Akbar Tanjung Bantah Dukung Anies Baswedan: Sebagai Junior Saya Hormati

Politikus senior Golkar Akbar Tanjung mengaku tak pernah menyatakan dukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon capres dalam Pilpres 2024.

oleh Liputan6.com diperbarui 16 Okt 2022, 09:30 WIB
Diterbitkan 16 Okt 2022, 09:30 WIB
Ketua Dewan Penasihat Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Akbar Tanjung. (Liputan6.com/Putu Merta Surya Putra)
Ketua Dewan Penasihat Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Akbar Tanjung. (Liputan6.com/Putu Merta Surya Putra)

Liputan6.com, Jakarta Politikus senior Golkar Akbar Tanjung mengaku tak pernah menyatakan dukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon capres dalam Pilpres 2024. Hal ini meluruskan pernyataannya dinarasikan sebagai dukungan untuk Anies.

"Saya tidak menyatakan mendukung," ujar Akbar Tanjung di sela acara jalan sehat Partai Golkar di Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (16/10/2022).

Menurut dia, pernyataannya itu dia lontarkan sebagai apresiasi kepada Anies yang merupakan juniornya di Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI).

Sebagai senior dari Anies, lanjut dia, tentu menghormati keputusan mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu untuk maju sebagai Calon Presiden 2024.

"Itu Anies Baswedan junior saya dalam organisasi yaitu HMI KAHMI. Sebagai junior tentu saya hormati. Junior saya hormati," kata Akbar.

Sebelumnya, Ketua Dewan Kehormatan DPP Partai Golkar, Akbar Tandjung, menghadiri acara peresmian Tugu 66 yang direlokasi ke Taman Menteng yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Di hadapan Anies, Akbar menyatakan bangga kepada Anies yang memutuskan maju ke Pilpres 2024.

"Saya bangga bahwa beliau menjadi capres pada Pemilu 2024 yang akan datang. Saya ungkapkan, mendukung beliau sebagai capres," kata Akbar di acara peresmian Tugu 66 yang direlokasi ke Taman Menteng, Jakarta Pusat, Rabu 5 Oktober 2022.

Akbar mengatakan, Anies merupakan orang pintar dan memiliki jiwa kepemimpinan. "Seorang akademisi tapi juga seorang yang betul-betul memiliki kepemimpinan yang jauh ke depan tentang pembangunan Indonesia dan lebih tepat lagi bahwa beliau akan menjadi presiden," tambah Akbar.

Tidak hanya itu, Akbar juga mengatakan bahwa peluang Anies untuk menang kontestasi politik di 2024 sangat besar. "Bahwa kuat peluang untuk menjadi presiden," kata Akbar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Respons Golkar

Ketua DPP Golkar Dave Laksono menolak membahasnya. "Enggak usah lah. Itu enggak usah dibahas," katanya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (7/10).

Dave memastikan, Partai Golkar solid untuk mendukung Airlangga sebagai calon presiden. Ia yakin tidak ada senior Golkar yang memberikan dukungan kepada calon lain. "Semuanya solid mendukung Pak Airlangga," katanya.

Mesin partai sudah berjalan untuk menyolidkan barisan untuk mendukung Airlangga. Dia mengklaim tidak ada perubahan sikap dari Golkar. "Yang pasti tidak ada perubahan sikap dari kebijakan partai dan seluruh elemen partai solid," tegas Dave.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya