PR Tito Karnavian, Kasus Polisi Bunuh Diri dan Pembunuhan

Jenjang karir yang tidak transparan diduga menjadi salah satu penyebab polisi bunuh diri.

oleh Taufiqurrohman diperbarui 23 Jun 2016, 13:24 WIB
Diterbitkan 23 Jun 2016, 13:24 WIB
Komjen Pol Tito Karnavian saat mengikuti fit and proper test di Komisi III DPR
Komjen Pol Tito Karnavian saat mengikuti fit and proper test di Komisi III DPR

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu media dihebohkan dengan pemberitan beberapa polisi bunuh diri dan terlibat pembunuhan. Beban kerja dan jenjang karir yang tidak transparan diduga menjadi penyebab para polisi tersebut nekat bunuh diri dan bahkan terlibat pembunuhan.

"Polisi bunuh diri, polisi membunuh keluarganya ini PR bagi calon Kapolri," ujar anggota DPR Fraksi Gerindra Wihadi Wiyanto, dalam uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri, di Senayan, Kamis (23/6/2016).

Wihadi menduga penyebabnya adalah tingkat stres anggota polisi yang cukup tinggi. Dia melihat peristiwa bunuh diri banyak terjadi di satuan Reserse dan Lalu Lintas.

"Ternyata polisi yang bunuh diri itu paling banyak dari Reserse dan Polantas, ada apa dengan itu?" terang Wihadi.

Dia menduga stres tersebut dipicu karena beban kerja yang berat. Dugaan lain adalah jenjang karir yang tidak transparan.

"Ini menjadi tantangan Kapolri baru. Ini menjadi perhatian kita bahwa jangan sampai ada anggapan polisi yang seharusnya mengayomi malah rentan bunuh diri," kata Wihadi.

"Bagaimana dia mengayomi masyarakat kalau dia rentan melakukan bunuh diri. Perlu adanya sistem pendeteksian secara dini agar hal itu dapat terhindarkan," Wihadi menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya