Top 3 News: Mentan Syahrul Yasin Limpo Penuhi Panggilan KPK Terkait Kasus Korupsi di Kementerian Pertanian

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) memenuhi panggilan pemeriksaan tim penyelidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Senin 19 Juni 2023. Itulah top 3 news hari ini.

oleh Devira PrastiwiNanda Perdana PutraFachrur RozieLizsa Egeham diperbarui 20 Jun 2023, 08:00 WIB
Diterbitkan 20 Jun 2023, 08:00 WIB
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) memenuhi panggilan pemeriksaan tim penyelidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Senin 19 Juni 2023. Itulah top 3 news hari ini.
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) memenuhi panggilan pemeriksaan tim penyelidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Senin 19 Juni 2023. Itulah top 3 news hari ini. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) memenuhi panggilan pemeriksaan tim penyelidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Senin 19 Juni 2023. Itulah top 3 news hari ini.

Syahrul Yasin Limpo dimintai keterangan seputar kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan). Dia diperiksa di Gedung ACLC KPK Kavling C1. Gedung ACLC Kavling C1 merupakan gedung lama KPK.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto santap siang di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Potret kebersamaan keduanya itu terlihat dalam unggahan Prabowo Subianto di akun Instagram @prabowo pada Minggu kemarin 18 Juni 2023.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin menjelaskan, Presiden Jokowi memang berkediaman di Istana Kepresidenan Bogor. Saat mengetahui Prabowo juga sedang di Bogor, Jokowi mengajak Ketua Umum Partai Gerindra itu makan siang bersama.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait anggota Brimob Polda Riau Batalyon B Pelopor Satuan Brimob Polda Riau Bripka Andry Darma Irawan yang mengaku sempat bertemu dengan Kapolda Riau Irjen Muhammad Iqbal usai aduan perkara setoran Rp650 juta ke atasan.

Awalnya, Bripka Andry sudah melaporkan peristiwa yang dialaminya ke Propam Polda Riau. Menurut dia, laporannya di Paminal Polda Riau awalnya berjalan dengan berbagai klarifikasi saksi, seperti dari istri, ibu hingga adik Bripka Andry.

Andry sempat menerima pesan, Kapolda Riau meminta Propam Polda Riau untuk segera mengusut laporannya. Hingga akhirnya, dia mendapatkan kesempatan bertemu. Namun, pada saat itu, dia langsung dimarahi oleh kapolda karena protes dimutasi.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Senin 19 Juni 2023:


1. Mentan Syahrul Yasin Limpo Penuhi Panggilan KPK Terkait Kasus Korupsi di Kementan

Syahrul Yasin Limpo
Politikus Partai Nasdem tersebut dimintai keterangannya terkait penyelidikan dugaan korupsi di Kementerian Pertanian. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) memenuhi panggilan pemeriksaan tim penyelidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Syahrul Yasin Limpo akan dimintai keterangan seputar kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian.

Syahrul Yasin Limpo diperiksa di Gedung ACLC KPK Kavling C1. Gedung ACLC Kavling C1 merupakan gedung lama KPK.

"(SYL hadir) di C1," ujar Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Senin 19 Juni 2023.

Diketahui, KPK menjadwalkan meminta keterangan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Jumat 15 Juni 2023.

Mentan Syahrul Yasin Limpo akan diklarifikasi soal dugaan korupsi Kementan. Namun Syahrul Yasin Limpo tak memenuhi panggilan penyidik KPK.

 

Selengkapnya...


2. Jokowi Ajak Prabowo Makan Siang di Istana Bogor Kemarin, Ini yang Dibahas

Prabowo saat makan siang bersama Jokowi di Istana Bogor, Minggu 18 Juni 2023. (Istimewa)
Prabowo saat makan siang bersama Jokowi di Istana Bogor, Minggu 18 Juni 2023. (Istimewa)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak Menteri Pertahanan Prabowo Subianto santap siang di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Potret kebersamaan keduanya itu terlihat dalam unggahan Prabowo Subianto di akun Instagram @prabowo, Minggu, 18 Juni 2023.

"Itu makan siang kemarin, jadi kemarin Bapak Presiden makan siang bersama Bapak Prabowo," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin kepada wartawan, Senin 19 Juni 2023.

Menurut Bey, Presiden Jokowi memang berkediaman di Istana Kepresidenan Bogor. Saat mengetahui Prabowo juga sedang di Bogor, Jokowi mengajak Ketua Umum Partai Gerindra itu makan siang bersama.

"Jadi Bapak Presiden kan memang tinggal di Istana Bogor. Nah, mengetahui Pak Prabowo sedang di Bogor juga, di Hambalang, Presiden mengajak makan siang," jelasnya.

 

Selengkapnya...


3. Bripka Andry Sempat Temui Kapolda Riau dan Dimarahi Usai Kasus Setoran Rp 650 Juta ke Atasan

Anggota Brimob Polda Riau Batalyon B Pelopor Satuan Brimob Polda Riau, Bripka Andry Darma.
Anggota Brimob Polda Riau Batalyon B Pelopor Satuan Brimob Polda Riau, Bripka Andry Darma. (Merdeka.com/Nur Habibie)

Anggota Brimob Polda Riau Batalyon B Pelopor Satuan Brimob Polda Riau, Bripka Andry Darma Irawan mengaku sempat bertemu dengan Kapolda Riau Irjen Muhammad Iqbal usai aduan perkara setoran Rp650 juta ke atasan. Awalnya, Bripka Andry sudah melaporkan peristiwa yang dialaminya ke Propam Polda Riau.

“Saya coba laporan ke Propam Polda Riau tentang apa yang saya alami, saya dimutasi, saya merasa tidak mengajukan, saya tidak salah, dan mutasi ini memberatkan saya, saya memohon pertimbangan, itulah maksud saya tadi. Dengan laporan saya itu, saya tujukan di Layanan Presisi Kapolda Riau dan diproses oleh Paminal Polda Riau,” tutur Andry di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin 19 Juni 2023.

Menurut Andry, laporannya di Paminal Polda Riau awalnya berjalan dengan berbagai klarifikasi saksi, seperti dari istri, ibu hingga adik Bripka Andry.

“Namun karena saya tidak ayomi bagaimana tentang dinas saya, karena saya diminta membongkar apa-apa saja praktik setoran di Batalyon, saya bongkar. Tentunya keluarga khawatir tentang keselamatan saya, dan pastinya semua marah ke saya kenapa saya bongkar, kan begitu. Namun karena itu semua perintah saya laksanakan,” jelas dia.

 

Selengkapnya...

Infografis Rompi Oranye Rafael Alun Jadi Tersangka & Tahanan KPK
Infografis Rompi Oranye Rafael Alun Jadi Tersangka & Tahanan KPK (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya