Akun Instagram Bawaslu Kota Depok Sempat Diretas, Tampilan Berubah dan Postingan Tidak Muncul

Aaat akun Bawaslu diretas, ditemukan akun lain yang menyerupai akun resmi Bawaslu Kota Depok. Saat ini akun resmi Instagram Bawaslu Kota Depok sedang dilakukan maintenance.

oleh Dicky Agung Prihanto diperbarui 06 Mar 2023, 19:16 WIB
Diterbitkan 03 Mar 2023, 10:51 WIB
Kantor Bawaslu Kota Depok, Jalan Nusantara Raya, Kecamatan Beji, Kota Depok.
Kantor Bawaslu Kota Depok, Jalan Nusantara Raya, Kecamatan Beji, Kota Depok. (Liputan6/George Genesis)

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Depok sempat dikejutkan dengan akun media sosial Instagram yang diretas. Namun, akun tersebut akhirnya dapat kembali untuk mencegah disalahgunakan hal yang tidak diinginkan. 

Komisioner Bawaslu Kota Depok, Dede Selamet Permana mengatakan, peretasan akun media sosial Instagram Bawaslu diretas sejak Selasa, 28 Februari 2023. Hal itu membuat akun Bawaslu tidak dapat diakses sehingga perlu dilakukan pengembalian kembali. 

"Kami sempat terkejut karena akun kami tidak dapat diakses,”"ujar Dede, Jumat (3/3/2023). 

Dede menjelaskan, saat akun Bawaslu diretas, ditemukan akun lain yang menyerupai akun resmi Bawaslu Kota Depok. Pada saat peretasan akun Bawaslu Kota Depok mengalami perubahan tampilan dan postingan yang telah diunggah tidak muncul.

"Postingannya hilang semua, kita tidak bisa mengaksesnya," jelas Dede. 

Berdasarkan penelusuran Bawaslu Kota Depok, ditemukan akun lain mirip Bawaslu Kota Depok namun terdapat perbedaan. Munculnya akun yang menyerupai, membuat Bawaslu Kota Depok khawatir akun tersebut menyalahgunakan sehingga terjadi hal yang tidak diinginkan. 

"Akun yang menyerupai itu berisikan sebatas sosialisasi, namun kami khawatir disalahgunakan," ucap Dede.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Instagram Bawaslu Kota Depok sedang Dilakukan Pemulihan

Ada Layar Hitung Mundur Pemilu di Gedung Bawaslu
Mobil melintasi layar hitung mundur Pemilu 2019 yang terpampang di Gedung Bawaslu, Jakarta, Kamis (21/2). Layar dipasang untuk mengajak masyarakat ikut serta dalam Pemilu 2019. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Bawaslu Kota Depok berusaha mengembalikan akun yang sempat diretas dan berhasil dikuasai kembali pada Kamis, 2 Februari kemarin. Saat ini akun resmi Instagram Bawaslu Kota Depok sedang dilakukan maintenance untuk pemulihan. 

"Alhamdulillah sudah kembali, sekarang sedang dilakukan pengecekan oleh tim kami," jelas Dede. 

Dede meminta akun media sosial milik lembaga resmi dapat terverifikasi, salah satunya Bawaslu Kota Depok. Apalagi akun tersebut bertujuan memberikan informasi kepada publik melalui kemajuan teknologi. 

"Semoga dapat centang biru untuk menyakinkan masyarakat bahwa akun yang benar dan resmi Bawaslu Kota Depok," harap Dede. 

 


Keamanan di Akun Media Sosial Ditingkatkan

Atas peristiwa peretasan tersebut, Bawaslu Kota Depok akan meningkatkan keamanan pada akun media sosial. Peretasan akun Bawaslu Kota Depok diharapkan menjadi perhatian lembaga resmi lain untuk mencegah terjadinya peretasan. 

"Kami akan lebih berhati-hati dan waspada dengan apa yang telah kami alami," pungkas Dede. 

Infografis Anak Muda Sayangi Lansia, Ayo Temani Vaksinasi Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Infografis Anak Muda Sayangi Lansia, Ayo Temani Vaksinasi Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya