Jokowi Belum Beli Tiket Pesawat ke Solo untuk 20 Oktober 2024

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku belum tahu apakah akan menaiki pesawat komersial atau tidak untuk pulang ke Solo, Jawa Tengah, saat purnatugas pada 20 Oktober 2024.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 16 Okt 2024, 13:17 WIB
Diterbitkan 16 Okt 2024, 13:16 WIB
Jokowi. (Foto: Dok. Instagram @jokowi)
Jokowi. (Foto: Dok. Instagram @jokowi)

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku belum tahu apakah akan menaiki pesawat komersial atau tidak untuk pulang ke Solo, Jawa Tengah, saat purnatugas pada 20 Oktober 2024.

Jokowi mengeklaim belum membeli tiket pesawat komersial untuk kembali ke kampung halamannya di Solo.

"Enggak tahu. Belum beli tiket," kata Jokowi kepada wartawan di Medan, Sumatera Utara, Rabu (16/10/2024).

Berdasarkan informasi yang beredar, Jokowi akan ke Solo dengan menggunakan pesawat komersial Citilink pada 20 Oktober 2024.

Diketahui, Jokowi akan langsung ke Solo usai pelantikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming menjadi Presiden dan Wapres RI periode 2024-2029 serta upacara pisah sambut.

Di sisi lain, Jokowi masih melakukan kunjungan kerja ke Sumatera Utara empat hari menjelang pensiun sebagai presiden. Dia meresmikan sejumlah infrastruktur mulai dari, bendungan, jalan tol, hingga Pusat Riset Genomik Pertanian di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Jokowi tak menutup kemungkinan akan berkeliling ke daerah-daerah di sisa akhir masa pemerintahannya. Dia menuturkan masa jabatannya masih ada beberapa hari lagi.

"Kalau memang masih ada yang mau diresmikan ya saya resmikan, saya kan masih punya 1-2 hari," ucap Jokowi.

Presiden Jokowi melanjutkan kegiatan kunjungan kerja hari kedua di Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Rabu (16/10/2024). Dia akan meresmikan sejumlah infrastruktur di Sumut sebelum purnatugas pada 20 Oktober 2024.

Jokowi dan rombongan terbatas lepas landas dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU,dari Pangkalan TNI AU Soewondo, Kota Medan, sekitar pukul 07.40 WIB.

Dia didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Pj Gubernur Sumatra Utara Agus Fatoni, Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Mochammad Hasan, dan Kapolda Sumatra Utara Irjen Pol Whisnu Hermawan.

Di Kabupaten Deli Serdang, Jokowi diagendakan untuk meninjau sekaligus meresmikan Bendungan Lausimeme. Usai peresmian, Jokowi dan rombongan terbatas akan melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Asahan, dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU.

Presiden dan rombongan akan mendarat di Helipad Stadion Mutiara, Kabupaten Asahan, untuk selanjutnya menuju Gerbang Tol Kisaran.

Di tempat tersebut, Jokowi dijadwalkan melakukan peresmian jalan tol ruas Indrapura-Kisaran seksi 2 (Lima Puluh- Kisaran) dan jalan tol Bayung Lencir-Tempino bagian ruas jalan tol Betung Jambi.

Dari Kabupaten Asahan, Jokowi dan rombongan terbatas akan kembali ke Kabupaten Deli Serdang dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU. Jokowi kemudian akan berganti moda pesawat dengan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 untuk melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Tapanuli Utara.

"Presiden Jokowi diagendakan untuk melakukan peresmian Pusat Riset Genomik Pertanian di Kabupaten Humbang Hasundutan. Usai peresmian, Presiden Jokowi direncanakan akan kembali ke Jakarta melalui Bandar Udara Raja Sisingamangaraja XII, Kabupaten Tapanuli Utara," ujar Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana dalam keterangan tertulisnya.

Usai Hadiri Pelantikan Prabowo, Jokowi Langsung Pulang ke Solo

Baju Adat Betawi Jokowi di Sidang Tahunan MPR
Jokowi menitipkan Indonesia kepada Presiden terpilih Prabowo Subianto. (AP Photo/Tatan Syuflana, Pool)

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan dirinya akan langsung pulang ke kampung halamannya di Solo, Jawa Tengah, usai Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029 pada 20 Oktober 2024. Jokowi akan pulang ke Solo pada 20 Oktober sore hari.

"Tanggal 20 Oktober sore saya pulang ke Solo," kata Jokowi di JCC Senayan, Jakarta, Selasa (8/10/2024).

Mantan wali kota Solo itu enggan mengungkapkan apa kegiatan yang akan dilakukannya setelah tidak lagi menjadi presiden. Dia hanya menyebut akan tidur di kediamannya di Solo.

"Pulang ke Solo dulu, tidur," ujar Jokowi.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo mulai menjabat sejak 20 Oktober 2014. Saat Pilpres tersebut, Jokowi terpilih sebagai presiden bersama pasangannya, Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Dalam Pilpres 2019, Jokowi kembali terpilih untuk masa jabatannya yang kedua. Kali ini, Presiden Joko Widodo didampingi oleh Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin. Keduanya dilantik pada 20 Oktober 2019 untuk masa jabatan hingga 20 Oktober 2024.

Masa jabatan Jokowi-Ma'ruf Amin akan berakhir pada 20 Oktober 2024. Sebagai pemenang Pilpres 2024, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan dilantik sebagai presiden dan wakil presiden periode 2024-2029 pada 20 Oktober mendatang.

 

Infografis Jokowi dan Keluarga Dilaporkan Kolusi-Nepotisme ke KPK. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jokowi dan Keluarga Dilaporkan Kolusi-Nepotisme ke KPK. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya