Jokowi Dinilai Punya Konsep Matang Tingkatkan Kesejahteraan Lewat Infrastruktur

Kehadiran infrastruktur yang digagas Presiden Jokowi ini dinilai sebagai langkah yang efektif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

oleh Liputan6.com diperbarui 26 Okt 2022, 20:30 WIB
Diterbitkan 26 Okt 2022, 07:45 WIB
Infrastruktur Jalan Tol Trans Jawa Buka Peluang Wisata One Day Tour
Presiden Jokowi di Gerbang Tol Probolinggo Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dinilai mempunyai konsep yang matang dalam merealisasikan pembangunan infrastruktur yang merata di daerah. Berkat kehadiran infrastruktur di era Pemerintahan Jokowi, kesejahteraan masyarakat diklaim terus meningkat.

Keberhasilan Jokowi menghadirkan infrastruktur untuk mendorong kesejahteraan masyarakat ini diapresiasi Akademisi Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) Iwan Alfanie. Menurutnya, pemerataan pembangunan infrastruktur di daerah-daerah mampu mendongkrak perekonomian masyarakat.

“Kita lihat Jokowi punya konsep bagaimana hari ini dengan pembangunan infrastruktur membuat dan menunjang pertumbuhan ekonomi,” kata Iwan dalam keterangan tertulis, Rabu (26/10/2022).

Kehadiran infrastruktur yang digagas Jokowi ini dinilai sebagai langkah yang efektif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain mampu menghadirkan keadilan sosial bagi masyarakat, juga mampu mendorong peningkatan ekonomi rakyat.

“Memang benar di era Pak Jokowi ini kenapa lebih fokus kepada infrastruktur yaitu untuk keadilan sosial dan keadilan ekonomi. Tidak hanya keadilan sosial, tapi keadilan ekonomi,” katanya.

Keberadaan infrastruktur ini dapat memudahkan mobilisasi orang dan barang dari desa ke kota, maupun sebaliknya. Sehingga hal tersebut membawa dampak positif khususnya bagi kesejahteraan masyarakat.

“Dan di sisi lain keadilan ekonomi bagaimana hari ini semua hasil-hasil masyarakat di pelosok daerah bisa dinikmati masyarakat kota dengan adanya pembangunan infrastruktur di era Jokowi,” pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jokowi Tinjau Progres Sejumlah Infrastruktur di Kawasan IKN

Presiden Joko Widodo atau Jokowi
Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau pembangunan infrastruktur kawasan IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Selasa (25/10/2022). (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Selasa (25/6/2022). Jokowi diagendakan membagikan bantuan sosial (bansos) hingga meninjau sejumlah infrastruktur yang ada di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi dan rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, pada pukul 07.05 WIB, dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Dia tiba di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, sekitar pukul 09.55 WITA.

Jokowi kemudian langsung melanjutkan perjalanan menuju Pasar Klandasan Kota Balikpapan. Di lokasi itu, dia akan menyerahkan bantuan tunai langsung (BTL) kepada para pedagang pasar dan pedagang kaki lima yang ada di kawasan tersebut.

Selain itu, Jokowi direncanakan menyerahkan sejumlah bantuan sosial kepada para penerima manfaat di Kantor Pos Cabang Balikpapan Kota Balikpapan. Bantuan sosial yang diserahkan antara lain, bantuan langsung tunai (BLT) bahan bakar minyak (BBM) dan bantuan subsidi upah (BSU).

Setelah itu, Jokowi akan menuju Pelabuhan Semayang Kota Balikpapan, untuk lepas sauh menuju Kabupaten Penajam Paser Utara dengan menggunakan KRI Escolar 871.

Setibanya di Pelabuhan Cita Sabut Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Jokowi dan rombongan akan menuju Titik Nol (0) Ibu Kota Nusantara (IKN), yang ada di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya