Gaya Mahal Paetongtarn Shinawatra, Perdana Menteri Termuda Thailand yang Ikuti Jejak Politik Sang Ayah

Di usia 37 tahun Paetongtarn Shinawatra menjadi Perdana Menteri termuda Thailand. Gaya kesehariannya mencuri perhatian mulai dari yang serius dengan office look hingga edgy dan santai dengan jins.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 16 Agu 2024, 19:00 WIB
Diterbitkan 16 Agu 2024, 19:00 WIB
Gaya Paetongtarn Shinawatra, Perdana Menteri Thailand termuda yang baru ditunjuk
Gaya Paetongtarn Shinawatra, Perdana Menteri Thailand termuda yang baru ditunjuk. (Dok: IG @ingshin21 https://www.instagram.com/ingshin21/)

Liputan6.com, Jakarta - Parlemen Thailand memilih Paetongtarn Shinawatra sebagai perdana menteri berikutnya menggantikan Srettha Thavisin yang beberapa waktu lalu dicopot dari jabatannya oleh Mahkamah Konstitusi akibat pelanggaran etika.

Mengutip dari kanal Global Liputan6.com, Jumat (16/8/2024), di usia 37 tahun Paetongtarn menjadi Perdana Menteri termuda Thailand. Ia juga menjadi wanita kedua yang menduduki jabatan tersebut, setelah bibinya Yingluck.

Proses pemilihannya dilakukan hanya dua hari, usai mantan PM Srettha Thavisin diberhentikan oleh Mahkamah Konstitusi. Publik tentu penasaran dengan sosoknya, diketahui Paetongtarn merupakan anggota keempat dari klan Shinawatra yang menjadi perdana menteri dalam dua dekade terakhir.

Tiga lainnya, termasuk ayahnya Thaksin Shinawatra dan bibi Yingluck, digulingkan oleh kudeta militer dan putusan pengadilan konstitusi. Pengangkatan Paetongtarn dianggap sebagai penanda yang jelas tentang betapa terbatasnya kekuasaan pemerintah terpilih di negara Gajah Putih tersebut.

Paetongtarn mengatakan bahwa ia mengagumi pekerjaan Srettha, serta menganggap pemecatannya begitu disayangkan. "Kami berkumpul di sini hari ini untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa kami bertekad, bersemangat, dan siap untuk memajukan negara ini," katanya kepada media pada Kamis (15/8/2024) seperti melansir dari BBC. 

Di luar dari penunjukkannya sebagai PM Thailand yang baru. Gaya Paetongtarn Shinawatra dalam keseharian maupun saat bekerja selalu mencuri perhatian, berikut yang dirangkum Tim Lifestyle Liputan6.com dari Instagram pribadinya @ingshin21.

1. Busana Bermotif

Mengulik lebih jauh laman Instagram pribadinya yang terverifikasi, dapat dilihat gaya keseharian Paetongtarn. Salah satunya ia tampak sering mengenakan busana pattern atau bermotif, seperti saat ia pergi liburan ke Jepang maupun saat santai.

Style ini tampak diimbangi juga dengan tatanan rambut lebih kasual, dijepit maupun dikuncir ke belakang. Pilihan warnanya juga serasi dalam balutan hitam yang dalam situasi apapun terlihat cocok. Selain itu, tampak gaya mahalnya didominasi dari rintisan barang bermerek dengan logonya bertebaran di mana-mana.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Office Look dengan Blazer

Gaya Paetongtarn Shinawatra, Perdana Menteri Thailand termuda yang baru ditunjuk. (Dok: IG @ingshin21 https://www.instagram.com/ingshin21/)
Gaya Paetongtarn Shinawatra, Perdana Menteri Thailand termuda yang baru ditunjuk. (Dok: IG @ingshin21 https://www.instagram.com/ingshin21/)

Sebagai wanita karier, Paetongtarn Shinawatra tampak mengandalkan blazer bersama celana berpipa lurus untuk bekerja. Tapi terkadang ia juga menempatkan atasan kemeja maupun blazer dengan rok pensil yang tampak manis.

Jika susananya resmi, tampilan rambutnya diikat rapi. Tak ada aksesori yang menonjol, selain anting-antingnya atau gelang. 

Dalam satu tampilan blazer, Paetongtarn pernah memilih nuansa etnik dengan motif tradisional yang mirip dengan tenun di Indonesia. Tapi sering juga wanita yang punya riwayat pendidikan di sekolah-sekolah elit di Thailand dan di universitas di Inggris tersebut memilih warna polos yang cenderung terang seperti kuning atau lilac. 

Sebelum masuk ke politik, diketahui ia menghabiskan beberapa tahun bekerja di grup hotel Rende milik keluarga Shinawatra. Di perusahaan itu, suaminya menjabat sebagai wakil kepala investasi. Paetongtarn bergabung dengan Pheu Thai pada tahun 2021 dan diangkat menjadi pemimpin partai pada bulan Oktober 2023.


3. Jaket Kulit

Gaya mahal Paetongtarn Shinawatra, Perdana Menteri Thailand termuda yang baru ditunjuk. (Dok: IG @ingshin21 https://www.instagram.com/ingshin21/)
Gaya mahal Paetongtarn Shinawatra, Perdana Menteri Thailand termuda yang baru ditunjuk. (Dok: IG @ingshin21 https://www.instagram.com/ingshin21/)

Selain terjun ke politik dan sudah menjadi seorang ibu, Paetongtarn tetap terlihat menunjukkan jiwa mudanya. Ia senang memakai baju-baju kasual, termasuk jaket kulit yang tampak keren ketika ia berfoto di salah satu jembatan terkenal.

Tapi bukan sekadar jaket kulit, jaket warna hitam itu merupakan keluaran sebuah brand mewah. Ia menambahkan di dalamnya kemeja monogram dari LV yang dipadu lagi lapisan inner untuk menghangatkan tubuh.

"Hello Productive weeekk!" tulisnya di kolom komentar.

Paetongtarn juga mengenakan kacamata oval, serta sling bag hitam yang tak diketahui dari rilisan brand mana. Tak kalah mentereng, sepatu flat berpalet krem yang dipakainya adalah keluaran dari LV. Nuansa yang serba kasual tapi berkelas itu diikuti pemakaian jins berpattern dan rambut yang dikuncir ke belakang.

"So Beautiful!," tulis seorang warganet memberi komentar tentang gayanya yang santai. Ada banyak yang berkomentar namun rata-rata memakai aksara Thai atau kerap disebut akson Thai. 


4. Celana Jins Kasual

Gaya kasual Paetongtarn Shinawatra, Perdana Menteri Thailand termuda yang baru ditunjuk. (Dok: IG @ingshin21 https://www.instagram.com/ingshin21/)
Gaya kasual Paetongtarn Shinawatra, Perdana Menteri Thailand termuda yang baru ditunjuk. (Dok: IG @ingshin21 https://www.instagram.com/ingshin21/)

Tak hanya sekali dua kali, Paetongtarn tampak senang bergaya kasual dengan jins. Salah satunya saat berfoto di depan Kensington Gardens, yaitu taman pribadi Istana Kensington yang termasuk di antara Taman Kerajaan London, Inggris.

"Bertemu denganmu seperti mendengarkan sebuah lagu untuk pertama kalinya dan tahu itu akan menjadi lagu favoritku 😝🥐🍫🍪 #ไปเรื่อย #ingsaway," terjemahan dari keterangan foto yang ia unggah di Instagram pribadinya pada 22 Mei 2024. 

Ia tampil memakai jins model high waist yang dipadu jaket dengan aksen kantong berwarna cokelat. Di dalam jaket, ia tampak mengenakan T-Shirt bergambar, lalu menyampirkan tas Hermes warna abu-abu di lengannya. 

Di potret tersebut ia memakai kaca mata berbentuk oval. Dalam tatanan rambut terurai bersama bando dan aksesori anting dengan lambang plus warna hijau. Tak terlihat jenis alas kaki apa yang ia kenakan, lantaran celana jinsnya tampak menutupi sepatunya. 

Infografis Ragam Material Fesyen Berkelanjutan
Macam-macam material fesyen berkelanjutan. (dok. Liputan6.com/Trie Yasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya