Jokowi Akan Jadi Inspektur Upacara Penetapan Komcad TNI

Jokowi akan menjadi Inspektur Upacara Penetapan Komponen Cadangan atau Komcad TNI.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 07 Okt 2021, 07:00 WIB
Diterbitkan 07 Okt 2021, 06:30 WIB
Tanpa Pakaian Adat, Jokowi-Ma'ruf Amin Kompak dengan Setelan Jas di Upacara Penurunan Bendera
Jokowi dan Ma'ruf Amin kenakan setelan jas di upacara penurunan bendera (Youtube Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atau Jokowi akan menjadi Inspektur Upacara Penetapan Komponen Cadangan atau Komcad TNI, Kamis (7/10/2021) di Lapangan Terbang Suparlan, Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus (Pusdiklatpassus) Kopassus, Batujajar, Bandung, Jawa Barat.

Berdasarkan, siaran pers Biro Humas Setjen Kementerian Pertahanan RI, acara tersebut akan digelar dengan menjaga jarak dan protokol kesehatan ketat.

Seluruh peserta upacara, yaitu siswa Komcad yang selama tiga bulan telah berlatih bersama dalam karantina tanpa ada interaksi dengan pihak luar.

Adapun, setiap siswa sudah mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 sebanyak dua kali dan secara periodik melakukan tes swab setiap pekan. Peserta juga melakukan tes swab PCR sehari sebelumnya.

Tamu upacara pun wajib sudah vaksin dua kali dan melakukan tes swab PCR sehari sebelumnya. Jarak antar tamu saat acara diatur sesuai protokol kesehatan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Terkait Komcad

Komcad adalah program sukarela (tidak wajib) yang diamanatkan oleh UU No. 23 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara (PSDN).

Mobilisasi Komcad hanya bisa dilakukan oleh Presiden atas persetujuan DPR RI, dan di bawah kendali Panglima TNI.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya