Warga 4 Negara Episentrum Corona Dilarang Masuk Indonesia, Jika...

Empat negara episentrum baru virus Corona yang dilarang masuk Indonesia jika tidak memenuhi sejumlah syarat. Empat negara itu yakni Korea, Iran, Italia, dan Jepang.

oleh Liputan6.com diperbarui 04 Mar 2020, 19:22 WIB
Diterbitkan 04 Mar 2020, 19:22 WIB
Kenakan Masker Pelindung di Bandara Soetta
Petugas Imigrasi bandara menggunakan masker pelindung saat berada di Pintu Kedatangan Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Jumat (31/1/2020). Hal itu dilakukan sebagai antisipasi penularan dan penyebaran virus corona (2019-nCov). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah akan melarang warga dari negara-negara episentrum virus Corona jika tidak memenuhi sejumlah persyaratan. Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko menjelaskan, warga dari empat negara yaitu Korea, Iran, Italia, dan Jepang harus memiliki sertifikat kesehatan, cerita perjalan sampai akhirnya mereka sampai di Indonesia.

"Imigrasi juga sudah kita tekankan bagaimana perlakuan-perlakuan terhadap 4 negara setelah China, episentrum baru. Satu yang paling pasti ada sertifikat healthy, travel story-nya," kata Moeldoko di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (4/3/2020).

Dia pun tidak merinci terkait sertifikat tersebut. Tetapi dia menjelaskan hal tersebut akan dikeluarkan dari negara episentrum virus Corona atau sebelum mereka menuju ke Indonesia.

"Tetapi ada pernyataan dari otoritas kesehatan, bahwa yang bersangkutan tidak dalam keadaan sakit, selama kurun waktu sekian hari," kata Moeldoko.

Mereka juga harus menjalani pengukuran suhu badan seperti yang diterapkan untuk warga dari negara lain. Moeldoko menjelaskan, tidak ada perlakuan khusus di bandara bagi empat negara tersebut.

"Kalau standar-standarnya ngikutin negara lain, harus ada. Healthy body, ada suhu badan," ungkap Moeldoko soal pencegahan penyebaran virus Corona.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Buka Peluang Batasi Penerbangan

Keluarga Ingin Jemput Pasien Terduga Virus Corona di Bandara Palembang
Para jemaah umrah yang sampai di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang Sumsel (Liputan6.com / Nefri Inge)

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan pembatasan tersebut untuk beberapa negara yang jadi episentrum virus corona.

"Kemungkinan tapi belum pasti," kata Budi Karya di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (3/3/2020).

Dia menjelaskan terdapat empat negara yang akan dibatasi penerbangannya, yaitu Korea, Jepang, Italia dan Iran.

"Ada 4. Yaitu Korea, Jepang, Italia dan Iran," ungkap Budi.

Sebelumnya, beberapa negara sudah terpapar virus corona. Mulai dari China, Afghanistan, Austalia, Iran, Jepang dan beberapa negara lainnya.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya