6 Perubahan Gaya Hidup Ini Bantu Tingkatkan Fungsi Pendengaran

Ada berbagai alasan yang menyebabkan seseorang menderita gangguan pendengaran akibat penuaan hingga penyakit.

oleh Aprilia Wahyu Melati diperbarui 07 Jun 2023, 22:01 WIB
Diterbitkan 07 Jun 2023, 22:01 WIB
Dengarkan Apa yang Dikatakan Orangtua
Ilustrasi Anak dan Orangtua Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Liputan6.com, Jakarta Pendengaran kian berkurang seiring bertambahnya usia seseorang. Karena itu, kesehatan telinga harus tetap dijaga agar tetap berfungsi dengan baik. Dalam hal ini, gaya hidup bisa sangat memengaruhi.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pendengaran berkaitan dengan fungsi kognitif dan kesehatan otak. Kehilangan pendengaran dapat meningkatkan risiko demensia dan kondisi kesehatan mental lainnya. Pendengaran adalah bagian integral dari hidup dan membantu menikmati percakapan dan mengambil bagian aktif di dalamnya. Hal ini memungkinkan Anda untuk mendengarkan musik dan memahami film. Selain itu, juga dapat mengingatkan kita jika ada potensi bahaya di sekitar kita.

Ada berbagai alasan yang menyebabkan seseorang menderita gangguan pendengaran akibat penuaan hingga penyakit.

“Ada berbagai alasan yang menyebabkan gangguan pendengaran termasuk usia, kebisingan, genetika, penyakit, gangguan saraf, obat-obatan, bahan kimia, trauma fisik, dan faktor neurobiologis. Kabar baiknya adalah setengah dari kasus gangguan pendengaran dan ketulian dapat dicegah,” jelas dokter Nitin Sharma.

Melansir Hindustan Times, Rabu (7/6/2023), berikut ini adalah beberapa perubahan gaya hidup yang Sharma sarankan untuk menjaga kesehatan pendengaran yang lebih baik.

1. Jaga nutrisi

Diet tinggi B12 mengurangi kemungkinan mengembangkan kondisi terkait pendengaran. Sementara asupan lemak, zat besi, dan kalsium yang tinggi memiliki efek sebaliknya. Selain itu, vitamin D juga mengurangi gangguan pendengaran, selain asupan buah dan sayuran yang tinggi.

2. Lakukan olahraga ringan

Olahraga tidak hanya dapat mengurangi risiko berbagai kondisi yang melemahkan, tetapi bahkan dapat membantu melindungi dari gangguan pendengaran yang berkaitan dengan usia. Namun, pastikan Anda tidak melakukannya secara berlebihan.

3. Hindari merokok

Anda harus menjauhi rokok karena perokok pasif pun dapat menyebabkan gangguan pendengaran, menurut penelitian.

4. Tidur yang cukup

Kurang tidur dapat menyebabkan masalah signifikan dengan kesehatan fisik dan mental Anda. Salah satunya termasuk gangguan pendengaran.

5. Hindari suara keras atau perhatikan tingkat kebisingan

Kebisingan keras cenderung menjadi penyebab paling signifikan gangguan pendengaran. Jadi, hindari mendengarkan musik keras melalui headphone untuk waktu yang lama. Selain itu, kenakan pelindung pendengaran di lingkungan yang bising seperti lokasi konstruksi dan klub malam.

6. Tes pendengaran secara teratur

Seiring bertambahnya usia, Anda harus menghubungi audiolog dan menjadwalkan setidaknya 1 tes pendengaran setiap tahun. Ini juga dapat membantu Anda mendiagnosis potensi penyebab gangguan atau kehilangan pendengaran sebelum menyebabkan kerusakan permanen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya