Krisis Microchip, Hyundai Siap Memberdayakan Industri Lokal

Menyikapi krisis microchip, Hyundai, langsung bergerak cepat untuk menggandeng mitra industri lokal untuk membuat microchip agar dapat kembali beroperasi dengan normal.

oleh Fahmi Rizki diperbarui 17 Jun 2021, 15:00 WIB
Diterbitkan 17 Jun 2021, 15:00 WIB
Hyundai investasi di Amerika Serikat senilai Rp 105 miliar (nbc2)
Hyundai investasi di Amerika Serikat senilai Rp 105 miliar (nbc2)

Liputan6.com, Jakarta - Krisis microchip yang tengah melanda pabrikan otomotif, membuat para produsen harus bergerak cepat. Alasannya, mereka tidak ingin masalah ini berlanjut dan bisa mendapatkan vendor baru untuk melanjutkan produksi yang sempat terhenti.

Salah satu produsen mobil yang dikabarkan sudah mengambil langkah adalah Hyundai. Dalam sebuah informasi yang dirilis Reuters, produsen mobil asal Korea, sudah mendekati para industri lokal untuk bisa membuat microchip guna meminimalisir ketergantungan pada pasar global.

Meski hal tersebut dianggap tidak berjalan dengan mulus lantaran adanya perbedaan teknologi, namun Hyundai sudah melakukan pembicaraan dengan beberapa vendor yang dipercaya bisa membuat microchip untuk mobil Hyundai.

"Selain menghadapi hambatan masuk yang tinggi ke pasar chip mobil, proses kualifikasi yang panjang dan ketat membuat lebih sulit bagi perusahaan chip yang lebih kecil untuk merancang chip mobil," ujar salah satu sumber dari vendor tersebut.

Masih menurut sumber tersebut, untuk bisa menjadk pemasok microchip mobil, membutuhkan waktu empat sampai lima tahun. Sedangkan untuk merancang dan memproduksi chip yang diperuntukkan peralatan rumah tangga, waktu yang dibutuhkan kurang lebih satu tahun.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sempat Berhenti Beroperasi Lantaran Krisis Microchip

Produksi Hyundai Ioniq 5 Mengalami Kendala (Hyundai)
Produksi Hyundai Ioniq 5 Mengalami Kendala (Hyundai)

Salah seorang sumber Hyundai yang enggan disebutkan namanya, juga mengkonfirmasi bahwa pihaknya memang tengah menjajakan kerja sama agar bisa menanggulangi krisis microchip yang sudah berlangsung lebih dari satu bulan ini.

"Perusahaan sedang mengejar rencana untuk 'melokalkan' chip mobil dalam upaya untuk mendiversifikasi rantai pasokan di Korea Selatan setelah mengalami masalah sumber chip, sebagian besar disebabkan oleh pemasok yang berada di luar negeri," kata sumber tersebut.

Akibat dari kelangkaan tersebut, Hyundai sempat melakukan penghentian produksi dalam beberapa waktu karena terganggu dengan pemasok microchip yang langka.

Kekurangan chip global diperkirakan akan berlanjut hingga kuartal kedua 2022, menurut perusahaan riset Gartner.


Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia
Banner Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya