Tak Melulu Kopi, Minuman ini Bisa Bangkitkan Semangat Pagi

Tak melulu kopi, minuman berikut ini ternyata juga membangkitkan semangat di pagi hari

oleh Fitriana Monica Sari diperbarui 16 Des 2019, 09:42 WIB
Diterbitkan 16 Des 2019, 09:42 WIB
Liputan 6 default 3
Ilustraasi foto Liputan 6

Liputan6.com, Jakarta Pagi hari identik dengan semangat dalam mengawali hari karena biasanya badan cenderung lebih bugar setelah istirahat semalam sebelumnya. Mulai dari bangun tidur, mandi, dan juga sarapan jadi aktivitas rutin setiap pagi.

Biasanya, rutinitas pagi juga tak luput dengan secangkir kopi yang menemani. Sudah menjadi rahasia umum bahwa kopi merupakan minuman yang umum diminum pada pagi hari sebagai pemberi semangat.

Hal ini karena kopi mengandung zat kafein yang cukup tinggi agar seseorang merasa lebih aktif. Biasanya aktivitas ngopi bisa dilakuan sebelum berangkat ke kantor atau pagi hari saat Anda masuk kantor.

Meski ngopi bisa membuat Anda semangat dalam bekerja di kantor setiap pagi, nyatanya ada juga efek yang ditimbulkan dari kopi karena kandungan kafeinnya. Misalnya saja sakit kepala dan kecanduan yang cukup serius sehingga menjadi tidak sehat.

Tentu yang seperti ini perlu dihindari, apalagi bagi Anda yang suka ngopi di kafe mahal, bisa saja membuat kantong jebol. Oleh sebab itu, Anda perlu alternatif lain agar bisa semangat pagi tanpa harus minum kopi.

Apa sajakah itu? Jadi, tak melulu kopi, minuman berikut ini ternyata juga membangkitkan semangat di pagi hari, seperti dikutip dari Cermati.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Minuman Teh dan Variasinya

Liputan 6 default 3
Ilustraasi foto Liputan 6

Selain kopi, minum teh juga bisa membuat semangat tanpa harus meninggalkan kafein dari kopi. Hal ini karena teh juga mengandung kafein meski jumlahnya tak sebanyak kopi.

Beberapa jenis teh juga dikenal memiliki antioksidan sehingga membuat daya tahan tubuh terjaga. Cobalah minum teh sesuai selera misalnya teh melati, teh hitam, atau teh hijau.

Dari beberapa jenis teh kandungan kafein yang lebih rendah relatif aman buat beberapa organ tubuh seperti lambung atau jantung. Selain itu, variasi dari teh juga lebih banyak dan bisa membuat lebih semangat di pagi hari untuk siap beraktivitas.


2. Minum Air Putih Sesaat Setelah Bangun Tidur

Lip 6 default image
Gambar ilustrasi

Karena pada dasarnya manusia itu terdiri atas cairan, maka mengonsumsi minuman penambah cairan tubuh sangat diperlukan apalagi di waktu pagi sesaat setelah bangun tidur. Air putih merupakan salah satu solusi jitu agar pagi Anda lebih bersemangat dan lebih baik setiap hari.

Tanpa air putih yang dikonsumsi setiap pagi terutama saat baru bangun tidur, Anda bisa saja kekurangan cairan dan merasakan gejala seperti pusing dan lemas. Tubuh tanpa carian akan membuat seseorang tidak beraktivitas sebagaimana mestinya.

Hal ini karena air berguna dalam sistem metabolisme tubuh. Maka dari itu, biasakan minum air putih sebelum berangkat ke kantor atau setiap bangun tidur di pagi hari.

Bila perlu Anda juga bisa membawa botol berisi air minum ke kantor agar lebih mudah sewaktu-waktu meminumnya. Dengan ini tentu bisa membuat Anda terhindar dari dehidrasi dan selalu semangat di kantor.


3. Melakukan Olahraga Kecil Walau Sebentar

Ilustrasi jogging
Ilustrasi jogging. (Foto: pexels.com/Paul Sky)

Meski Anda sudah mengonsumsi minuman penambah semangat, jika tidak diimbangi dengan aktivitas fisik pada pagi hari, hasilnya sama saja. Anda perlu melakukan aktivitas fisik sebelum berangkat ke kantor sebagai ‘pemanasan’ agar tubuh biasa bergerak.

Jika Anda melakukan aktivitas fisik dan olaraga meski kecil saja, maka akan memperlancar peredahan darah juga. Jadi dengan aktivitas tersebut, sudah bisa memberi semangat lebih pada diri Anda sendiri. 

Anda bebas menentukan olahraga apa yang perlu dilakukan, misalnya lari kecil atau pemanasan, tapi perlu diingat sesuaikan waktu tersebut dengan tepat. 

Lebih baik juga melakukan aktivitas tersebut di luar ruangan daripada di dalam ruangan karena sinar matahari pagi bermanfaat bagi tubuh.


4. Menyempatkan Diri untuk Sarapan Sehat

olahraga
ilustrasi sarapan/Photo by Ivan Timov on Unsplash

Sarapan atau makan pagi penting peranannya dalam memberi semangat Anda untuk bekerja di kantor dan aktivitas lainnya. Dengan sarapan, maka ada energi yang tersimpan pada diri sendiri sebagai bekal untuk beraktivitas.

Sempatkanlah diri untuk sarapan, terutama dengan makanan yang sehat dan bergizi. Sebab hal ini akan membuat tubuh bisa lebih semangat dan siap menjalani hari beserta rutinitasnya. 


5. Dengarkan Musik Favorit

Ilustrasi mendengarkan musik
Ilustrasi (iStock)

Selain memberi asupan pada fisik, mental juga perlu diberikan asupan agar suasana hati (mood) bagus untuk mengawali hari. Anda bisa mendengarkan musik favorit di pagi hari yang bisa membangkitkan semangat dalam beraktivitas.

Tapi perlu diingat, dengarkan musik yang memiliki irama ceria. Sebab hal ini bisa memengaruhi perasaan Anda setelah mendengarkan musik tersebut.

Hindari mendengarkan musik sendu walau itu adalah musik favorit. Sebab bukannya semangat, bisa-bisa Anda malah terhanyut sedih. Bukannya semangat, mood bisa saja kacau seharian nanti.

Awali Hari dengan Semangat Penuh

Beberapa jenis kegiatan dan makanan di atas terbukti mampu meningkatkan semangat di pagi hari setiap orang. Jadi tanpa harus minum kopi bahkan dengan uang yang sedikit, Anda bisa mendapatkan semangat pagi untuk beraktivitas.

Semangat juga bisa didapat jika dari dalam diri sendiri memiliki kemauan untuk selalu positif setiap harinya. Awali hari dengan semangat penuh, aktivitas pun lancar.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya