Komitmen ESG Dukung Agenda SDGs, Avrist Assurance Resmikan Fasilitas Air Bersih di Sukabumi

Avrist Assurance menegaskan komitmen pada prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) dengan mendukung agenda Sustainable Development Goals (SDGs) dengan meresmikan program Pembangunan Fasilitas Air Bersih di Kampung Cileungsir, Sukabumi.

oleh Tim News diperbarui 11 Jul 2024, 20:01 WIB
Diterbitkan 10 Jul 2024, 17:50 WIB
Avrist Assurance menegaskan komitmen pada prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) dengan mendukung agenda Sustainable Development Goals (SDGs) dengan meresmikan program Pembangunan Fasilitas Air Bersih di Kampung Cileungsir, Sukabumi.
Avrist Assurance menegaskan komitmen pada prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) dengan mendukung agenda Sustainable Development Goals (SDGs) dengan meresmikan program Pembangunan Fasilitas Air Bersih di Kampung Cileungsir, Sukabumi. (Ist)

Liputan6.com, Jakarta - Air merupakan salah satu elemen penting bagi kehidupan manusia, mulai dari menjaga fungsi tubuh, pemenuhan kebutuhan makan dan minum, kegiatan rumah tangga, hingga penggerak ekonomi. Namun, akses terhadap air bersih masih menjadi tantangan di beberapa daerah di Indonesia.

Merespons hal ini, Avrist Assurance kembali menegaskan komitmen pada prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) dengan mendukung agenda Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya pilar Air Bersih dan Sanitasi Layak.

Sebagai bentuk dukungan terhadap prinsip ESG, Avrist Assurance meresmikan program Pembangunan Fasilitas Air Bersih di Kampung Cileungsir, Desa Sindangresmi, Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat (Jabar) pada Kamis 4 Juli 2024.

Peresmian dihadiri oleh VP Distribution Support & Corporate Communications Avrist Assurance Eries Taqwa Rakhman, Kepala Desa Sindangresmi Yan Mardiyana, Kepala Dusun Kubang Kampung Cileungsir Saiful Azis, serta beberapa perwakilan karyawan Avrist dan warga setempat.

"Kami berharap fasilitas air bersih ini dapat membantu warga sekitar dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, memberikan dampak positif bagi kesehatan dan kesejahteraan mereka, serta mengurangi risiko penyakit yang disebabkan oleh air yang tidak bersih," ujar VP Distribution Support & Corporate Communications Avrist Assurance Eries Taqwa Rakhman, melalui keterangan tertulis, Rabu (10/7/2024).

Dia menjelaskan, bekerja sama dengan Kitabisa, Avrist Assurance melakukan pengeboran sumur di titik sentral desa, memasang toren air lengkap dengan kerannya, serta memasang filter air minum langsung dari sumber air.

"Sumur ini menjadi solusi efektif dan efisien bagi warga dalam mengakses air bersih dan air minum," kata Eries.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Buat Kelompok Masyarakat Urus Kebersihan

Penyaluran air bersih ke warga terdampak kekeringan di Aceh Besar. (Istimewa)
Penyaluran air bersih ke warga terdampak kekeringan di Aceh Besar. (Istimewa)

Eries menjelaskan, untuk memastikan keberlangsungan fasilitas ini, telah dibentuk kelompok masyarakat yang bertugas mengurus kebersihan dan pemeliharaan fasilitas.

Dia menyebut, Avrist juga melakukan edukasi kepada warga terkait penggunaan sumur serta memastikan keamanan air yang telah difilter melalui permainan sederhana. "Kami menghimbau bahwa kebersihan dan kelangsungan fasilitas air bersih ini menjadi tanggung jawab kita bersama, agar dapat terus dirasakan oleh generasi berikutnya," tutur Eries.

Menurut dia, pembangunan fasilitas air bersih ini merupakan manifestasi semangat Advancing Life yang diusung Avrist, di mana, perusahaan berkomitmen menjalankan bisnis berkelanjutan yang memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan dan masyarakat, demi kualitas hidup yang lebih baik di masa depan.

Desa Sindangresmi di Jampang Tengah, Sukabumi, Jawa Barat, merupakan salah satu desa yang sering mengalami kekeringan. Warga setempat mengandalkan curah hujan untuk menampung air bersih atau mengambilnya dari sungai terdekat dengan jarak tempuh 700 hingga 1 kilometer.

"Air ini digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari minum, memasak, mandi, hingga mencuci," jelas Aries.

Infografis Manfaat Mandi Air Dingin dan Panas
Infografis Manfaat Mandi Air Dingin dan Panas. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya