Tradisi Menamai Cucu Jokowi Minimal 3 Suku Kata Berlanjut, Terbaru Bebingah Anak Erina Gudono dan Kaesang Pangarep

Jika diperhatikan, nama cucu Jokowi tidak pernah kurang dari tiga suku kata. Terbaru, anak Erina Gudono dan Kaesang Pangarep yang dinamai Bebingah Sang Tansahayu.

oleh Dinny Mutiah diperbarui 15 Okt 2024, 15:00 WIB
Diterbitkan 15 Okt 2024, 15:00 WIB
8 Gaya Bucin Kaesang dan Erina Gudono yang Selalu Kompak di Berbagai Kesempatan
Bak couple ningrat, Erina memadukan kebaya putih sederhana dengan selendang merah. Senada dengan sang istri, Kaesang memilih kemeja batik warna merah pula. [Instagram/kaesangp/erinagudono]

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Iriana kini memiliki enam cucu setelah kelahiran anak pertama Erina Gudono dan Kaesang Pangarep pada hari ini, Selasa (15/10/2024). Mengikuti sepupu-sepupunya, namanya pun terdengar unik dan tak biasa.

Bebingah Sang Tansahayu adalah nama yang diberikan untuk bayi perempuan yang lahir lewat bedah caesar sekitar pukul 07.02 WIB. Saat lahir, beratnya mencapai 3,4 kilogram dengan panjang 50 cm.

"Alhamdulilah, telah lahir anak kami saya dan Erina. Alhamdulillah sehat," kata Kaesang dalam jumpa pers di RSU Bunda Jakarta, Menteng, Jakarta Pusat. "Kami juga sudah memberikan nama. Namanya Bebingah Sang Tansahayu," sambungnya.

Bebingah, menurut Kaesang, artinya yang membuat bahagia. Sementara, Sang Tansahayu menggabungkan dua kata, yakni tansah yang berarti senantiasa, dan ayu yang secara sederhana berarti cantik. Secara keseluruhan, kata itu bermakna dia yang selalu cantik dalam tutur kata, paras, dan semuanya. Lewat nama tersebut, tersemat doa dan harapan agar sang putri yang juga cucu Jokowi itu menjadi wanita sumber kebahagiaan keluarga. 

Nama indah itu mengambil kata dari bahasa Jawa. Menurut Kaesang, sang istri yang merangkai nama tersebut. "Yang buat istri saya, nama semua dari istri saya," tuturnya.

Sang ayah sempat mendatangi rumah sakit sebelum proses persalinan. Namun, Jokowi dikatakan belum sempat melihat paras putrinya karena harus segera berangkat untuk kunjungan kerja ke Aceh. "Jadi, mungkin nanti lagi baru berkunjung," kata Kaesang.

 

Jan Ethes Srinarendra

Jokowi
Presiden Jokowi dan Ibu Negara, Iriana, mengajak Jan Ethes serta La Lembah Manah piknik ke TMII Jakarta. Mereka mencoba beragam wahana bermain. (Foto: Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden dari Instagram @jokowi)

Tradisi menamai cucu Jokowi secara unik dimulai sejak kelahiran Jan Ethes Srinarendra, anak pertama pasangan Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda. Bocah lelaki itu lahir pada 10 Maret 2016 di RS PKU Muhammadiyah, Solo.

Jan memiliki arti sangat, Ethes berarti cekatan, dan Srinarendra berarti pemimpin yang cerdas. Menurut Gibran, nama tersebut diberikan oleh sang ayah. Setelah memasuki usia 4 tahun, sosok bocah yang kerap dipanggil Ethes ini kerap menarik perhatian dengan tingkahnya yang menggemaskan.

Sedah Mirah Nasution

Sedah Mirah Nsution merupakan putri pertama dari pasangan anak kedua Jokowi, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Ia lahir di rumah sakit yang sama dengan adik lelakinya, pada 1 Agustus 2018 di Jakarta.

Berasal dari bahasa Jawa, Sedah Mirah berarti menawan, salihah, dan dermawan sehingga kedua orangtuanya memiliki harapan agar putrinya kelak menjadi anak menawan, salihah, dan dermawan bagi orang-orang di sekitarnya. Sementara, Nasution merupakan marga dari sang ayah.

 

La Lembah Manah

Tradisi Menamai Cucu Jokowi Minimal 3 Suku Kata Berlanjut, Terbaru Bebingah Anak Erina Gudono dan Kaesang Pangarep
Presiden Jokowi momong ketiga cucunya dari Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution, yakni Sedah Mirah, Panembahan Al Nahyan Nasution, dan Panembahan Al Saud Nasution. (dok. Instagram @ayangkahiyang/https://www.instagram.com/p/C5s2IDarAzI/?img_index=1/Dinny Mutiah)

La Lembah Manah menjadi cucu ketiga Jokowi yang lahir pada 15 November 2019. Anak kedua pasangan Gibran dan Selvi itu lahir melalui operasi caesar pada pukul 15.46 WIB di RS PKU Muhammadiyah Solo.

Gibran menyampaikan arti Lembah Manah yang berarti rendah hati. Sedangkan, La-nya adalah singkatan dari Luwes anakku, lomo anakku. Luwes dan lomo merupakan bahasa Jawa. Luwes bermakna fleksibel, cepat beradaptasi, dan lomo bermakna senang berbagi.

Panembahan Al Nahyan Nasution

Bobby tak serta merta menjelaskan makna nama Panembahan. Tetapi jika membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia, panembahan bisa berarti Raja atau yang Dipertuan. Nama tersebut juga sangat erat dengan gelar yang melekat pada pendiri Kesultanan Mataram, yakni Panembahan Senopati.

Sementara, Al Nahyan diambil dari Bahasa Arab yang berarti seseorang yang bijak. Nama ini juga menjadi salah satu marga terhormat di Uni Emirat Arab. 

Nahyan, biasa dipanggil, adalah sosok yang paling mencuri perhatian dalam upacara pernikahan sang paman, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, pada 10 Desember 2022. Tingkahnya yang tak ingin memakai baju pesta seketika membuat banyak orang geleng-geleng kepala.

 

Panembahan Al Saud Nasution

Tradisi Menamai Cucu Jokowi Minimal 3 Suku Kata Berlanjut, Terbaru Bebingah Anak Erina Gudono dan Kaesang Pangarep
Kahiyang Ayu bermain dengan putra ketiganya, Panembahan Al Saud Nasution. (dok. Instagram @ayangkahiyang/https://www.instagram.com/p/C5s2IDarAzI/?img_index=1/Dinny Mutiah)

Sementara itu, cucu kelima Jokowi lahir di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta Selatan, pada Kamis, 25 Agustus 2022, melalui operasi caesar. Ia terlahir sehat dengan berat badan 3,49 kilogram dan panjang badan 48 centimeter.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana menjemput cucu kelimanya di Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI), Jakarta Selatan, Sabtu, 27 Agustus 2022. Dalam kesempatan tersebut, nama cucu kelima Jokowi resmi diumumkan.

Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu menyampaikan bahwa anak ketiganya itu diberi nama Panembahan Al Saud Nasution. Nama tersebut hampir mirip dengan anak keduanya, Panembahan Al Nahyan Nasution.

Mengutip kanal News Liputan6.com, Kahiyang Ayu menyampaikan bahwa nama tersebut memiliki arti yang baik bagi sang anak. "Artinya yang baik-baik untuk anak kami," ujar Kahiyang.

Merujuk Kamus Besar Bahasa Indonesia, panembahan bisa berarti Raja atau yang Dipertuan. Nama tersebut juga sangat erat dengan gelar yang melekat pada pendiri Kesultanan Mataram, yakni Panembahan Senopati. Sementara, Al Saud adalah nama dinasti yang berkuasa di Arab Saudi hingga saat ini.

Infografis Jokowi dan Keluarga Dilaporkan Kolusi-Nepotisme ke KPK. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jokowi dan Keluarga Dilaporkan Kolusi-Nepotisme ke KPK. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya