Tiba di Loji Gandrung, Jokowi dan Keluarga Gunakan Beskap Hitam

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan keluarga besarnya sudah tiba di Loji Gandrung, Solo.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 11 Des 2022, 08:15 WIB
Diterbitkan 11 Des 2022, 08:13 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan keluarga besarnya sudah tiba di Loji Gandrung, Solo.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan keluarga besarnya sudah tiba di Loji Gandrung, Solo. (Dok. Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan keluarga besarnya sudah tiba di Loji Gandrung, Solo. Diketahui, Loji Gandrung adalah tempat dimulainya rangkaian kirab ngunduh mantu dari pernikahan sang putra presiden, Kaesang Pangarep bersama Erina Gudono.

Pantauan via daring, Jokowi dan keluarga besar sudah mengenakan beskap hitam. Tampak Jokowi menggandeng tangan cucunya, Jan Ethes. Terlihat, putra sulungnya Gibran Rakabumin dan istri dan juga menantunya, Gibran Nasution dan istri yang hadir di lokasi.

"Hari ini kami unduh mantu sekaligus merawat kebudayaan memelihara kebudayaan karena budaya adalah warisan para leluhur kita," kata Jokowi kepada awak media di Loji Gandrung, Solo, Minggu (11/12/2022).

Seperti diketahui, nantinya Jokowi sekeluarga akan dikirab dengan kereta kencana menuju Pura Mangkunegaran. Pura Mangkunegaran akan menjadi saksi kedua, kesakralan pernikahan antara Kaesang Pangarep dan Erina Gudono setelah Hotel Royal Ambarukmo yang menjadi tempat akad nikah keduanya kemarin, Sabtu 11 Desember 2022.

Pantauan via daring, masyarakat sudah berkumpul di sepanjang jalan menuju lokasi tersebut. Terlihat mereka antusias menyambut sang pengantin baru ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Warga Padati Depan Loji Gandrung untuk Saksikan Ngunduh Mantu Kaesang dan Erina

Ribuan warga tampak memadati depan Loji Gandrung untuk menyaksikan upacara adat ngunduh mantu pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Minggu (11/12/2022).
Ribuan warga tampak memadati depan Loji Gandrung untuk menyaksikan upacara adat ngunduh mantu pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Minggu (11/12/2022). (Dok. Liputan6.com/Fajar Abrori)

Ribuan warga tampak memadati depan Loji Gandrung untuk menyaksikan upacara adat ngunduh mantu pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Minggu 11/12/2022).

Pantauan Liputan6.com, ribuan warga telah berdatangan di depan Loji Gandrung sejak pukul 5.30 WIB. Mereka rela datang lebih awal untuk bisa melihat prosesi ngunduh mantu putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep.

Selain meihat prosesi ngunduh mantu, warga yang hadir di depan Loji Gandrung sekaligus untuk mengisi kegiatan car free day yang digelar setiap Minggu pagi.

Sejumlah petugas TNI dan Polri tampak berjaga ketat di jalan depan Loji Gandrung. Warga hanya boleh berdiri di tengah jalan protokol Slamet Riyadi. Area citywalk depan Loji gandrung steril dan dijaga petugas Paspampresl

Rencananya ritual adat ngunduh mantu digelar sekitar pulul 07.30 WIB. Beberapa menteri tampak sudah hadir seperti Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri BUMN Erick Thohir serta Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya