Infografis Siap-Siap Pembagian Gratis 137 Ribu Rice Cooker dan Kriteria Penerimanya

Proses pendataan calon penerima rice cooker gratis ini ditargetkan rampung pada Oktober 2024. Dengan demikian, program pemerintah melalui Ditjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM itu dapat dilaksanakan di sisa waktu tahun ini.

oleh Anri SyaifulDevira PrastiwiAbdillah diperbarui 02 Agu 2024, 09:05 WIB
Diterbitkan 02 Agu 2024, 09:05 WIB
Banner Infografis Siap-Siap Pembagian Gratis 137 Ribu Rice Cooker. (Liputan6.com/Abdillah)
Banner Infografis Siap-Siap Pembagian Gratis 137 Ribu Rice Cooker. (Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com, Jakarta - Ada kabar gembira. Pemerintah melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan melanjutkan pembagian alat masak berbasis listrik (AML).

Rencananya, pembagian rice cooker gratis itu diperuntukkan 137 ribu rumah tangga. Adapaun nilai anggaran yang disiapkan sekitar Rp 182 miliar.

Terkait itu, Direktur Jenderal atau Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jisman P. Hutajulu menjelaskan, eksekusi program bagi-bagi rice cooker gratis ini masih dalam proses pengajuan anggaran.

"Lagi berproses pengajuan anggaran. Nanti ada informasi berikutnya kalau sudah ada perubahan signifikan," kata Jisman P. Hutajulu di Jakarta, Kamis 1 Agustus 2024.

Kendati demikian, Jisman belum mau membocorkan lebih lanjut terkait rincian detail anggaran. Termasuk rencana realisasi program pembagian penanak nasi listrik tersebut.

Adapun proses pendataan calon penerima rice cooker gratis ini ditargetkan rampung Oktober 2024. Dengan demikian, program tersebut dapat segera dijalankan di sisa waktu tahun ini.

Sebelumnya, Jisman mengatakan, pembagian AML ini ditujukan guna melanjutkan program serupa yang telah dilakukan pada 2023 lalu kepada 500.000 rumah tangga. Namun, pada tahun lalu pada proses penyalurannya belum mencapai target, yakni hanya tersalurkan kepada 362.000 rumah tangga.

Pemerintah akan melanjutkan program pembagian rice cooker secara gratis. Bagaimana kriteria dan syarat penerima bantuan tersebut? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Infografis Siap-Siap Pembagian Gratis 137 Ribu Rice Cooker

Infografis Siap-Siap Pembagian Gratis 137 Ribu Rice Cooker. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Siap-Siap Pembagian Gratis 137 Ribu Rice Cooker. (Liputan6.com/Abdillah)

Infografis Kriteria dan Syarat Penerima Bantuan Gratis Rice Cooker

Infografis Kriteria dan Syarat Penerima Bantuan Gratis Rice Cooker. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Kriteria dan Syarat Penerima Bantuan Gratis Rice Cooker. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya