Agar Tetap Aman dan Nyaman Menikmati Liburan di Akhir Tahun, Simak Tips Berikut ini!

Memasuki waktu akhir tahun, tentunya liburan menjadi salah satu hal yang paling dinanti.

oleh stella maris pada 28 Des 2023, 14:25 WIB
Diperbarui 28 Des 2023, 14:22 WIB
Keluarga.
Ilustrasi satu keluarga sedang pergi berlibur. (Foto: Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta Memasuki waktu akhir tahun, tentunya liburan menjadi salah satu hal yang paling dinanti. Momen seperti itu adalah momen yang paling ditunggu sebagian orang karena dapat menghabiskan waktu bersama keluarga selama perjalanan, bertemu sanak saudara, dan kembali ke kampung halaman.

Namun, terkadang ada dilema yang dirasakan bagi mereka yang ingin berlibur. Pasalnya, sejumlah hal harus dipikirkan secara matang sebelum agar liburan menjadi tenang dan nyaman.

Nah, buat kamu yang berencana liburan dengan atau tanpa kendaraan, coba deh, simak beberapa tips seputar berikut ini biar liburanmu tetap peace of mind!

Tips Merawat Mobil yang Ditinggal Liburan

Ketika destinasi liburan atau kampung halaman jauh, mau nggak mau, pasti cari alternatif kendaraan lain, entah ditempuh pakai jalur darat dengan kereta atau bis, jalur laut, atau jalur udara. 

Tapi sebelum meninggalkan rumah dengan kendaraan terparkir rapi di garasi dalam waktu yang cukup lama, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui dan lakukan berikut ini:

Pastikan BBM Penuh

Hal ini jarang sekali diperhatikan para pemilik kendaraan. Padahal, meninggalkan mobil dalam kondisi BBM yang kurang dari setengah dalam kurun waktu lama dapat menyebabkan kondensasi. 

Jadi, kondensasi itu dapat memunculkan bulir air yang berpotensi mengontaminasi ruang bakar ataupun menimbulkan oksidasi pada tangki bahan bakar yang berbahan metal.

Ganjal Wiper agar Tidak Keras

Posisi wiper menumpuk terutama dalam waktu yang lama dengan kondisi cuaca tak menentu akan mengubah karetnya menjadi keras dan tidak lagi elastis. Sebaiknya, ganjal wiper saat ditinggal liburan.

Cabut Kepala Aki

Ini adalah salah satu hal yang jarang dilakukan para pemilik mobil, ketika memutuskan liburan dalam waktu yang cukup lama. Kamu harus tahu, meski mobil nggak digunakan namun listrik dari aki mobil tetap tersedot oleh perangkat elektrik yang standby. Maka dari itu, supaya aki nggak cepat habis, kabel terminal negatifnya perlu dicabut sebelum ditinggal pergi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tips Ketika Road Trip Pakai Mobil

Keluarga.
Ilustrasi satu keluarga sedang pergi berlibur. (Foto: Shutterstock)

Selain menggunakan kendaraan umum, jika kamu mau mencoba road trip menggunakan kendaraan pribadi, ada dua hal penting yang perlu dipersiapkan. 

Pertama mengecek keseluruhan kondisi kendaraan, mulai dari filter dan selang bensin, aki, oli, hingga bagian seperti rem, air filter dan juga ban. Jangan lupa untuk mengecek bagian dalam yang terhubung seperti AC dengan timing belt. 

Kedua adalah memastikan perlindungan bagi kendaraan selama di jalan dengan asuransi Garda Oto. Asuransi merupakan salah satu solusi yang dapat memberikan perlindungan lebih terhadap berbagai ketidakpastian yang bisa saja terjadi. 

Garda Oto memberikan kenyamanan berkendara dan kemudahan layanan selama di jalan dengan layanan darurat Garda Siaga 24 jam Emergency Roadside Assistance (ERA) secara gratis bagi pelanggan Garda Oto.

Jadi kalau terjadi berbagai kondisi darurat seperti mogok, ban kempis, dan jika terjadi hal yang nggak diinginkan lain seperti kecelakaan, Garda Siaga siap membantu kapan pun dan di mana pun. 

Selain itu Garda Oto juga memiliki aplikasi myGarda yang memberikan kemudahan untuk lapor klaim dan cek status klaim secara mobile dan  memberikan garansi hasil kerja bengkel selama 6 bulan serta memastikan kualitas perbaikan kendaraan yang menggunakan suku cadang asli yang bekerja sama dengan lebih dari 500 bengkel rekanan. 

Jadi, biar tetap peace of mind selama menikmati liburan akhir tahun, kamu bisa langsung call Garda Akses 1 500 112 atau chat WhatsApp 08950 1 500 112 untuk informasi lebih lanjut. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan promo spesial #TenangAdaGARDAOTO di sini.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya