PDIP Berkoalisi dengan Golkar di Pilkada Banten, Said Abdullah: Itu Hal yang Biasa

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menyiratkan sikap berkoalisi dengan Partai Golongan Karya (Golkar) dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Banten.

oleh Fachri pada 06 Agu 2024, 19:35 WIB
Diperbarui 06 Agu 2024, 19:48 WIB
Said Abdullah.
Ketua Dewan Pertimbangan Pusat (DPP) PDI Perjuangan, Said Abdullah. (Foto: Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menyiratkan sikap berkoalisi dengan Partai Golongan Karya (Golkar) dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Banten. PDIP dan Golkar pun akan mengusung duet Airin Rachmi Diany sebagai calon gubernur dan Ade Sumardi sebagai calon wakil gubernur.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan, Said Abdullah mengatakan, keputusan berkoalisi dengan Golkar di Banten hal yang biasa. Baginya, koalisi yang terbentuk di Pilkada tidak linear dengan arah koalisi Pilpres.

"Insya Allah (di Banten) orang kedua (calon wakil gubernur) dari PDIP perjuangan. Mbak Airin (calon gubernur) dari Partai Golkar," katanya.

Akan tetapi, Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR itu menyebut bahwa pengumuman resmi pencalonan Airin-Ade Sumardi belum dilakukan. Menurutnya, pengumuman akan secara resmi dilakukan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, bersamaan dengan calon pasangan kepala daerah seperti Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatra Utara, dan lain-lain.

Melihat konstelasi politik tersebut, Airin-Ade kemungkinan akan menghadapi pasangan Andra Soni dan Achmad Dimyati Natakusumah. Lawan Airin-Ade pun diusung oleh koalisi besar yang terdiri dari Gerindra, PAN, Demokrat, PSI, PPP, PKS, PKB, dan NasDem.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tidak Sejalan dengan Koalisi Pilpres

Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPD PDIP Jatim MH Said Abdullah. (Dian Kurniawan/Liputan6.com)
Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPD PDIP Jatim MH Said Abdullah. (Dian Kurniawan/Liputan6.com)

Di sisi lain, Said mengungkapkan bahwa dalam Pilkada, ada koalisi yang sejalan dengan koalisi Pilpres dan ada yang tidak. Ia menyebut bahwa setiap daerah memiliki pertimbangan dan situasi politik yang berbeda-beda.

"Untuk di Banten kita bisa bersama Golkar. Di daerah lain mungkin ada yang tidak, karena setiap daerah provinsi maupun kabupaten kota itu berbeda, punya keunikan masing-masing," ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 lalu, PDIP mengusung Ganjar Pranowo-Mahfud MD, sedangkan Golkar menjadi partai pengusung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

 

(*)

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya