Layanan Pengujian Lab Makanan Minuman dan Pertanian yang Akurat Tersertifikasi Standar Internasional

Alvalab, perusahaan penyedia jasa yang berspesialisasi dalam layanan pengujian laboratorium makanan, minuman (F&B), dan pertanian (agriculture) yang komprehensif, mengumumkan peluncuran resminya.

oleh Tim Lifestyle diperbarui 14 Sep 2024, 23:38 WIB
Diterbitkan 03 Sep 2024, 21:37 WIB
Layanan Pengujian Lab Makanan Minuman dan Pertanian yang Akurat Tersertifikasi Standar Internasional
Layanan Pengujian Lab Makanan Minuman dan Pertanian yang Akurat Tersertifikasi Standar Internasional. foto: istimewa

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan nasional produsen bahan baku makanan, bumbu perisa alami, dan Minyak Atsiri kebanggaan Indonesia Nekaboga dan Nekaroma, turut berpartispasi dalam event bergengsi skala global Food Ingredients (FI) Asia di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, selama 3 (tiga hari) hari di tanggal 4 – 6 September 2024.

Pada kesempatan yang sama, unit bisnis lainnya, Alvalab, perusahaan penyedia jasa yang berspesialisasi dalam layanan pengujian laboratorium makanan, minuman (F&B), dan pertanian (agriculture) yang komprehensif, dengan bangga mengumumkan peluncuran resminya. Ketiga perusahaan tersebut, baik Nekaboga, Nekaroma, dan Alvalab merupakan layanan unit bisnis PT. Natura Perisa Aroma (NPA).

“Sejak awal berdiri, perusahaan kami selalu konsisten menggunakan berbagai bahan alami. Kami memiliki rekam jejak yang terbukti dalam menyediakan berbagai industri dengan produk dan layanan berkualitas tinggi. Kami juga memasok rempah-rempah, herbal, aromachemical (senyawa aromatik), dan Minyak Atsiri bagi produsen makanan, penyedia layanan makanan, industri non-makanan, dan perusahaan ritel,” terang Billy Laurence, Managing Director NPA.

Lebih lanjut Billy menjelaskan bahwa perusahaan memanfaatkan sistem sumber bahan sustainable ecosystem untuk memilih bahan-bahan terbaik dari seluruh Indonesia melalui pembentukan ekosistem yang berkelanjutan, mulai dari pengadaan bibit melalui kemitraan yang bertumbuh dan berkembang secara bersama-sama dengan para petani sebagai pemasok.

Sustainable ecosystem ini menjadi komitmen Perusahaan untuk terus berkembang secara berkelanjutan seperti yang sudah terangkum dalam NPA Sustainability Report 2024. Hasilnya adalah berbagai produk luar biasa yang berkelanjutan dengan standar global dan melampaui harapan. Berbekal pengalaman lebih dari 30 tahun, Nekaboga menyediakan berbagai macam produk yang semuanya bersumber dari bahan-bahan alami dan diproses menggunakan teknologi modern. Seluruh produk dibuat dengan hati-hati dan penuh komitmen, dan sebagai jaminan yang memberikan kualitas yang dipercaya.

Selain Nekaboga, pada 2022 untuk menangani rempah-rempah, ada Nekaroma yang memproduksi Minyak Atsiri atau dikenal juga sebagai minyak esensial (essential oil). Saat ini, seluruh produk-produk Nekaboga dan Nekaroma telah mendapatkan sertifikasi dari FSSC 22000.

Sertifikasi tersebut merupakan standar yang diakui secara internasional untuk keamanan pangan, yang melindungi merek dan menjaga kesehatan masyarakat, karena bahaya dan insiden keamanan pangan kerap terjadi di setiap tahap rantai pasokan pangan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mempermudah Layanan Secara Sistematis

Layanan Pengujian Lab Makanan Minuman dan Pertanian yang Akurat Tersertifikasi Standar Internasional. foto: istimewa
Layanan Pengujian Lab Makanan Minuman dan Pertanian yang Akurat Tersertifikasi Standar Internasional. foto: istimewa

Adanya kebutuhan untuk meningkatkan kapasitas in-house laboratory dari Nekaboga dan Nekaroma menjadi cikal bakal pendirian unit bisnis Alvalab. Dijelaskan Billy, “Sejak awal kami memang telah memiliki laboratorium internal namun kedepannya, kami melihat bahwa regulasi dan kebutuhan atau kewajiban sertifikasi bagi industri makanan dan minuman semakin tinggi. Untuk itulah, kami kemudian mengembangkan unit bisnis penyedia layanan lab testing ke pihak eksternal.”

Sebagai penyedia layanan lab testing, Alvalab menerapkan nilai-nilai penting dalam pelayanan, Accurate, Advance, dan Attentive atau Akurat, Terdepan, dan penuh Selain itu, Alvalab juga memiliki fasilitas yang canggih dan tim ahli yang berdedikasi penuh untuk memberikan hasil yang tepat dan dapat diandalkan serta memberdayakan bisnis untuk memenuhi standar industri dan ekspektasi konsumen.

Alvalab secara proactive mempermudah layanan secara sistematis, terintegrasi digital melalui LIMS (Laboratory Information Management System) yakni sistem manajemen data, otomatisasi, dan regulasi laboratorium, bagi konsumen untuk memilih kebutuhan lab testing yang dibutuhkan serta mendekatkan diri kepada konsumen/user dengan menyebar beberapa titik mailbox station untuk penyerahan sample test.

"Kami sangat senang dapat memperkenalkan Alvalab ke pasar. Partisipasi kami dalam acara bergengsi ini menggarisbawahi komitmen kami untuk mendukung sektor makanan dan minuman dengan solusi pengujian laboratorium yang inovatif dan efisien. Kami berharap dapat menjalin hubungan yang berharga dan berkontribusi pada kemajuan industri ini,” kata Billy.


Mengutamakan Penggunaan Energi Terbarukan

Layanan Pengujian Lab Makanan Minuman dan Pertanian yang Akurat Tersertifikasi Standar Internasional.
Layanan Pengujian Lab Makanan Minuman dan Pertanian yang Akurat Tersertifikasi Standar Internasional. foto: istimewa

Alvalab mengusung metodologi yang paling update atau terbaru untuk hasil yang akurat dan terpercaya. Alvalab juga mengusung kecepatan yang bisa dipantau secara real time. LIMS yang terintegrasi, digunakan untuk mengelola sampel laboratorium dan data terkait secara efektif, sehingga menstandardisasi operasi dengan memelihara dan mengotomatiskan alur kerja, mengelola pengujian, dan menangani prosedur pelaporan.

Keunggulan lain yang dimiliki Alvalab adalah mengutamakan penggunaan Renewable Energy (Energi Terbarukan) serta penerapan Sustainable Practices (Praktek Berkelanjutan), reduce, reuse, dan recycle, seperti menggunakan kembali mikrobiologi laboratorium yang tersterilisasi, mengurangi penggunaan listrik dengan solar panel, dan mengurangi penggunaan kertas hingga recycle penggunaan plastik, efisiensi penggunaan masker, dan sarung tangan.

Berlokasi di Jalan Ir Sutami Km 9 Sukanegara Kecamatan Tanjung Bintang, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, laboratorium yang sudah tersertifikasi internasional oleh ISO 17025 dan terakreditasi KAN ini memiliki titik drop off point di Lampung, Jakarta, Surabaya, dan Pontianak.

 

Infografis Program Makan Bergizi Gratis Prabowo-Gibran Telan Anggaran Rp 71 Triliun. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Program Makan Bergizi Gratis Prabowo-Gibran Telan Anggaran Rp 71 Triliun. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya