Dream Bike, Motor Penyelamat Korban 9/11

Honda CB750 ini bisa jadi merupakan motor yang paling memiliki kisah haru karena ia dimiliki relawan yang meninggal pada tragedi 9/11.

oleh Rio Apinino diperbarui 16 Jun 2015, 04:32 WIB
Diterbitkan 16 Jun 2015, 04:32 WIB
Honda CB750
Honda CB750 milik pemadam kebakaran yang meninggal pada Peristiwa 9/11.

Liputan6.com, New York - Honda CB750 lansiran 1979 ini bisa jadi merupakan motor yang paling memiliki kisah haru. Pasalnya, motor ini dimiliki oleh salah satu pemadam kebakaran yang meninggal saat Peristiwa 9/11 pada 2001 silam.

Melansir Motorbikewriter pada Selasa (16/6/2015), sepeda motor itu dibeli oleh Gerard Baptiste, pemadam kebakaran kota New York pada 2001. Motor yang dibelinya seharga US$ 100 itu adalah motor pertamanya. Sayang, motor itu tidak bisa digunakan karena rusak. Rencananya, jika ada uang, Baptiste akan merestorasi motor tersebut.

Pada Peristiwa 9/11, Baptiste adalah salah satu petugas pemadam kebakaran yang berani menaiki North Tower untuk menolong orang-orang yang terjebak di lantai atas. Sayang, ia meninggal dalam tugas tersebut.

Setelah Baptise meninggal, rekan-rekannya memutuskan untuk merestorasi motor Baptise sebagai bentuk penghormatan. Sekira 15 bulan motor tersebut direstorasi dengan bantuan klub motor, bengkel restorasi, serta beberapa perusahaan.

Setelah direstorasi, motor tersebut diberi julukan 'Bike of Healing' atau 'Dream Bike'. Motor tersebut kemudian disimpan di Museum 9/11 di New York, museum yang memang dimaksudkan sebagai tempat penghormatan bagi para korban 9/11.

Selain di museum, sepeda motor ini juga pernah ditampilkan di tempat lain. Misalnya, di French-American School of New York Museum of Firefighting yang terletak di Hudson.

Di Museum 9/11 sendiri, bike of healing ini disimpan khusus di 'Tribute Walk', yaitu tempat khusus untuk menyimpan benda-benda kenangan dari para korban serta orang-orang pertama yang menolong para korban persis setelah gedung runtuh.

(rio/gst/sts)

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya