Selebgram Lula Lahfah Bikin Heboh Bawa Rokok Elektrik sampai Diteriaki Haram Saat Umrah

Mendapati kritik publik, Lula Lahfah meminta maaf dan menjelaskan kejadian dirinya diteraki anak-anak di Madinah saat umrah karena membawa rokok elektrik.

oleh Asnida Riani diperbarui 05 Agu 2024, 12:00 WIB
Diterbitkan 05 Agu 2024, 12:00 WIB
Lula Lahfah
Lula Lahfah umrah. (dok. Instagram @lulalahfah/https://www.instagram.com/p/C-IJaEUtcCR/)

Liputan6.com, Jakarta - Kelakuan selebgram Lula Lahfah saat umrah tengah jadi perbincangan hangat di kalangan warganet. Itu bermula saat ia menceritakan pengalaman tidak terduga saat berada di Tanah Suci lewat siaran langsung di TikTok-nya, baru-baru ini, yang potongan klipnya kemudian dibagikan ulang sejumlah akun.

Di rekaman, perempuan berusia 25 tahun ini mengaku sempat diteriaki haram oleh anak-anak di Madinah. Mendapati itu, ia bingung dan terkejut karena baru pertama kali mengalaminya. "Gue diteriakin, 'Haram!' gara-gara gue megang pods, enggak lagi diisap gitu. 'Haram! Haram!'" katanya seraya tertawa.

Alih-alih mendapat simpati, Lula justru dikritik warganet. Tidak sedikit yang mengaku "tidak habis pikir," karena menilai selebgram itu seolah menganggap remeh ibadah umrah. Terlebih, ia tertawa-tawa saat menceritakan peringatan anak-anak di Madinah soal rokok elektrik tersebut.

Sadar akan komentar-komentar tersebut, ia meminta maaf melalui Instagram Story, Minggu, 4 Agustus 2024. "Aku nggak tahu. Maaf ya ini jadi pembelajaran banget," tulisnya. "Aku mau ngasih tahu juga kejadiannya, aku nggak ngepods di dalam atau plataran masjid. Kejadiannya di ruko ruko gitu, tapi ini juga tidak menjustifikasi perbuatan aku."

"Alhamdulillah ini umroh pertama aku dan belajar banyak banget dari sini. Makasih banyak buat semuanya yang sudah ngingetin ya," imbuh Lula. Sebagaimana diketahui, ia menjalani ibadah tersebut dengan sejumlah teman selebgram, termasuk Karin Novilda alias Awkarin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sosok Lula Lahfah

7 Momen Lula Lahfah Liburan Ke Norwegia, Lihat Pemandangan Indah Penuh Salju
Potret Lula Lahfah liburan ke Norwegia (sumber: Instagram/lulalahfah)

Lula mulai dikenal luas sejak viral usai hangout bersama Justin Bieber di Instagram, rangkum kanal Regional Liputan6.com per 29 November 2023. Pada 2013, ia terjun ke dunia tarik suara dengan merilis single perdana, Pergilah. Pada 2016, Roy Richardo mengajak Lula dan Gaga Muhammad menyanyikan lagu berjudul Panjat Social.

Ia kemudian mulai berakting dengan tampil di sinetron berjudul Kisah Cinta SMA. Lula juga berpartisipasi dalam acara Angling Sagaran dan Total Chaos, bekerja dengan nama-nama besar seperti Nikita Willy dan Ricky Harun.

Saat ini, Lula terus disibukkan dengan pekerjaannya sebagai kreator konten, YouTuber, dan seleb Instagram. Dari feed Instagram-nya, ia acap kali berbagi konten perjalanan, dengan mengunjungi banyak negara di dunia, seperti Jepang, Jerman, Italia, Inggris, Prancis, dan Spanyol.

Tahun lalu, ia jadi sorotan setelah menang dari Zara Adhisty di atas ring tinju dalam laga Superstars Knockout. Zara memuji kepiawaian lawannya dalam bertanding tinju, menyarankan agar Lula melanjutkan menekuni olahraga tinju, rangkum kanal Showbiz Liputan6.com, 18 November 2023.


Kontroversi Pesohor Lain Saat Umrah

Zita Anjani
Anak Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Zita Anjani, pamer minuman Starbucks, brand yang diboikot terkait genosida di Palestina oleh Israel, saat umrah. (dok. Instagram @zitaanjani/https://www.instagram.com/p/C5-1jQLJ-kg/)

Sebelum Lula, putri Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Zita Anjani, sudah lebih dulu jadi sasaran kritik karena pamer produk dari brand minuman yang diboikot publik karena dianggap terafiliasi dengan Israel saat penyerangan terhadap warga Palestina terus dilakukan secara tertubi-tubi. Yang lebih mencengangkan, itu dilakukan dengan menyertakan Masjidil Haram sebagai latar belakang foto.

Potret kontroversial itu dibagikan di antara sederet foto berbeda di akun Instagram pribadinya. Foto umrahnya semula normal, memperlihat kebersamaan dengan sejumlah anggota keluarga sebagai "tamu Allah." Ia terlihat memakai abaya hitam yang serasi dengan hijab panjangnya.

Wajahnya tetap dirias makeup, kendati tipis, terutama di bagian bibir. Ia memakai lipstik bernuansa coral yang ditata secara ombre. Komentar negatif publik banjir usai Zita mengunggah sebuah gambar pada Sabtu, 20 April 2024.

Ia menulis, "Lagi makan malam ehh ada yang kasih kopi, menurut kalian gimana guys? 🤔 #starbucks #mecca," memperlihatkan kemasan Starbucks. Tidak butuh waktu lama bagi publik untuk mengkritisinya. "Umroh bukan ibadah malah nyinyir, udah gitu kabahnya ditutup prodak pendukung genosida," kata seorang pengguna.


Jawab Kritik Publik

Zita Anjani
Anak Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Zita Anjani, umrah. (dok. Instagram @zitaanjani/https://www.instagram.com/p/C6G4jUULadT/)

Menanggapi kritik publik, Zita berbagi unggahan berbeda, memperlihatkannya berada di depan Ka'bah. Ia menulis keterangan panjang, berbunyi, "Jangan slide kalo kalian baperan dan belum siap buat terima kenyataan. 🥰 Sibuk huru-hara cuma karena satu brand, padahal masih banyak yang harus diperhatiin kalo emang mau full support."

"Coba cek di rumah, masih ada gak barang-barang yang harusnya kalian teriakkan 'boikot' juga? Padahal dalam Islam sendiri sudah jelas, mana yang haram dan halal dikonsumsi. 🥰 Sadar gak sih kalo masih banyak barang-barang di sekitar kita itu dari brand-brand yang masih support Israel?"

"Bahkan barang-barang yang sering banget kita pake seperti handphone, sabun, pakaian, atau sosmed yang kalian sering gunakan setiap hari itu sebenernya support pihak mana? Jadi jangan nanggung kalo mau support Palestine. Sekalian aja tuh ganti semua brand yang biasa kalian pake, jadi pake produk lokal semua, gimana? Buat perubahan lewat jalur ekonomi 🤑 bukan sekadar komentar penuh emosi. 😤"

"Nge-boikot satu brand karena ikut-ikutan gak bikin kalian semua jadi paling keren, coba dong terapin juga ke kehidupan kalian sehari-hari 💪🏽," tandasnya.

Infografis Perbedaan Rukun dan Wajib Haji dengan Rukun Umrah. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Perbedaan Rukun dan Wajib Haji dengan Rukun Umrah. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya