Deretan Motor Listrik di Indonesia, Ternyata Ada yang Harganya Murah Lho!

Motor listrik mulai menjadi fokus utama dalam menciptakan transisi energi yang berkelanjutan.

oleh Fachri pada 06 Feb 2023, 19:45 WIB
Diperbarui 06 Feb 2023, 19:44 WIB
Motor Listrik.
Ilustrasi motor listrik. (Foto: Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta Motor listrik mulai menjadi fokus utama dalam menciptakan transisi energi yang berkelanjutan. Seluruh pihak berlomba-lomba dalam membangun ekosistem tersebut. 

Bahkan, saat ini pemerintah fokus dalam mengembangkan dan mendukung motor listrik di Indonesia dengan berbagai strategi. Salah satunya adalah dengan memberikan subsidi atau insentif sebesar Rp7 juta per unit.

Hal tersebut dikemukakan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Rida Mulyana. Ia menyampaikan bahwa ini berlaku untuk pembelian motor listrik baru maupun konversi dari motor BBM ke motor listrik.

"Yang salah satunya insentif berupa bantuan yang tadi disebut Rp7 juta, baik untuk yang pembelian motor baru maupun yang konversi," katanya di sela-sela Konferensi Pers Kinerja Sektor ESDM 2022 dan Target 2023, Senin (30/1/2023).

Pemerintah sangat concern terhadap industri motor masa depan di Indonesia. Selain itu, pelaku industri pun sangat terbuka dalam membangun ekosistem industri motor ini. Kini, sudah banyak pabrikan yang akan melantai di ekosistem kendaraan listrik.

Mulai dari Honda, United, UWinfly, Viar, Volta, Selis, hingga Polytron berlomba-lomba merilis motor listrik buatan mereka. Berbagai pabrikan tersebut juga siap memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia.


Harga Motor Listrik di Indonesia

Sepeda motor listrik Honda di Indonesia Motorcycle Show atau IMOS 2022.
Sepeda motor listrik Honda di Indonesia Motorcycle Show atau IMOS 2022. (Liputan6.com/Amal Abdurachman)

Berbicara terkait harga, harga motor listrik di Indonesia masih cukup bervariatif. Memang harganya masih tergolong mahal, akan tetapi motor listrik memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan motor konvensional lainnya.

Karena berbasis elektrifikasi, motor listrik dijamin ramah lingkungan. Kendaraan satu ini tidak akan membuang gas emisi yang berlebihan dan mencemari lingkungan secara massif. 

Selain itu, motor listrik juga tidak akan menimbulkan polusi suara atau mengeluarkan suara yang bising di jalanan. Itu bisa terjadi karena tidak ada pembakaran di dalam mesin kendaraan ini.

Terlepas dari kelebihan yang dimiliki oleh kendaraan tersebut, terdapat beberapa kekurangan yang masih bisa Anda rasakan.

Akan tetapi, kekurangan tersebut seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi, akan semakin terminimalisir. 

Untuk mengetahui harga motor listrik di Indonesia, Anda bisa lihat daftarnya di bawah ini.

Motor Listrik Honda

Honda V-GO
Motor listrik Honda V-GO (xcar.com.cn)

Pabrikan otomotif asal Jepang ini tak ingin ketinggalan untuk meramaikan ekosistem motor listrik. Honda tengah serius dalam menggarap jenis motor masa depan ini. Bahkan, Honda telah meluncurkan beberapa model motor listrik Honda, seperti Honda V-Go.

Motor tersebut memiliki daya 2000 watt yang dapat melaju hingga kecepatan maksimal 55 km/jam. Motor dari Honda tersebut dibuat dengan menggunakan bahan dasar baterai lithium dengan kualitas yang tinggi, yakni Tesla S.

Tertarik untuk membelinya? Eits, sabar dulu! Motor ini masih diperkenalkan di pasar dunia dan di Indonesia akan dirilis secepatnya. Motor ini juga akan dibanderol mulai dari Rp16 jutaan, lho.

Motor Listrik Gesits

Motor listrik Gesits untuk PLN (Instagram @Gesitsmotors)
Motor listrik Gesits untuk PLN (Instagram @Gesitsmotors)

Gesits merupakan karya anak bangsa, lho. Sejak awal kemunculannya pada 2016 lalu, pabrikan satu ini sudah menggebrak pasar secara fenomenal.

Motor masa depan dari Gesits ini memiliki 3 varian yang bisa Anda kendarai, seperti ECO (45 km/jam), Urban (60 km/jam), dan Sport (70 km/jam). Untuk akselerasi 0-50 km per jam diklaim selama lima detik, namun kecepatan maksimalnya dibatasi 70 km per jam.

Dilansir dari situs resminya, motor listrik Gesits menggunakan tenaga listrik dengan daya motor 5KW. Sekali pengisian daya, motor ini bisa digunakan untuk berkendara sejauh sekitar 50 kilometer untuk baterai tunggal dan 100 kilometer untuk baterai ganda.

Jenis baterai yang digunakan oleh kendaraan ini lithium-ion 72 Volt/20 Ah yang diletakkan di bagasi. Selain itu, waktu pengisian baterai memerlukan waktu 3-4 Jam. 

Dan jika Anda memiliki motor ini, akan mendapatkan garansi selama tiga tahun, lho. Bicara soal harga, motor listrik karya anak bangsa ini dibanderol mulai dari Rp28 jutaan

Motor Listrik Viar

Sepeda motor listrik Viar Q1
Sepeda motor listrik Viar Q1 (Istimewa)

Viar Motor Indonesia telah merilis tiga lini produknya, seperti Viar Q1, Viar N1, dan N2. Untuk dua produk teranyarnya, N1 dan N2, Viar ingin menjawab kebutuhan kendaraan listrik yang memiliki daya jelajah lebih jauh, tenaga lebih besar, praktis digunakan dengan fitur yang fungsional, serta dibalut tampilan modern dan kekinian.

Untuk spesifikasinya sendiri, Viar Q1 menggunakan baterai Lithium-Ion 60v 23 Ampere dengan tenaga penggerak 800 Watt. Dengan baterai seperti itu, membutuhkan waktu pengecasan selama 4-5 jam dari 0 ke 100 persen.

Selain itu, Viar Q1 juga mampu menempuh jarak 60 kilometer dengan kecepatan maksimal 60 km/jam. Viar Q1 dibanderol mulai dari Rp18 jutaan. 

Sementara untuk Viar N1, menggunakan motor penggerak tipe BLDC berkekuatan 1.500 watt dengan dukungan satu buah baterai berdaya 60v23Ah. 

Sedangkan Viar N2 menggunakan motor berkapasitas hampir dua kali lipatnya yaitu 2.000watt. Suplai energinya dari dua buah baterai sebagai yang dirangkai secara paralel dengan masing-masing battery berdaya 60v23Ah.

Dalam kondisi baterai penuh, Viar N1 dapat menempuh jarak hingga 60 km dengan kecepatan maksimum 60 km/jam. Sementara Viar N2 dengan dua buah sumber daya penggerak motornya dapat menjelajah jarak hingga 110 km dengan kecepatan maksimum sama 60 km/jam.

Viar N1 sudah dipasarkan dengan harga Rp25 jutaan dan Viar N2 dibanderol Rp34 juta untuk wilayah Jabodetabek.

Motor Listrik Yamaha

Yamaha E01
Motor listrik Yamaha E01. (ist)

Yamaha juga sudah resmi merilis lini produknya yang akan bersaing di jalanan Indonesia, salah satunya adalah Yamaha E01. Desain motor ini sekilas tak jauh dibandingkan dengan Yamaha NMAX.

Yamaha E01 mengusung baterai lithium-ion berkapasitas 4,9 kWh. Selain itu, pengendara juga dimanjakan dengan tiga macam mode berkendaranya, seperti Eco, Standar, dan Power. Masing-masing mode akan menghasilkan output power yang berbeda pula.

Motor ini juga sudah menyematkan fitur keyless dan juga panel instrumennya sudah digital. Dan untuk port pengisian listriknya, berada di bodi bagian depan motor.

Sayangnya, motor ini belum dibanderol dengan harga resmi, ditunggu saja!

Motor Listrik Volta

Volta
Volta Mandala, motor listrik dengan perawakan mirip dengan Vespa. (ist)

Volta Indonesia sudah meluncurkan dua lini produknya dalam ekosistem kendaraan listrik, yaitu Volta 401 dan Volta Virgo. Keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. 

Dari sisi tampilan, Volta 401 memiliki ciri khas desain bodi yang sporty. Selain itu, motor ini memiliki jarak tempuh 120 km dengan kecepatan maksimum sekitar 60 km per jam.

Volta 401 menggunakan baterai berjenis lithium dengan kapasitas 60V 23 Ah dan daya maksimum 1.500 watt. Harga dari Volta 401 dibanderol sebesar Rp15 jutaan untuk wilayah DKI Jakarta. 

Sementara untuk Volta Virgo, motor ini memiliki bentuk yang cenderung elegan. Secara teknis, Volta Virgo memiliki jarak tempuh sejauh 130 km dan kecepatan maksimum hanya sebesar 55 km per jam.

Untuk baterainya, Volta Virgo dilengkapi dengan baterai berjenis lithium berkapasitas 60V 23 Ah. Sementsra daya maksimum yang bisa dihasilkannya sebesar 1.000 watt.

Dibanding dengan Volta 401, harga dari Volta Virgo jauh lebih mahal, yaitu sebesar Rp17 jutaan.


Harga Motor Listrik Indonesia Lainnya

Motor Listrik Rakata Unjuk Gigi di PEVS 2022 (Ist)
Motor Listrik Rakata Unjuk Gigi di PEVS 2022 (Ist)

Sementara untuk harga motor listrik Indonesia lainnya, seperti dikutip dari Otosia.com berikut ini daftarnya.

Alva One

Motor Listrik ALVA ONE di GIIAS 2022
Mengusung tagline "Change the Game", hadirnya merek ALVA diharapkan dapat membawa perubahan positif terhadap industri motor listrik di Indonesia. (Otosia.com/Nazarudin Ray)

Alva One mengusung daya pacu sebesar 5.4 PS dan torsi puncak 46.5 Nm. Skutik bongsor ini diklaim bisa mencapai kecepatan maksimal 90 km/jam, dengan jarak tempuh sejauh 70 km dalam sekali pengecasan. Motor listrik ini dijual dengan harga on the road Rp34.990.000 untuk wilayah Jabodetabek.

Davigo Space

Motor listrik Davigo Space
Motor listrik Davigo Space (Oto.com)

Davigo Space sanggup menjelajah sejauh 120 km dalam sekali pengisian daya penuh. Jika dicas selama dua jam, motor ini dapat berjalan sejauh 60 km. 

Selain itu, kecepatan motor ini mencapai 55 km/jam. Motor ini dijual dalam status off the road seharga Rp18,7 juta.

Polytron Fox-R

Motor listrik Polytron Fox-R
Motor listrik Polytron Fox-R (Amal/Liputan6.com)

Fox-R dibekali berbagai fitur modern, seperti desain sporti, digital panel meter, dual disc brakes, posisi berkendara yang nyaman, bisa berjalan mundur, mempunyai jarak tempuh 130 km dan kecepatan maksimal 90 km/jam.

Motor yang desainnya mirip Yamaha NMAX ini ditawarkan dengan harga Rp18 juta.

NIU Gova 05

NIU Gova 03
NIU Gova 03 (NIU)

NIU Gova 05 mengandalkan motor listrik 3.000 Watt dan kapasitas baterai 72V 45Ah. Dengan bekal tersebut, motor ini disinyalir mampu melaju hingga kecepatan 85 km/jam dan jarak tempuh sejauh 72 km

Motor listrik Niu Gova 05 dibekali dengan baterai 72V 45Ah berjenis Lithium Energy generasi ke-4 dari Niu. Adapun untuk dinamo listriknya menggunakan 3.900 watt dengan kecepatan puncak 85 km per jam. Di pasaran, motor ini dibanderol dengan harga Rp16,9 juta. 

Rakata NX8

 

 

Motor Listrik Rakata
Rakata NX3 dan NX8 mirip-mirip Yamaha NMAX dan XSR 155, 25/7/2022 (Istimewa)

Rakata NX8 memiliki desain sporty dan dilengkapi dengan dinamo penggerak 2.000 watt serta battery pack lithium ion 72 Volt 50 Ah.

Rakata NX8 mampu menempuh jarak hingga 100 km dan memiliki kecepatan maksimum 80 km per jam. Rakata NX8 menggunakan ukuran ban 17 inci sehingga dapat menembus berbagai medan jalan. 

Rakata NX8 dipasarkan di harga Rp 54.750.000 on the road Jadetabek dan Jabar.

Rakata NX3

Motor Listrik Rakata
Tampilan panel informasi digital Rakata NX8 nyaris serupa Yamaha MT-25, 25/7/2022 (Istimewa)

Berbeda dengan NX8, Rakata NX3 memiliki model Maxi dengan desain premium yang mengusung drive train atau motor penggerak berkekuatan 2.000 watt. 

Rakata NX3 ditenagai oleh battery pack lithium ion dengan rating kapasitas sebesar 72 Volt 26 Ah (removable) yang mampu memacu motor sampai dengan kecepatan maksimum 80 km/jam dengan jarak tempuh 80 km. Rakata NX3 dibanderol Rp41.100.000 on the road.

Minerva Electron M1

#11TahunAnniversaryOtosia: 11 Motor Listrik yang Mengaspal di Indonesia Tahun 2022
Minerva Electron M1 (Otosia.com/Nazar Ray)

Minerva Electron M1 memiliki daya 1.500 watt dengan dukungan baterai lithium-ion berkapasitas 64V 22,5 Ah. Motor listrik ini mempunyai daya angkut hingga 150 kilogram.

Panel meternya sudah full digital dan menyuguhkan beragam informasi, seperti kapasitas baterai, jarak tempuh, dan lain-lain. Sistem pengeremannya menganut teknologi combi brake system (CBS).

Harga yang ditawarkan motor ini pun cukup menarik, hanya Rp16,5 juta on the road Jakarta.

United TX3000

United E-Motor
Peluncuran motor listrik United TX3000 dan TX1800. (Oto.com)

TX3000 hadir dengan lebih bertenaga dan akselerasi cepat. Motor ini dapat melesat hingga 90 km/jam. TX3000 dilengkapi spesifikasi 2 Slots Lithium Battery yang menjadikannya mampu menempuh jarak hingga 120 km.

Dari segi keamanan, TX3000 dilengkapi dengan sistem pengereman Combi Brake System (CBS), sehingga pengereman menjadi lebih optimal. TX3000 dibanderol dengan harga Rp49.900.000 on the road Jakarta.

United TX1800

TX1800 dapat melaju hingga kecepatan 75 km/jam dan memiliki jarak tempuh hingga 65 km. United TX1800 dibanderol dengan harga normal Rp 33.900.000 on the road Jakarta.

Jadi, Anda memilih motor listrik yang mana? Pastika membeli sesuai dengan kebutuhan, ya!

 

(*) 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya