Museum Sepi, Anies Janji Siapkan Bus Wisata di Ibu Kota

Anies mengatakan jika selama ini banyak tempat wisata yang kekurangan dana sponsor, akibat sepinya pengunjung.

oleh Rezki Apriliya Iskandar diperbarui 13 Des 2016, 13:35 WIB
Diterbitkan 13 Des 2016, 13:35 WIB
20161208-Anies Hadiri Festival Budaya Perempuan-Jakarta
Calon gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memaparkan program kerjanya saat menghadiri "Festival Budaya Perempuan 1001 Cerita Perempuan Kali Ciliwung" di GOR Otista, Jakarta, Kamis (8/12). Acara itu mengangkat isu perempuan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Banyaknya museum di Jakarta belum diketahui dan dikunjungi masyarakat, menjadi perhatian calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Menurut Anies, masyarakat Jakarta tentu banyak yang ingin berwisata dengan leluasa dan nyaman tanpa adanya kendala satu pun.

"Warga ingin mendapatkan manfaat dari tempat-tempat wisata di Jakarta. Di Jakarta tempat wisata banyak sekali, bahkan kita tidak menyadari di Jakarta ada 142 museum," tutur Anies saat ditemui usai kampanye di Jalan Budi Mulia RT 013 RW 012, Kelurahan Pademangan Barat, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara, Minggu (13/12/2016).

Anies berjanji jika ia terpilih Pilkada DKI 2017 akan membuat program khusus, agar warga Jakarta bisa leluasa berwisata ke museum.

"Kita Sabtu-Minggu dengan keluarga ke tempat itu-itu aja. Untuk itu, kita siapkan program bagi warga Jakarta agar bisa pergi ke museum-museum. Apa sih kendalanya mereka pergi? Utamanya transportasi," kata dia.

"Karena itu, kita akan siapkan bus di Sabtu-Minggu, agar warga bisa bersama-sama berangkat ke tempat berbeda di Jakarta," lanjut Anies.

Mantan Rektor Universitas Paramadina itu mengatakan, program ini akan diperuntukkan bagi semua kalangan, tak terkecuali masyarakat kelas bawah.

"Programnya dengan menyiapkan kendaraan agar bisa masuk ke tempat wisata. Ada 267 kelurahan dan 2.700 RW di Jakarta. Nanti akan dibuatkan penjadwalannya, sehingga sepanjang tahun mereka akan mendapatkan kesempatan," jelas Anies.

Anies juga mengatakan jika selama ini banyak tempat wisata yang kekurangan dana sponsor, akibat sedikitnya pengunjung yang datang.

"Banyak tempat-tempat wisata seperti museum yang kekurangan sponsor, karena enggak ada pengunjung. Kalau ada pengunjung maka mereka pun akan mendapatkan sponsor. Kita akan kerja sama dengan Metromini, bus-bus. Tapi massal, dan berangkat sama-sama," Anies menandaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya