Pabrik Daihatsu Mulai Produksi Mobil Hybrid di Indonesia pada 2024

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) terus mempersiapkan diri untuk menyambut era elektrifikasi di Indonesia.

oleh Arief Aszhari diperbarui 20 Nov 2023, 17:12 WIB
Diterbitkan 20 Nov 2023, 17:12 WIB
Pabrik Daihatsu Diperbaharui dengan Teknologi Modern (ADM)
Pabrik Daihatsu Diperbaharui dengan Teknologi Modern (ADM)

Liputan6.com, Jakarta - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) terus mempersiapkan diri untuk menyambut era elektrifikasi di Indonesia. Salah satunya, adalah dengan membangun pabrik yang mampu memproduksi kendaraan listrik, termasuk mobil hybrid.

"Kami sudah mulai pembangunan pabrik yang nantinya applicable atau punya kapabilitas untuk membuat kendaraan listrik, musalkan buat mobil listrik atau hybrid mulai produksi 2024," jelas Edward P Napitupulu, Corporate Planning and Communications Division Head ADM, disitat dari Antara, Senin (20/11/2023).

Lanjut Edward, meskipun Daihatsu belum memasarkan mobil listrik, namun jenama asal Jepang ini sudah beberapa kali memamerkan konsep kendaraan listrik, seperti Ayla EV dan Vixion-F.

Namun, Edward juga belum bisa mengungkapkan, kapan Daihatsu bisa meluncurkan kendaraan listrik produksinya.

Saat ini, pihaknya masih fokus untuk menggarap pasar yang memang jadi keahlian Daihatsu, yaitu segmen pembeli pertama atau first time buyer, seperti LCGC dan juga MPV, serta kendaraan niaga.

"Memang saat ini kami belum bisa menginformasikan secara gamblang kapan timing-nya. Begitu tiba timing-nya, kami akan undang," tukasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penjualan Daihatsu Oktober 2023 Tembus 164 Ribu Unit, Sigra Jadi Model Terlaris

Penjualan ritel atau dari diler ke konsumen hingga Oktober 2023 tembus 825 ribu unit secara nasional. Jumlah tersebut, naik 0,4 persen dibandingkan periode yang sama pada 2022 lalu, yang hanya 822 ribu unit.

Sejalan dengan penjualan total nasional, untuk PT Astra Daihatsu Motor (ADM), jenama pabrikan asal Jepang ini meraih ritel yang cukup positif, dengan lebih dari 164 ribu unit terjual hingga Oktober 2023.

Jumlah tersebut, naik 4,4 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sekitar 157 ribu unit.

Dari capaian tersebut, kontribusi penjualan ritel Daihatsu terhadap market share ritel otomotif nasional mencapai sebesar 19,9 persen, atau naik sebesar 0,8 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2022 lalu sebesar 19,1 persen.

Secara volume dan kontribusi model, penjualan ritel Daihatsu selama 10 bulan pada 2023 ini tetap didominasi oleh tiga model, seperti Sigra sebanyak 53.189 unit, atau berkontribusi sekitar 32,4 persen, disusul GranMax PU (Pick Up) 36.082 unit (22 persen), dan Terios 21.385 unit (13 persen).


Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia
Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya