Libur Natal 2023, Pengunjung Ancol Capai 25.600 Orang

Taman Impian Jaya Ancol menjadi salah satu tujuan wisata favorit warga untuk mengisi liburan Natal 2023 dan tahun baru 2024.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 25 Des 2023, 12:36 WIB
Diterbitkan 25 Des 2023, 12:34 WIB
FOTO: Libur Panjang, Sejumlah Kendaraan Antre Masuk Kawasan Ancol
Sejumlah kendaraan antre untuk memasuki kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol, Jalarta, Kamis (29/10/2020). Selain tingginya minat warga berwisata di masa libur panjang, antrean ini juga disebabkan pengalihan buka tutup pintu masuk kawasan Taman Impian Jaya Ancol. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta - Taman Impian Jaya Ancol menjadi salah satu tujuan wisata favorit warga  untuk mengisi liburan Natal 2023 dan tahun baru 2024. Humas Ancol Ariyadi Eko Nugroho menyebutkan, kenaikan jumlah pengunjung cukup signifikan selama liburan kali ini.

"Kenaikan pengunjung signifikan," kata Eko saat dikonfirmasi, Senin (25/12/203).

Untuk update data pengunjung, per pukul 11.00 WIB siang ini, tercatat sudah ada sekitar 20 ribuan pengunjung ke Ancol.

"Individu ada 25.600 (pengunjung), mobil 3.600, motor 987," kata Eko.

Dia memperkirakan, puncak kunjungan wisatawan akan terjadi hari ini, 25 Desember 2023. "Kalau kita bandingkan dengan weekend reguler sebelum masa liburan, ini memang sudah ada peningkatan yang cukup signifikan," kata dia.

Terkait persiapan lonjangan pengunjung di liburan panjang kali ini, Eko memastikan sudah melakukan sejumlah persiapan salah satunya penambahan personel.

"Ada penambahan dari personel," kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Masjid Istiqlal Sediakan Tempat Parkir bagi Jemaat Misa Natal 2023 Gereja Katedral

Misa Natal 2023 di Gereja Katedral Jakarta
Ibadah misa Natal 2023 di Gereja Katedral, Jakarta Pusat. (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Sementara itu, masjid Istiqlal yang berada di seberang Gereja Katedral, Jakarta Pusat menyediakan kantong parkir bagi jemaat Misa Natal 2023 Gereja Katedral.

Kepala Bagian (Kabag) Umum dan Sumber Daya Manusia (SDM) Masjid Istiqlal, Ismail Chawidu mengatakan, pihaknya menyiapkan area basemen sebagai lokasi parkir yang bisa digunakan jemaat Gereja Katedral.

 Menurut Ismail, kegiatan ini telah rutin dilakukan Istiqlal apabila Katedral memperingati acara besar.

"Ya betul setiap acara-acara besar yang dilaksanakan di Katedral, Istiqlal menyiapkan parkir di lantai basemen I dan II," kata Ismail saat dikonfirmasi, Senin (25/12/2023).

Ismail menyatakan, kantong parkir untuk para jemaat tersedia 24 jam. Sehingga, jemaat yang akan melangsungkan ibadah Misa Natal tak perlu khawatir.

"Kami buka 24 jam dengan menambah petugas yang hari biasa hanya 6 orang, kami tambah jadi 16 orang dengan 21 security," ujar Ismail.

Lebih lanjut, Ismail menyampaikan basemen I dan II Masjid Istiqlal mempunyai kapasitas cukup besar untuk parkir kendaraan. Dengan rincian mampu menampung 800-1.000 kendaraan milik jemaat Gereja Katedral.


Jokowi: Selamat Natal, Semoga Kedamaian, Keselamatan, dan Kesejahteraan Menyertai Kita

Jokowi saat menyampaikan sambutan dalam Perayaan Natal Nasional 2020 (Istimewa)
Jokowi saat menyampaikan sambutan dalam Perayaan Natal Nasional 2020 (Istimewa)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan selamat natal melalui sosial media pribadinya. Mengutip akun instagram pribadinya @jokowi, presiden berpesan agar Natal 2023 dapat dirayakan dengan sukacita dan juga damai.

"Selamat merayakan Hari Natal dalam sukacita bagi saudara umat Kristiani,” tulis Jokowi seperti dikutip Liputan6.com, Senin (25/12/2023).

Jokowi berharap, agar natal dapat membawa kesejahteraan bagi setiap insan di dunia.

"Semoga kedamaian, keselamatan, dan kesejahteraan senantiasa menyertai kita semua,” ucap Jokowi.

Senada dengan Presiden Jokowi, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan juga memaknai perayaan Natal 2023 sebagai momen bagi masyarakat Indonesia untuk lebih memperkuat tali persaudaraan. Khususnya jelang memasuki tahun politik 2024 mendatang.

Menurut dia, perayaan Natal selalu menjadi momen yang paling dinanti-nanti oleh umat kristiani di seluruh penjuru dunia, dan juga di Tanah Air tentunya.

Berbagai persiapan kita lakukan untuk menjadikan momen Natal sebagai sesuatu yang selalu diingat dan dikenang bukan hanya perayaannya saja, tetapi makna dibalik peristiwa tersebut yang tentunya perlu menjadi perenungan kita sebagai gembala-Nya," tulis Menko Luhut dikutip melalui akun Instagram @luhut.pandjaitan, Senin (25/12/2023).

"Terlebih lagi, di saat-saat seperti ini dimana kita memasuki pesta demokrasi lima tahunan, yang akan diselenggarakan pada tahun 2024 mendatang," imbuh Luhut.

Infografis Strategi Pengamanan Libur Natal dan Tahun Baru 2023. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Strategi Pengamanan Libur Natal dan Tahun Baru 2023. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya