Mobil Iron Man Cetak Rekor Dunia

Sebuah perjalanan dari Los Angeles ke New York yang menuai perhatian.

oleh Gesit Prayogi diperbarui 22 Jun 2015, 12:07 WIB
Diterbitkan 22 Jun 2015, 12:07 WIB
Mobil Iron Man Cetak Rekor Dunia
Sebuah perjalanan dari Los Angeles ke New York yang menuai perhatian.

Liputan6.com, California - Mobil listrik karya Iron Man dunia nyata -- julukan Elon Musk -- kian diminati konsumen dunia. Para pemiliknya pun gencar mengetes Model S.

Setelah sebelumnya Team Qik bisa berkendara tanpa henti selama sembilan jam dengan Model S, kini giliran sebuah perjalanan dari Los Angeles ke New York yang menuai perhatian.

Betapa tidak, sebagaimana dilansir dari Jalopnik, Senin (22/6/2015), Carl Reese, Deena Mastracci, dan Rodney Hawk sukses membukukan rekor dunia versi Guiness Book of World Records.

Menariknya, rekor yang didapuk trio tersebut terbilang unik. Mereka bukan untuk mencatatakan rekor mengemudi dengan Model S paling lama. Tapi, sebuah rekor untuk lamanya waktu pengisian baterai dalam menempuh jarak 4.845 km (Los Angeles ke New York), yakni 12 jam.

Melalui sebuah video, mereka pun menjelaskan bagaimana upaya mendapatkan rekor dunia dimulai. Perjalanan ini menggunakan Model S berkelir merah dan berawal di City Hall, Los Angeles pada 16 April pukul 11.41 waktu setempat.



Nah, sepanjang perjalanan mereka pun menyambangi beberapa tempat pengisian baterai yang disediakan Tesla. Lokasi pertama adalah Barstow, California, di sini waktu pengisian dicatat, begitu pula dengan tempat-tempat yang lain sepanjang rute ribuan kilometer.

Tak puas dengan rekor ini, Reese pun berambisi membuat catatan sejarah lainnya. "Kami akan membuat banyak rekor," katanya.

Sekadar informasi mobil yang digunakan adalah Tesla Model S P85D. Mobil ini punya motor listrik 85 kWh yang mampu memproduksi tenaga 416 Tk dan torsi 600 Nm.

Saat pengujian dengan standar EPA, Model S P85D mampu memiliki efisiensi setara 89MPGe (2,64 L/100 km) dan 88 mpg (2,7 L/100 km; 10 mpg) di kondisi perkotaan. Menyoal performa, sedan listrik ini mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam 3,2 detik.

(gst/sts)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya