Auto2000 Siap Kawal Konsumen Selama Libur Natal dan Tahun Baru 2023

Auto2000 mendirikan Posko Siaga dan mengoperasikan Bengkel Siaga selama libur Natal dan Tahun baru 2023, mulai 23 Desember 2022 hingga 6 Januari 2023.

oleh Amal Abdurachman diperbarui 22 Des 2022, 13:03 WIB
Diterbitkan 22 Des 2022, 13:03 WIB
Auto2000 Siap Kawal Konsumen Selama Libur Natal dan Tahun Baru 2023
Auto2000 Siap Kawal Konsumen Selama Libur Natal dan Tahun Baru 2023 (ist)

Liputan6.com, Jakarta - Auto2000 mendirikan Posko Siaga dan mengoperasikan Bengkel Siaga selama libur Natal dan Tahun baru 2023, mulai 23 Desember 2022 hingga 6 Januari 2023.

3 Posko Siaga Auto2000 yang beroperasi selama 24 jam siap mengawal konsumen berlibur. Posko mudik ini berlokasi di Posko Cikampek Rest Area Km 57 – Auto2000 Cikarang, Posko Probolinggo Rest Area Utama Raya – Auto2000 Probolinggo, dan Posko Siaga Cisarua – Puncak Raya Hotel.

Posko Siaga Auto2000 melayani kebutuhan servis berkala dan pekerjaan perbaikan kendaraan ringan dengan waktu pengerjaan di bawah 2 jam. Personil posko siaga terdiri dari setidaknya 3 teknisi, 1 foreman atau service advisor, 1 penanggung jawab posko siaga, dan 1 penanggung jawab prokes COVID-19. 

Bengkel Siaga Auto2000

113 layanan Bengkel Siaga Auto2000 tetap buka seperti biasa pada mulai 23 Desember sampai 1 Januari 2023, di mana 77 bengkel buka pada 25 Desember 2022 dan 59 bengkel buka pada 1 Januari 2023.

Jam operasional bengkel siaga pukul 08.00 – 16.00 WIB, dan melayani seluruh kebutuhan perawatan kendaraan pelanggan seperti biasa, mulai dari servis berkala hingga perbaikan berat tanpa ada tambahan biaya jasa dan parts.

“Urusan Toyota lebih mudah, Auto2000 mendirikan 3 Posko Siaga yang beroperasi 24 jam penuh, kemudian juga ada bengkel siaga yang tetap buka di hari libur Natal dan Tahun Baru 2023. Selamat berlibur dan semoga selamat dalam perjalanan pergi sampai kembali pulang,” jelas Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000, Kamis (22/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cek Komponen-Komponen Mobil Berikut Ini Sebelum Berangkat Libur Natal dan Tahun Baru 2023

Beragam alat transportasi bisa digunakan oleh masyarakat yang ingin bepergian menikmati libur Natal dan Tahun Baru 2023. Salah satunya kendaraan roda empat atau mobil yang lebih fleksibel dan juga menyenangkan ketika bepergian dengan keluarga.

Namun demikian kendaraan pribadi juga punya risiko di dalam perjalanan panjang. Di samping membutuhkan stamina yang baik, persiapan kendaraan sangat penting demi menunjang kelancaran, kenyamanan, dan keamanan selama perjalanan liburan bersama keluarga.

Sebelum memulai perjalanan ada beberapa hal yang harus dilakukan terhadap kendaraan yang akan digunakan berlibur. Berikut beberapa komponen penting kendaraan yang harus diperiksa. 

Radiator dan Ban

Mengecek radiator merupakan hal paling mendasar sebelum melakukan perjalanan yang jauh. Coba periksa apakah air radiator masih cukup banyak dan sesuai standar atau tidak.

Selain itu, ada baiknya jika mobil yang digunakan sudah berumur untuk menguras air radiator yang ada. Seperti yang diketahui, radiator merupakan salah satu komponen mobil yang berfungsi untuk mendinginkan suhu mesin terutama jika digunakan untuk perjalanan jauh.

Komponen vital lainnya adalah ban. Perjalanan yang jauh tentu akan menguji kondisi dan kekuatan ban mobil. Karena itu perlu mengecek kondisinya sebelum melakukan perjalanan panjang. Lihat apakah keadaan ban masih layak pakai, serta jangan sampai lupa untuk mengecek tekanan angin pada mobil Anda. 


Oli Transmisi

Bagian penting lainnya adalah oli transmisi. Coba periksa apakah kondisinya masih layak dipakai. Pelumas transmisi untuk mobil manual disarankan untuk diganti apabila mobil sudah menempuh jarak lebih dari 20 ribu kilometer.

Untuk mobil manual, mengecek kopling adalah sebuah keharusan setelah mobil digunakan untuk jarak tempuh yang jauh dan macet. Untuk mengecek apakah ada kendala pada bagian kopling atau tidak, caranya mudah.

“Coba rasakan apakah ada perbedaan pada saat perpindahan gigi, apakah sering terjadi slip atau justru transmisi susah dipindahkan. Jika terjadi hal demikian, maka segera ganti kampas kopling mobil," jelas Brahma Putra Mahayana, Technical Specialist PT Pertamina Lubricants (PTPL). 

Mobil Matic

Pada mobil bertransmisi matic, akan dilakukan pengecekan oli transmisi setiap 40.000 km. Jika ditemukan kekurangan pada oli transmisi ini sebaiknya segera ditambah untuk menghindari terjadinya kerusakan pada sistem transmisi.

Pada mobil matic, sistem transmisi juga bisa mengalami keausan, imbasnya akan ada partikel. Misalnya kotoran seperti debu halus yang merupakan produk keausan tersebut. Lama kelamaan debu ini akan bisa mengubah properties Pelumas seperti viskositas, warna, an lain-lain.

“Contohnya warna, apabila oli matic menjadi lebih gelap ada baiknya transmisi matic melakukan flushing atau pengurasan oli secara total,” imbuh Brahma.  

Aki dan Rem

Komponen lain yang juga tidak kalah penting untuk diperiksa adalah aki. Apabila aki yang digunakan adalah aki basah, coba cek kondisi rumah aki apakah kekurangan air atau tidak. Bukan cuma itu, periksa juga bagian terminal dan kualitas air aki. Biasanya, aki yang dalam kondisi baik memiliki angka 12 sampai 13 Volt jika dites menggunakan voltmeter saat mesin dalam kondisi mati.

Begitu juga pengereman. Jangan pernah mengabaikan pengecekan rem sebelum menempuh perjalanan jauh.

Lakukan pengecekan ketebalan kampas serta minyak rem, lihat juga apakah ada ciri-ciri kebocoran atau tidak. Jangan karena lupa melakukan pemeriksaan, rem mobil tidak bisa difungsikan saat dikendarai saat liburan ya. 

Sumber: Otosia.com

Infografis Peranan Penting Orang Tua dalam Pengasuhan Anak (Parenting)
Infografis peranan penting orang tua dalam pengasuhan anak (parenting) Source: Kementerian Sosial Reublik Indonesia
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya