Mendadak ke Istana Malam-Malam, Para Menteri Bahas Ini

Berbagai event internasional seperti Asian Games dan IMF Annual Meeting bisa dimanfaatkan untuk kepentingan Indonesia.

oleh Ahmad Romadoni diperbarui 09 Agu 2017, 22:44 WIB
Diterbitkan 09 Agu 2017, 22:44 WIB
Mensesneg Pratikno Beri Keterangan Terkait Keputusan Presiden Jokowi
Mensesneg Pratikno memberikan keterangan terkait keputusan Presiden Jokowi yang mengajukan Komjen Pol Badrodin Haiti sebagai calon baru Kapolri menggantikan Komjen Pol Budi Gunawan di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (18/2/2015). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Para menteri kabinet kerja menggelar rapat mendadak di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta. Rapat dipimpin oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Usai rapat, Pratikno menjelaskan materi yang dibahas seputar acara internasional yang akan dilaksanakan di Indonesia dalam waktu dekat ini. Sebagai tuan rumah, Indonesia tidak sebatas mensukseskan acara, tapi menyiapkan sarana dan prasarana pendukung.

"Kita akan ada beberapa international event yang harus dipersiapkan. Jadi kita rapat tentang berhagai macam isu kan," kata Pratikno, Rabu (9/8/2017).

Berbagai event internasional seperti Asian Games dan IMF Annual Meeting bisa dimanfaatkan untuk kepentingan Indonesia, utamanya di bidang pariwisata. Mengingat citra di sektor pariwisata Indonesia di dunia saat ini cukup baik.

"Side event-nya itu hutan sangat penting untuk dikelola, untuk dipersiapkan. Jadi enggak bisa mendadak-mendadak. Sehingga kehadiran para tamu itu benar-benar bermanfaat bagi masyarakat. Untuk dioptimalkan lah untuk kepentingan ekonomi masyarakat kita," papar Pratikno.

Misalnya, saat ini Kementerian PUPR sedang membangun 10 destinasi wisata. Program ini harus dipersiapkan dan ditawarkan sejak dini. Sehingga event internasional menjadi ajang pemasaran destinasi wisata dan industri kreatif. Pada saatnya nanti bisa mengakselerasi ekonomi masyarakat.

"Misalnya nanti kehadiran tamu akan dibawa ke mana, dibawa untuk membeli produk-produk apa. Pokoknya semuanya akan kita optimalkan untuk kepentingan masyarakat dari Sabang sampai Merauke," pungkas Pratikno.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya