Ingin Tinggalkan DPR, Jenderal Dudung Beri Hormat ke Panglima TNI Andika Perkasa

Usai rapat, Dudung yang hendak menjnggalkan ruang rapat sempat memberi hormat kepada Andika.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 26 Sep 2022, 17:41 WIB
Diterbitkan 26 Sep 2022, 17:41 WIB
Momen Prabowo Rangkul KSAD Dudung dan Jenderal Andika di Hadapan Komisi I DPR
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman berjabat tangan seusai Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi I DPR RI, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (26/9/2022). Keduanya santer jadi perbincangan lantaran diisukan tak harmonis yang dimunculkan oleh anggota Komisi I DPR Fraksi PDIP Effendi Simbolon dalam rapat sebelumnya. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta Isu keretakan antara Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman dengan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa terbantahkan setelah keduanya memperlihatkan kehadiran dan kekokampakan saat datang di rapat bersama Komisi I DPR RI hari ini, Senin (26/9/2022).

Usai rapat, Dudung yang hendak menjnggalkan ruang rapat sempat memberi hormat kepada Andika.

"Salam dulu ke Pak Panglima," kata Dudung di Ruang Rapat Komisi I DPR, Gedung Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (26/9/2022).

Usai memberi hormat, Dudung pun bersalaman dengan Andika dan beranjak meninggalkan ruangan.

Sayangnya, tidak ada pernyataan pers pasca rapat. Masing-masing dari mereka langsung meninggalkan gedung DPR.

Sebagai informasi, rapat digelar secara tertutup. Selain Dudung dan Andika, hadir juga KASAL Laksamana TNI Yudo Margono.

Dalam rapat hari ini, hanya Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo yang berhalangan hadir karena mendampingi Presiden Jokowi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Duduk Dihimpit Prabowo

Sebelumnya, Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman terlihat hadir bersama Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi I DPR RI, Senin (26/5/2022).

Berdasarkan pantuan Liputan6.com, keduanya duduk dalam deret bersama, di mana diapit oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Diketahui, keduanya sempat menjadi sorotan lantaran dianggap hubungan keduanya memanas. Hal itu dipicu pernyataan dari Anggota Komisi I DPR RI Effendi Simbolon saat rapat bersama Panglima TNI bersama kepala staf karena Dudung menjadi satu-satunya kepala staf yang tidak hadir.

Pernyataan itu sontak memicu polemik dan berujung permintaan maaf terbuka oleh Effendi kepada institusi TNI, khususnya matra darat.

Meski keadaan saat ini sudah mereda, kehadiran keduanya masih tetap ditunggu untuk bisa hadir bersama. Dan dibuktikan hari ini.

 


Digelar Tertutup

Rapat sendiri dipimpin langsug oleh Ketua Komisi I DPR RI Meutya Viada Hafid. Sesuai kesepakatan anggota rapat, maka rapat terkait diselenggarakan tertutup.

Menurut Meutya, KASAU akan diwakilkan sebab saat ini KASAU tengah mendampingi kegiatan Presiden Joko Widodo.

“Suratnya (absennya KASAU) ada dan sudah kami terima,” kata Meutya dalam kepada anggota rapat di Ruang Komisi I DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (26/9/2022).

Rapat dimulai pulul 10.20 WIB dan berjalan secara tertutup.

“Karena rapat berjalan tertutup, dimohon yang tidak berkepentingan harap meninggalkan tempat,” minta Meutya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya