Gara-gara Abjad, Audi dan Fiat Saling Sikut

Audi menyiapkan dana mencapai US$ 26 miliar untuk melakukan ekspansi lini model Q.

oleh Yongki Sanjaya diperbarui 20 Jan 2015, 14:11 WIB
Diterbitkan 20 Jan 2015, 14:11 WIB
Audi dan Fiat Berebut Hak Paten Nama Mobil
Audi menyiapkan dana mencapai US$ 26 milyar untuk melakukan ekspansi lini model Q.

Liputan6.com, London - Dewasa ini, penggunaan kombinasi abjad dan angka sebagai kode nama model atau varian kendaraan dinilai seksi. Diantara 26 huruf abjad, 'Q' pun menjadi salah satu huruf yang laris digunakan dalam industri otomotif.

Saking larisnya, dua raksasa otomotif Eropa yakni Fiat dan Audi melepas lini model kendaraan mereka dengan nama Q. Bahkan, kedua pabrikan ini dikabarkan tengah berseteru mengenai hak paten untuk nama mobil terbaru yang akan mereka ciptakan.

Seperti dilansir dari Leftlanenews, Senin (19/1/2015), baik Fiat maupun Audi bersikeras ingin memberi nama Q2 dan Q4 untuk kendaraan terbaru yang mereka ciptakan.

Pada Audi, lini model Q terdiri dari jajaran mobil berjenis SUV. Dikabarkan, Audi kini bersikeras untuk bisa menggunakan nama Q2 dan Q4 untuk SUV turunan dari Q1 dan Q7.

Di lain pihak, Fiat juga sempat menggunakan nama Q2 untuk lini model sedan 159 yang diproduksi Alfa Romeo. Pada grup Fiat, Q2 digunakan pada model yang dibekali differensial elektronik dan Q4 bermakna kendaraan dengan penggerak all wheel drive.

Audi yang sedang melakukan ekspansi lini model pun rela menggelontorkan dana mencapai US$ 26 milyar agar dapat menggunakan nama Q2 dan Q4.

Uniknya, meski Alfa Romeo berencana untuk tak lagi menggunakan nama Q2 dan Q4 untuk lini model mereka, Fiat Grup yang menaungi Alfa Romeo tetap enggan mengalah kepada Audi untuk memberi hak paten nama Q2 dan Q4. (Ysp/Des)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya