Agus Gumiwang Beberkan Alasan Tak Maju Jadi Calon Ketum Golkar Definitif

Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum Partai Golkar, Agus Gumiwang Kartasasmita menegaskan tak akan maju sebagai calon ketua umum pada Munas 20 Agustus 2024.

oleh Tim News diperbarui 14 Agu 2024, 04:30 WIB
Diterbitkan 14 Agu 2024, 04:30 WIB
Gantikan Airlangga Hartarto, Agus Gumiwang Jabat Plt Ketua Umum Partai Golkar
Agus Gumiwang menggantikan posisi Airlangga Hartarto yang mundur dari jabatan Ketua Umum Partai Golkar pada Sabtu (10/8/2024) lalu. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum Partai Golkar, Agus Gumiwang Kartasasmita menegaskan tak akan maju sebagai calon ketua umum pada Munas 20 Agustus 2024.

Dia menjelaskan, alasan tak mau maju sebagai calon ketua umum Partai Golkar karena alasan pribadi.

"Itu kan alasan pribadi (tidak maju). Alasan pribadi saya enggak maju kan," kata Agus Gumiwang di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Selasa (13/8/2024).

Dia pun menegaskan, alasan tidak mau maju sebagai calon ketua umum bukan karena adanya tekanan dari pihak luar. Sebab, Golkar merupakan partai besar yang tak bisa ditekan oleh siapapun.

"Enggak ada tekanan mana yang bisa menekan, mana bisa Golkar ditekan-tekan," tegas dia.

Sebelumnya, Agus Gumiwang memastikan musyawarah nasional atau munas ke-11 Partai Golkar diselenggarakan guna memilih ketua umum definitif.

Menurut dia, hal itu diperlukan usai Airlangga Hartarto mengundurkan diri sebagai ketua umum sejak 10 Agustus 2024.

"Munas dijadikan forum untuk dijadikan ketua umum baru, ketua umum definitif," kata Agus Gumiwang di kantor DPP Partai Golkar, Jalan Anggrek Neli, Slipi Jakarta Barat, Selasa (13/8/2024).

Dia menambahkan, sebagai Plt Ketua Umum Golkar dirimya tidak akan maju sebagai salah satu kandidat ketua umum definitif saat Munas berlangsung pada 20 Agustus 2024.

"Tidak akan maju," jelas Agus Gumiwang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Respons Agus Gumiwang soal Nama Bahlil Lahadalia

Plt Ketua Umum Golkar Agus Gumiwang, merespons isu dukungan 34 DPD kepada Menteri Investasi Bahlil Lahadalia sebagai Ketua Umum Golkar definitif.

Dia pun hanya memberikan argumen singkat. "InsyaAllah," kata Agus Gumiwang di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Selasa (13/8/2024).

Saat dipertegas, apakah Bahlil yang akan menjadi Ketua Umum Golkar definitif menggantikan Airlangga Hartarto, dia tak menjawab secara lugas.

"Nanti daerah seperti apa, nanti daerah seperti apa," ujar dia.

 


Sudah Kantongi Nama

Lebih lanjut, Agus Gumiwang pun mengaku sudah mengantongi sosok yang akan didukungnya sebagai ketua umum Golkar.

"Pasti saya dukung salah satunya," ucapnya.

Saat ditanya, siapa sosok tersebut dia enggan mengungkapkannya.

"Kita lihat dulu siapa yang secara terbuka untuk menyatakan siap umtuk maju. Kita lihat juga bagaimana daerah daerah seperti apa. Dan kita ini kepentingan saya sebagai plt ketua umum menjaga betul soliditas partai Golkar, menjaga betul martabat partai Golkar sehingga rapim dan munas bisa diselenggarakan sebaik baiknya," beber Agus Gumiwang.

 

 

Reporter: Alma Fikhasari/Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya