Selain Jalan Berlubang, Ada Lagi Jenis Jalan Lain yang Harus Diwaspadai

Selain faktor human error atau manusia itu sendiri, kecelakaan bisa saja mengintai lantaran kondisi jalan.

oleh Herdi Muhardi diperbarui 27 Mei 2018, 10:10 WIB
Diterbitkan 27 Mei 2018, 10:10 WIB
Protes Jalan Rusak ala Seniman Sumenep
Tak jarang pengendara mengalami kecelakaan akibat jalan rusak ini. (Liputan6.com/Mohamad Fahrul).

Liputan6.com, Jakarta - Ritual mudik Lebaran sebentar lagi. Tentu saja para pemudik menggunakan berbagai kendaraan transportasi untuk sampai di kampung halaman.

Kendati begitu, para pemudik harus waspada, karena selain faktor human error atau manusia itu sendiri, kecelakaan bisa saja mengintai lantaran kondisi jalan.

Menurut pendiri dan instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Palubuhu, ada beberapa kondisi jalan yang menyebabkan kecelaaan.

“Seperti blind spot. Biasanya itu terjadi di tikungan, seperti di daerah pegunungan atau berbukit,” ucap Jusri kepada Liputan6.com, Sabtu (26/5/2018).

Tak dapat dimungkiri, kecelakaan di jalan bisa saja disebabkan karena terguling, ditabrak, adu banteng, atau dihantam dari arah belakang.

Selain itu, Jusri juga menyatakan kondisi jalanan yang perlu diperhatikan lainnya yaitu ketika berada di jalan yang lapang dan luas.

“Hal ini dapat memancing pengemudi untuk melaju kendaraan untuk lebih cepat,” katanya.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:


Selanjutnya

Jalur Tegal-Purwokerto
Jalan nasional yang berada di jalur tengah Jawa Tengah atau jalan Tegal-Brebes-Purwokerto di wilayah Kabupaten Brebes dan Tegal kondisinya rusak parah sejak dua bulan belakangan. (Liputan6.com/Fajar Eko Nugroho)

Kondisi jalanan lainnya yang patut diwaspadai adalah jalan licin. Hal tersebut bisa saja membuat kendaraan hilang kendali.

Jusri menyarankan, pemudik yang hendak ke wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur ada baiknya lebih berhati-hati terutama ketika melintasi jalur tol fungsional.

“Ini karena jalan dengan permukaan badan bahu jalan tinggi, dapat membuat mobil keluar badan jalan langsung sering terguling sehingga menyebabkan kecelakaan. Itu perlu disikapi,” tuturnya.

Beberapa jenis jalan lain yang dapat menyebabkan kecelakaan, yaitu jalanan rusak, berlubang, terhalang pandangan, tidak berlampu, tak ada marka dan rambu jalan, serta marka dan rambu rusak.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya