Maju Pilkada Jakarta 2024, Istana Sebut Pramono Anung Belum Ajukan Cuti ke Jokowi

Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana mengatakan Sekretaris Kabinet Pramono Anung belum mengajukan cuti kampanye kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 30 Agu 2024, 14:05 WIB
Diterbitkan 30 Agu 2024, 14:05 WIB
Pramono Anung siap mendaftakan diri ke KPU Jakarta bersama Rano Karno sebagai cagub-cawagub Jakarta. (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)
Pramono Anung siap mendaftakan diri ke KPU Jakarta bersama Rano Karno sebagai cagub-cawagub Jakarta. (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Liputan6.com, Jakarta Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana mengatakan Sekretaris Kabinet Pramono Anung belum mengajukan cuti kampanye kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Pramono Anung sendiri mencalonkan diri sebagai bakal calon gubernur Jakarta 2024 melalui PDI Perjuangan (PDIP).

"Belum ada pengajuan cuti ke Bapak Presiden," kata Ari kepada wartawan, Jumat (30/8/2024).

Menurut dia, tahapan Pilkada 2024 baru tahap pendaftaran dan penelitian persyaratan calon. Ari menyampaikan para calon kepala daerah juga belum melakukan kampanye.

"Jadi belum sampai pada tahap penetapan pasangan calon dan pelaksanaan kampanye," ucapnya.

Ari menjelaskan pengajuan cuti harus mengikuti aturan/koridor perundang-undangan. Nantinya, Kementerian Sekretariat Negara RI akan memproses pengajuan cuti kampanye sesuai ketentuan yang berlaku.

Di sisi lain, Ari memastikan kinerja pemerintah tak terganggu dengan majunya dua menteri kepala sebagai calon kepala daerah. Selain Pramono, Menteri Sosial Tri Rismaharini juga maju di Pilkada Jawa Timur 2024.

"Tidak. Kinerja pemerintahan tidak akan terganggu. Kerja-kerja pemerintahan berjalan seperti biasa dengan ditopang oleh sistem dan tata kelola birokrasi yang handal," tutur Ari.

Sebelumnya, bakal calon gubernur-wakil gubernur Jakarta 2024, Pramono Anung dan Rano Karno menjalani tes kesehatan sebagai syarat mengikuti Pilgub Jakarta di RSUD Tarakan, Jumat (30/8/2024).

Pramono Anung meyakini kesehatannya tidak bermasalah dan dapat lolos dalam tes kesehatan ini.

"Saya pribadi saya yakin bahwa kesehatan Insyaallah tidak ada masalah karena saya rutin melakukan general check up," kata Pramono Anung kepada wartawan di RSUD Tarakan Jakarta.

Dia juga meyakini Rano Karno dapat lolos dalam tes kesehatan tersebut. Pramono menyampaikan dirinya sudah menjaga kesehatan sejak umur 30 tahun, salah satunya dengan rutin berolahraga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pramono-Rano Karno Jalani Tes Kesehatan

"Saya pribadi dan saya yakin juga dengan Bang Rano sudah siap dan mempersiapkan diri untuk melakukan pemeriksaan. Saya termasuk orang yang secara rutin melakukan dan menjaga kesehatan dari umur 30-an. Saya sepedaan sudah 20 tahun lebih, seminggu tiga kali. Mungkin kalau yang hobi pasti tahu saya seminggu tiga kali," jelas Pramono.

"Untuk jaga kesehatan saya juga melalukan gym seminggu 2-3 kali. Jadi hari saya memang pagi pasti olahraga, karena habis itu bekerja sepenuhnya di Kantor Presiden. Dan kelemahan saya cuma satu, tidur 3-4 jam. Itu sudah dari 30 tahun yang lalu, karena kerja terus di jam-jam tersebut," sambung Pramono.

Sementara itu, Rano Karno mengaku baru saja menjalani pemeriksaan kesehatan pekan lalu. Kendati hal rutin, dia mengaku cukup takut dengan jarum suntik.

"Insyaallah hari ini saya siap. Cuma catetan saya takutnya ambil darahnya. Jangan sakit-sakit ya. Suntik sakit, saya paling males. Semoga kita sehat walafiat," tuturnya.


Komponen Tes Kesehatan

Hari ini merupakan jadwal pemeriksaan kesehatan sebagai syarat calon yang harus dilakukan cagub cawagub Jakarta.

RSUD Tarakan sendiri menyiapkan seluruh jajaran dokter spesialis dan sub spesialis terbaik untuk tes kesehatan para bakal calon gubernur-wakil gubernur Jakarta 2024. Nantinya, pemeriksaan kesehatan menggunakan analisis, metode wawancara, dan laboratorium.

Para bakal calon gubernur-wakil gubernur pada Pilkada Jakarta 2024 itu akan menjalani berbagai tes kesehatan mulai dari, jantung, mata, hingga THT. Tes kesehatan ini dimulai pukul 07.00 WIB sampai 18.30 WIB.

"Jadi timeline 30, 50 menit sedikit sampai sore. Kami melakukan asas netralitas, tidak berpihak pada pelaksanaan, dan hasil menjunjung tinggi profesionalisme. Itu yang harus dilakukan," ucap Ketua Tim Pemeriksa, Dokter Jati.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta segera melakukan verifikasi administrasi kepada dua pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta yang baru saja mendaftarkan diri pada Rabu (28/8/2024).

Dua paslon tersebut yakni, Pramono Anung-Rano Karno yang diusung PDIP dan Ridwan Kamil-Suswono yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus.

Setelah proses penerima pendaftaran ini kami akan langsung melakukan penelitian administrasi untuk berkas baik syarat pencalonan maupun syarat calon," ujar Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU DKI Jakarta Dody Wijaya, saat konferensi pers, di KPU DKI Jakarta, Rabu.

Tak hanya itu, pihaknya juga menyerahkan surat pengantar untuk pemeriksaan kesehatan untuk Pramono Anung-Rano Karno pada 30 Agustus 2024.

Kemudian, untuk pasangan calon Ridwan Kamil dan Suswono dijadwalkan melakukan pemeriksaan kesehatan di RSUD Tarakan, Jakarta Pusat pada 31 Agustus 2024.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya