, dan Catherine sudah cukup lama eksis di lingkup kerajaan sehingga diapresiasi atas kualitasnya sendiri," tulis Jobson dalam teks tersebut, yang akan diterbitkan di AS pada 6 Agustus 2024.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Keputusan Berat Kate Middleton Mengikuti Ratu Camilla

Kate Middleton Hadiri Trooping the Colour 2024
Kate Middleton tiba untuk upacara Trooping the Color di Horse Guards Parade, London, Sabtu (15/6/2024). (Yui Mok/PA via AP)

Lady Diana Spencer menjadi Putri Wales ketika ia menikah dengan calon Raja Charles pada 1981 dan dikenal hanya dengan sebagai Diana, setelah perceraian mereka pada 1996. Pangeran Wales telah menjadi gelar tradisional untuk pewaris takhta laki-laki sejak sekitar tahun 1301, dan Charles dianggap sebagai Pangeran Wales yang menjabat paling lama dalam sejarah sebelum ia naik takhta pada September 2022.

Ketika Charles menikahi calon Ratu Camilla pada 2005, istri barunya memilih untuk dikenal sebagai Duchess of Cornwall alih-alih Putri Wales sebagai bentuk penghormatan kepada Diana. Saat bertunangan dengan Kate pada 2010, Pangeran William menghormati mendiang ibunya dengan melamarnya menggunakan cincin pertunangan safir 18 karat yang terkenal dari Charles.

Selama wawancara pertunangan mereka, ia menekankan bahwa tidak ada tekanan pada tunangannya untuk menjadi Diana berikutnya. "Tidak ada yang mencoba menggantikan posisi ibu saya," kata Pangeran William. "Ini tentang mengukir masa depan dan takdir Anda sendiri, dan Kate akan melakukannya dengan sangat baik." 

Setelah kematian Ratu Elizabeth pada September 2022, Raja Charles menggunakan pidato pertamanya sebagai raja. Ia juga mengumumkan bahwa Pangeran William mengambil gelar Pangeran Wales, hingga otomatis menjadikan Kate sebagai Putri Wales yang baru.

 


Kate Middleton Selama Menjadi Putri Wales

Gaya Kate Middleton di Wimbledon 2024 Bawa Untung bagi Brand Sepatu UMKM Asal Inggris
Kate Middleton hadiri final tunggal putra Wimbledon 2024. (dok. ANDREJ ISAKOVIC / AFP)

Ketika William dan Kate mengambil gelar baru mereka, seorang sumber kerajaan memberi tahu People bahwa pasangan itu berfokus pada memperdalam kepercayaan dan rasa hormat rakyat Wales dari waktu ke waktu. Pangeran dan Putri Wales menjalankan peran mereka dengan cara yang sederhana dan rendah hati seperti yang mereka lakukan sebelumnya, kata sumber tersebut.

Saat Putri Kate menerima peran kerajaannya yang tinggi sebagai Putri Wales, seorang sumber kerajaan memberi tahu People, Putri Wales yang baru menghargai sejarah yang terkait dengan peran ini. Tetapi tentu saja ingin melihat ke masa depan saat ia menciptakan jalannya sendiri.

Putri Kate sering kali menghormati Putri Diana lewat mode dan bahkan mengungkapkan bahwa cincin pertunangannya sangat cocok untuknya. "Cincin yang sama," kata Putri Kate saat berjalan-jalan di Wales pada tahun 2023. 

Putri Wales menambahkan bahwa ia merasa terhormat mengenakan perhiasan tersebut. Ia mengatakan Putri Diana akan menjadi nenek yang luar biasa bagi ketiga anak William, Pangeran George (11), Putri Charlotte (9) dan Pangeran Louis (6). "Kami merindukannya setiap hari," kata Putri Kate.

 


Senyum Semringah Kate Middleton Tampil di Publik

Kate Middleton
Kate Middleton di final Wimbledon 2024. [Foto: Instagram/princeandprincessofwales]

Kate Middleton yang kini masih menjalani perawatan kanker, belum lama muncul ke hadapan publik. Ia menghadiri event yang pada tahun-tahun sebelumnya, begitu rajin ia hadiri, yakni Wimbledon.

Dilansir dari People, Senin, 15 Juli 2024, Putri Kate menghadiri pertandingan final tunggal putra Wimbledon 2024, yang digelar Minggu, 14 Juli 2024. Kate Middleton tak datang sendirian menyaksikan laga antara Carlos Alcaraz (Spanyol) versus Novak Djokovic (Serbia).

Sang Princess of Wales hadir bersama putrinya, Putri Charlotte, dan adiknya, Pippa Middleton. Ia tampak segar dengan gaun ungu cerah dan rambut digerai. Disebutkan bahwa begitu Kate terlihat menuju Royal Box—tempat duduknya di pertandingan ini—Kate Middleton mendapat tepuk tangan sorak sorai dari penonton yang hadir.

Bahkan tak sedikit hadirin yang berdiri dari tempat duduk untuk menyambutnya. Kate membalas sambutan hangat ini dengan senyum semringah dan lambaian tangan, kemudian duduk bersama Putri Charlotte dan Pippa.

 

Infografis Raja Charles III Didiagnosis Idap Kanker. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Raja Charles III Didiagnosis Idap Kanker. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya