Anak Mantan Gubernur Maluku Utara Dicecar Penyidik KPK Soal Aset Milik Ayahnya

Tim Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih terus menelusuri dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang menjerat eks Gubernur Maluku Utara (Malut) Abdul Gani Kasuba (AGK).

oleh Tim News diperbarui 23 Jul 2024, 04:05 WIB
Diterbitkan 23 Jul 2024, 04:05 WIB
Ilustrasi KPK
Gedung KPK (Liputan6/Fachrur Rozie)

Liputan6.com, Jakarta Tim Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih terus menelusuri dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang menjerat eks Gubernur Maluku Utara (Malut) Abdul Gani Kasuba (AGK).

Dalam penelusurannya penyidik turut memeriksa dua orang saksi.

"Hari ini Senin (22/7), KPK melakukan pemeriksaan saksi dugaan TPK/TPPU dengan Tersangka AGK, (di lingkungan Pemerintah Provinsi Maluku Utara)," kata Juru Bicara (Jubir) KPK, Tessa Mahardika Sugiarto dalam keterangannya, Senin (22/7/2024).

Tessa mengatakan dua orang tersebut hadir dan diperiksa di gedung Merah Putih KPK. Mereka diperiksa perihal asset yang dimiliki oleh Kasuba.

"Didalami terkait dengan Asset AGK dan Usaha/ Bisnis yang dimiliki oleh AGK," jelasnya.

Berdasarkan sumber yang dihimpun, salah satu saksi yang diperiksa penyidik yakni anak dari Kasuba, yakni Muhammad Thariq Kasuba alias MTK. Dia merupakan Komisaris PT Fajar Gemilang.

Sementara satu orang lagi yakni seorang wiraswasta bernama Edi M Batubara (EBB) alias Ucok.

Namun demikian, belum diketahui aset atau bisnis yang dimiliki oleh eks Gubernur Malut itu hingga akhirnya mencecar anankanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kasus Abdul Gani Kasuba

Di perkara ini merupakan hasil pengembangan dari pada kasus suap Abdul Gani Kasuba. Dia sendiri telah menjalani proses sidang di Pengadilan Negeri (PN) Ternate.

Dalam dakwaannya, Abdul Gani diyakini telah melakukan tindak pidana korupsi dengan penerimaan suap senilai Rp5 Miliar dan USD60 ribu disertai penerimaan gratifikasi senilai Rp99,8 Miliar dan USD30 ribu.

Jaksa pun mendakwa Abdul Gani Kasuba karena melanggar, pertama, Pasal 12 huruf a atau huruf b; dan kedua, Pasal 11 juncto Pasal 18; ketiga, Pasal 12B Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 65 ayat (1) dan Pasal 55 ayat (1) KUHP.

 

 

Reporter: Rahmat Baihaqi/Merdeka.com

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya