Hasto Terpilih Lagi Jadi Sekjen Senapati Nusantara Lagi, Ingin Tosan Aji Mendunia

Hasto Kristiyanto terpilih kembali menjadi Sekretaris Jenderal sekaligus Ketua formatur Serikat Nasional Pelestari Tosan Aji Nusantara (Senapati Nusantara/SN) berdasarkan Musyawarah Agung yang dilaksanakan di Kabupaten Bantul, DIY, Sabtu (17/9/2022) malam.

oleh Liputan6.com diperbarui 18 Sep 2022, 09:42 WIB
Diterbitkan 18 Sep 2022, 09:21 WIB
Hasto Kristiyanto
Hasto Kristiyanto terpilih kembali menjadi Sekretaris Jenderal sekaligus Ketua formatur Serikat Nasional Pelestari Tosan Aji Nusantara (Senapati Nusantara/SN) berdasarkan Musyawarah Agung yang dilaksanakan di Kabupaten Bantul, DIY, Sabtu (17/9/2022) malam. (DokumentasI PDIP).

Liputan6.com, Jakarta Hasto Kristiyanto terpilih kembali menjadi Sekretaris Jenderal sekaligus Ketua formatur Serikat Nasional Pelestari Tosan Aji Nusantara (Senapati Nusantara/SN) berdasarkan Musyawarah Agung yang dilaksanakan di Kabupaten Bantul, DIY, Sabtu (17/9/2022) malam.

Pada kesempatan itu, pria yang juga menjabat sebagai Sekjen PDIP Itu juga menerima sejumlah cendera mata dari sejumlah paguyuban, lembaga, dan komunitas pelestari Tosan Aji.

Pihak pertama yang menyerahkan cendera mata ialah Empu Faturrahman dari Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Dia membawa cendera mata berupa keris, persembahan Bupati Sumenep Achmad Fauzi.

Empu Faturrahman sendiri yang menempa keris itu. Di mana awalnya keris itu bahannya dipukul sendiri untuk pertama kali oleh Hasto di Keraton Sumenep pada 2018.

Cendera mata kedua ialah pataka dan plakat dari Kota Bontang, Kalimantan Timur.

Hasto mengatakan, Senapati Nusantara merupakan organisasi yang memiliki kesadaran kebudayaan di setiap anggotanya. Menurutnya sangat jarang ada organisasi yang benar-benar memiliki kekuatan dan kehendak langsung dari akar rumputnya.

"Organisasi ini merupakan kesadaran arus bawah, pergerakan dari bawah. Karena dari bawah, ini tak bisa dihentikan siapa pun," kata Hasto.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Menjaga Keutuhan NKRI

Hasto mengatakan Senapati Nusantara juga memiliki tanggung jawab dalam menjaga keutuhan NKRI yang dari pihak-pihak yang ingin merongrong ideologi Pancasila dan mereka yang mencoba memisahkan kebudayaan dari kehidupan berbangsa.

"Kita hadir di tengah rakyat menggerakkan semangat itu," tegas Hasto.

Politikus asal Yogyakarta itu juga mendorong pengurus Senapati Nusantara nantinya semakin kreatif dalam mengampanyekan Tosan Aji dan kebudayaan tanah air.

Dia berharap pengurus Senapati Nusantara bisa mengenalkan keris kepada Duta Besar negara sahabat yang berada di Jakarta dan Duta Besar Indonesia yang ada di luar negeri.

"Jadi, Duta Besar itu ketika menerima tamu akan memberikan cendera mata keris. Ini, kan, juga peluang kita mengenalkan keris untuk dunia," kata Hasto.

Pada acara itu, setelah memberikan sambutan sebagai tanda Musyawarah Agung selesai dilaksanakan, Hasto juga melihat Sekretariat Senapati Nusantara yang baru.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya