Jokowi Perlihatkan Ikan Arwana dan Koleksi Anggrek ke Kaisar Jepang Naruhito di Istana Bogor

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyambut kunjungan kenegaraan Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Senin (19/6/2023).

oleh Lizsa Egeham diperbarui 19 Jun 2023, 14:11 WIB
Diterbitkan 19 Jun 2023, 14:09 WIB
Presiden Jokowi tampak memperlihatkan ikan arwana yang nantinya akan diserahkan kepada Kaisar Jepang Naruhito
Presiden Jokowi tampak memperlihatkan ikan arwana yang nantinya akan diserahkan kepada Kaisar Jepang Naruhito. (Foto: Dokumentasi Agus Suparto, Fotografer Kepresidenan)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyambut kunjungan kenegaraan Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Senin (19/6/2023). Ini merupakan kunjungan Kaisar Jepang Naruhito ke Indonesia sejak dinobatkan sebagai kaisar pada 2019.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Kaisar Naruhito didampingi Permaisuri Masako tiba di Istana Bogor sekitar pukul 10.00 WIB. Kedatangan Kaisar Naruhito diiringi arak-arakan pasukan berkuda dan marching band.

Kaisar Naruhito juga disambut oleh pasukan yang memakai baju adat dan mengibarkan bendera Indonesia dan Jepang. Saat turun dari mobil, Kaisar Naruhito disambut dengan tarian tradisional Indonesia.

Jokowi dan Ibu Negara Iriana langsung menyambut Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako, yang turun dari mobilnya, di halaman Istana Kepresidenan Bogor. Jokowi lalu mengajak Kaisar Naruhito menuju halaman depan Istana Bogor.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan upacara penyambutan kenegaraan di mana lagu kebangsaan Indonesia dan Jepang diperdengarkan. Setelah itu, Jokowi dan Kaisar Naruhito saling memperkenalkan delegasi masing-masing dari kedua negara.

Dalam kesempatan ini, Jokowi didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Dubes RI untuk Jepang Heri Akhmadi.

Selanjutnya, Jokowi dan Iriana mengajak Kaisar Naruhito serta Permaisuri Masako masuk ke dalam Istana Kepresidenan Bogor untuk berfoto bersama dan menandatangani buku tamu. Mereka lalu menuju beranda Istana untuk melakukan pembicaraan atau veranda talk.

Jokowi tampak memperlihatkan ikan arwana yang nantinya akan diserahkan kepada Kaisar Naruhito. Ikan arwana ini merupakan jenis arwana super red yang banyak ditemukan di sungai Kalimantan Barat.

Acara dilanjutkan dengan penanaman pohon bersama, yang merupakan agenda rutin dilakukan apabila ada pemimpin negara yang datang ke Istana Bogor. Adapun pohon yang ditanam yakni, Pohon Gaharu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jokowi dan Kaisar Jepang Naruhito Melihat Koleksi Anggrek

Jokowi bersama Kaisar dan Permaisuri Jepang
Presiden Jokowi didampingi ibu Iriana juga mengajak Kaisar Jepang berkeliling Kebun Raya Bogor. (Willy Kurniawan/Pool Photo via AP)

Jokowi, Iriana, Kaisar Naruhito, dan Permaisuri Masako kemudian menuju Griya Anggrek Istana Kepresidenan Bogor, dengan menaiki mobil buggy. Di sana kedua pemimpin dan pendamping, akan melihat koleksi anggrek yang dimiliki Kebun Raya Bogor.

Jokowi tampak menyupiri Kaisar Naruhito dan para pendamping, sambil berbincang akrab di perjalanan menuju Griya Anggrek. Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako sangat serius mendengar penjelasan soal koleksi anggrek yang ada di Kebun Raya Bogor.

Kedua pemimpin akan menyampaikan keterangan pers bersama, usai pertemuan. Pertemuan akan ditutup dengan jamuan santap siang bersama.

Sebagai informasi, Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito bersama Permaisuri Masako melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia. Kaisar Jepang Naruhito bersama Permaisuri mendarat di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, pada Sabtu sore, 17 Juni 2023, sekira pukul 16.20 WIB.


Kunjungan Perdana Sejak Dilantik Jadi Kaisar

Jokowi bersama Kaisar dan Permaisuri Jepang
Kedua pemimpin negara mendengarkan lagu kebangsaan Indonesia dan Jepang di halaman Istana Bogor, lalu melakukan inspeksi pasukan. (AP Photo/Achmad Ibrahim, Pool)

Kunjungan ini merupakan kunjungan perdana Kaisar Jepang Naruhito ke Indonesia sejak dinobatkan sebagai Kaisar Jepang ke-126 pada tahun 2019. Kaisar bersama Permaisuri akan berada di Indonesia selama tujuh hari dan akan kembali bertolak ke Tokyo, Jepang, pada Jumat, 23 Juni 2023.

Dalam kunjungannya, Kaisar bersama Permaisuri dijadwalkan akan melaksanakan sejumlah kegiatan, utamanya adalah bertemu dengan Presiden Joko Widodo pada Senin, 19 Juni 2023. Selain itu, Kaisar Naruhito juga diagendakan mengunjungi sejumlah tempat lainnya seperti Depo MRT Lebak Bulus, Stasiun Pompa Waduk Pluit, hingga mengunjungi Candi Borobudur, Jawa Tengah.

Mengutip siaran pers Kementerian Luar Negeri Jepang, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dalam keterangannya menyebut bahwa Indonesia telah lama mengundang Kaisar Jepang untuk berkunjung ke Indonesia, salah satunya saat kunjungan Presiden Joko Widodo ke Tokyo, Jepang pada bulan Juli 2022.

"Saya yakin kunjungan ini akan semakin mempererat hubungan persahabatan dan juga kerja sama baik dengan Indonesia, dan saya merasakan kebahagiaan yang luar biasa bersama masyarakat Jepang," ucapnya dikutip dari presidenri.go.id, Minggu (18/6/2023).

Infografis Naruhito Kaisar Baru Jepang
Infografis Naruhito Kaisar Baru Jepang. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya