Rapat Ikada Diperingati

Rapat akbar Ikada yang berlangsung 56 tahun lampau diperingati di Jakarta. Sebuah pelajaran berharga untuk negeri yang rentan terpecah belah.

oleh Liputan6 diperbarui 20 Sep 2001, 22:07 WIB
Diterbitkan 20 Sep 2001, 22:07 WIB
200901aikada.jpg
Liputan6.com, Jakarta: Sebuah rapat bisa menjadi pelajaran berharga. Itulah rapat raksasa Ikada, peristiwa yang terjadi 56 tahun silam. Rapat ini bisa menjadi contoh agar bangsa Indonesia tak terpecah belah. Rapat yang memperkokoh mempersatuan bangsa dalam negara kesatuan bangsa ini Rabu (19/9) diperingati di Jakarta.

Rapat Ikada yang berlangsung 19 September 1945 ini memang mengemban misi persatuan dan kesatuan bangsa. Gubernur Sutiyoso yang menjadi pemimpin upacara dalam peringatan rapat Ikada menyatakan, generasi sekarang harus mengambil hikmah dari rapat Ikada, sehingga tak akan terjadi disintegrasi bangsa. Sutiyoso juga menegaskan, untuk mengikuti perkembangan rakyat, pemerintahan bisa saja diubah-ubah, namun tetap dalam negara kesatuan Republik Indonesia.(RSB/Edi Priyono dan Johny Akbar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya