Mendagri Akan Adakan Lomba Kelurahan Aman Covid-19

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyambut baik program dan lomba desa aman Covid-19 yang digagas Kementerian Pedesaan.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 10 Agu 2020, 18:52 WIB
Diterbitkan 10 Agu 2020, 18:52 WIB
FOTO: Mendagri Tito Karnavian Sambangi KPU
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian saat mengunjungi Kantor KPU, Jakarta, Kamis (30/7/2020). Kunjungan Tito Karnavian dalam rangka membahas pelaksanaan Pemilihan Serentak 2020. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyambut baik program dan lomba desa aman Covid-19 yang digagas Kementerian Pedesaan.

Ke depan dia berencana tidak hanya desa-desa, melainkan kelurahan-kelurahan juga memiliki program lurah aman covid beserta lomba kelurahan aman Covid-19.

"Sambil pararel Kemendagri juga mengajukan kepada Kementerian Keuangan untuk mendukung kelurahan-kelurahan di kota-kota untuk membuat gerakan kelurahan aman Covid-19 sekaligus juga bisa dilombakan," kata Tito dalam dapat virtual Kemendagri, Senin (10/8/2020).

Untuk mendukung rencana tersebut, pihaknya mengajukan permohonan anggaran kepada Menteri Keuangan untuk memperkuat kelurahan menghadapi pandemi Covid-19.

"Kami juga sudah mengajukan usulan kepada menteri keuangan, memperkuat juga kelurahan sebagai basis pertahanan juga atau perlawanan Covid-19," ujar Tito.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dibutuhkan Kelurahan

Tito menilai gerakan aman covid tidak hanya dibutuhkan desa-desa melainkan juga kelurahan-kelurahan. Jika desa aman Covid-19 menggunakan dana desa, ia menyebut kelurahan aman Covid-19 didanai melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) sembari Kemendagri mengajukan anggaran ke Menteri Keuangan.

"Kami upayakan termasuk anggarannya mudah-mudahan nanti bisa disetujui. Kami terus berusaha memperkuat kelurahan-kelurahan selain desa-desa,” tandasnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya